Podcast atau rekaman audio yang didistribusikan melalui Internet menjadi semakin populer. Plus, lebih mudah untuk membuat dan berbagi. Ini juga dimungkinkan hanya dengan satu smartphone.

Melalui publikasi resminya, Oppo Indonesia membagikan cara membuat podcast dengan smartphone

yang mudah dilakukan.

 

Namun kata podcast, yang merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcast”, sering muncul seperti jamur di kalangan anak muda akhir-akhir ini. Apalagi sekarang pengguna konten audio streaming seperti Tidal, Spotify, Primephonic, Deezer, Qobuz atau YouTube Music terus bertambah.

Spotify merupakan aplikasi podcast yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Anda dapat mendengarkan podcast secara gratis di Spotify, tetapi ada iklan kecuali Anda memiliki langganan bulanan atau harian.
Baca juga

Bekerja sama dengan Bigetron, Oppo menyelenggarakan Reno6 Ultimate Gaming Battle
Dapatkan tema gratis untuk HP Oppo melalui Theme Store
Daftar Harga HP Oppo September 2021, dari Termurah hingga Termahal
7 HP Oppo Terbaik Rp 2 Jutaan September 2021

Bahkan dalam bentuk audio, podcast dapat menjadi sarana kreatif

dalam memberikan hiburan dan wawasan baru yang lebih mudah dinikmati pendengar sambil melakukan aktivitas lainnya. Podcast sangat bagus untuk Anda yang senang bercerita, mengungkapkan pendapat, atau membuat konten untuk pengalaman mereka sendiri.

Tetapi ketika Anda ingin memulai sebagai podcaster, Anda sering mengalami kebingungan dalam menentukan kontennya. Juga, terkadang Anda kesal karena Anda tidak memiliki peralatan seperti mixer atau mikrofon yang bagus dan mahal untuk membuat podcast.

Di zaman modern sekarang ini, Anda sebenarnya bisa membuat podcast menggunakan smartphone. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda sebagai pemula podcast.

Cara membuat podcast menggunakan smartphone, menurut Oppo Indonesia:

Tentukan topik pembicaraan

Siapkan naskah terlebih dahulu sesuai topik yang ingin Anda bicarakan. Ketika Anda dapat memilih topik yang relevan yang dapat menarik pendengar. Cara termudah untuk memilih topik adalah menyesuaikannya dengan minat yang Anda sukai. Berbekal subjek yang Anda kuasai, pendengar podcast akan menilai Anda sebagai ahli yang dapat dipercaya.

Pasang smartphone di posisi yang benar

Posisi smartphone selama perekaman juga dapat menentukan hasil perekaman audio. Lebih baik menempatkannya pada jarak yang cukup untuk menghindari kerasnya angin yang bertiup dari mulut atau hidung Anda.

Setelah Anda menentukan topik dan menyiapkan smartphone, sekarang Anda dapat menyiapkan skrip untuk acara podcast pertama. Khusus untuk episode pembuka, buatlah pengenalan singkat dan informatif tentang diri Anda dan topik yang akan Anda bahas di podcast.

Rekam suara Anda

Untuk merekam dengan smartphone, kami sarankan untuk mematikan notifikasi. Kemudian Anda bisa mulai merekam suara, sendiri, bersama atau berkelompok, yang terpenting topik pembicaraannya asyik dan rekamannya jelas.

Skrip podcast menunjukkan durasi yang Anda inginkan, biasanya antara 20 dan 60 menit. Namun Anda harus berimprovisasi dari skrip agar podcast terdengar alami, dan tidak hanya membaca teks.

Edit dan unggah

Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan suara, termasuk Audacity. Tambahkan subtitle dan deskripsi untuk setiap episode podcast. Lakukan rekap cepat untuk menjelaskan topik dalam episode tersebut, lalu berikan cover atau sampul podcast yang menarik.

Untuk mentransfer file audio Anda, Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga seperti Anchor.fm untuk mengunggah podcast ke berbagai platform media digital seperti Spotify, SoundCloud atau YouTube.

Pilih ponsel cerdas Anda

Spesifikasi smartphone juga harus diperhatikan saat membuat podcast. Anda bisa mencoba perangkat Oppo Reno6 yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dilengkapi dengan RAM 8GB LPDDR4X dan ROM 128GB UFS 2.1.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi ekspansi RAM untuk memperluas kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menyimpan rekaman suara podcast Anda. Selain itu, Oppo Reno6 memiliki baterai besar 5000 mAh sehingga lebih tahan lama untuk membuat konten podcast.

Adanya teknologi Dolby Atmos yang menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, juga semakin mendukung aktivitas podcasting. Selain itu, Anda dapat menggunakan Oppo Enco Air untuk perekaman suara yang lebih baik.

True Wireless (TWS) Bluetooth 5.2 earbud berbasis

LIHAT JUGA :

https://ruaitv.co.id/
https://cmaindonesia.id/
https://rakyatjakarta.id/
https://gramatic.id/
https://tementravel.id/
https://psyline.id/
https://cinemags.id/
https://imn.co.id/
https://bernas.co.id/
https://mt27.co.id/
https://www.masukptn.id/
https://snapcard.id/
https://katakan.id/

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.