Mobil yang sudah lama tidak digunakan dapat merusak beberapa komponennya. Salah satunya adalah baterai yang lemah karena tidak dapat memberikan daya.

Kondisi ini tentu dapat dirasakan oleh sebagian pemilik mobil yang aktivitasnya dibatasi

akibat pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mobil yang dulunya bisa bergerak setidaknya di pagi hari dalam perjalanan ke tempat kerja dan di malam hari ketika mereka pulang kerja, sekarang harus diparkir di garasi.

 

Sebuah mobil yang mengalami situasi ini akan “memburuk” kondisinya sampai batas tertentu. Berikut adalah ringkasan dari komponen-komponen tersebut:

1. Baterai atau baterai

Aki yang dibiarkan lama akan menyulitkan menghidupkan mesin mobil karena daya listrik akan menurun dengan sendirinya. Semakin tua baterai, semakin mudah kehilangan kapasitas penyimpanan daya.

Kami menyarankan untuk menyalakan mesin mobil setiap dua hari tanpa harus menyalakan sistem kelistrikan

lain selama sekitar 10-15 menit, dan sesekali meninggalkan mobil di luar untuk mengisi penuh baterai.
2. Ban

Jika Anda parkir terlalu lama, tekanan ban mobil Anda pasti akan turun sehingga menyebabkan bagian ban yang terletak langsung di aspal menjadi kempes atau kempes. Tipsnya, cek tekanan ban secara berkala dan gerakkan mobil bolak-balik sebentar sambil memanaskan mesin.

Pastikan juga posisi dudukan ban berubah saat mobil diparkir kembali untuk mengubah distribusi beban. Periksa tekanan udara dan putaran ban untuk menghindari titik kempes.
Lihat juga:
[img-judul]
PENDIDIKAN & FUNGSI

Kenali keyless, pergantian fungsi mesin tidak memerlukan kunci

3. Bahan bakar mengendap

Udara lembab menyebabkan kondensasi di tangki dan di saluran bahan bakar jika mesin tidak dihidupkan untuk waktu yang lama. Ini akan mencampur bahan bakar dengan air yang menguap, yang akan menurunkan kualitasnya dan mungkin menyebabkan karat.

Termasuk munculnya endapan yang menyumbat saluran bahan bakar. Pastikan filter bahan bakar selalu bersih bahkan selama masa PPKM melalui perawatan rutin agar bensin bebas dari kotoran dan partikel karat.

Lihat Juga

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.