Supercomputer

Posted: 9th March 2010 by Wida Praponco in DasarSistemInformasi

Super Komputer

Super komputer/grid komputer adalah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses dengan kemampuan lebih tinggi dari komputer- komputer lain pada masanya. Sekarang ini terdiri dari banyak komputer yang dikembangkan dalam sebuah computer-farm. Komputer jenis ini adalah pengembangan dari Mainframe dan Desktop. Komputer ini menggunakan banyak CPU untuk menghasilkan output maksimal. Kekuatan komputasi yang dimiliki komputer ini sangat menakjubkan dan juga sangat mahal, karena itu komputer semacam ini biasanya digunakan untuk penelitian berskala besar, misalnya pembuatan pesawat terbang, misi luar angkasa.

Sejak pertama kali supercomputer muncul pada tahun 70an hingga sekarang ini. Supercomputer merupakan jenis komputer yang secara spesifik digunakan untuk mengerjakan aplikasi spesifik yang membutuhkan banyak proses komputasi, terutama pada kalkulasi matematis seperti perhitungan, manipulator angka berkecepatan sangat tinggi layaknya pada aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa. Super komputer memiliki ciri khas dibandingkan dengan komputer-komputer yang lain, di antaranya yaitu kecepatan proses yang tinggi dan memiliki kemampuan dalam menyimpan data yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mainframe computer, karena mainframe menggunakan semua dayanya untuk mengerjakan banyak program dan komputasi secara simultan. Sedangkan super komputer menggunakan semua dayanya untuk mengeksekusi beberapa program secepat mungkin.

Sistem kerja superkomputer ini jika dideskripsikan memiliki beberapa cluster yang terdiri dari beberapa komputer. Sampai sekarang supercomputer terus dikembangkan hingga sekarang ini telah terdapat beberapa super komputer antara lain :

  1. Cray 1

dibuat oleh sang legendaris Saymor Cray pada tahun 1976

  1. Cray 2

Cray 2 atau bubles, produk ini diklaim sangat cepat pada saat itu, di tahun 1985-1989

  1. The Connection Machine Five CM 5 (FROSTBURG) dipergunakan khusus oleh National Security Agency (NSA) di tahun 1991 hingga akhir di tahun 1997.
  2. Fujitsu Numerical Wind Tunnel Dibuat oleh Fujitshu perusahaan asal Jepang yang bekerjasama dengan Japan’s National Aerospace Laboratory
  3. ASCI Red ASCI Red adalah sebuah perpaduan teknologi milik Intel dan Sandia Labs, ini adalah supercomputer tercepat di tahun 1997 – 2000. ASCI Red menggunakan prosesor pentium pro dengan clock 200 Mhz yang kemudian di upgrade ke pentium II 333 Mhz. ASCI Red ini mempunyai kemapuan sebanding dengan 10.000 Pentium Prosesor, 1.212 Gb RAM, 12.5 Terabyte Disk. ASCI (Accelerated Strategic Computing Initiative) dipergunakan US untuk melakukan ujicoba nuklir.
  4. ASCI White Merupakan Superkomputer super cepat pada tahun 2000 – 2002 yang menggunakan teknologi IBM RS/6000 SP menggunakan POWER3 processor 375Mhz, 6 Terabyte RAM, 160 Terabyte Disk
  5. The Earth Simulator Diciptakan oleh NEC untuk Japan Aerospace Exploration Agency, Japan Atomic Energy Research Institute, Japan Marina Science, Technology Center. Super Computer ini merupakan komputer tercepat di tahun 2002-2004 menggunakan prosesor sebanyak 5.120 prosesor, 10 tera RAM, 700 terra disk.
  6. Blue Gene/L Dibuat oleh IBM dan dipergunakan oleh Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) dan termasuk komputer super cepat di tahun 2004-2008 yang menggunakan IBM PowerPC Processor 700Mhz, 49.1 Tera RAM, 1.89 Peta Disk. Kemudian keluar update Blue Gene/P yang dipergunakan di Eropa tepatnya di Jerman dengan nama Jugene
  7. Jaguar Dipergunakan di Oak Ridge National Laboratory, superComputer ini disebut sebagai Cray’s XT4 dan XT5 menggunakan arsitektur Quad-Core AMD Opteron prosesor, 362 tera RAM, 10 peta disk dan SuperComputer ini besarnya hampir sama dengan lapangan bola basket.
  8. IBM Roadrunner
    menggunakan prosesor IBM PowerXCell 8i 3.2 Ghz sebanyak 12.960 prosesor dan 6.480 dual-core AMD Opteron 1.8 Ghz, 100 tera RAM dan dipergunakan di Los Alamos National Laboratory di New Mexico.

Dari beberapa komputer diatas, IBM Roadrunner merupakan super komputer tercepat saat ini. Super komputer ini menjadi yang tercepat setelah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yakni Blue Gene/L milik Laboratorium Lawrence Livermore (di AS juga). Super komputer ini menghabiskan dana sebesar 133 juta dolar AS. Dilihat dari setiap perkembangan di tiap tahunnya Super komputer dikembangkan dengan sangat pesat dan tidak menutup kemungkinan jika super komputer tercepat saat ini bisa terkalahkan oleh super komputer di masa depan…….

CAPTCHA Image
*