RSS
 

kulit rambut dan kuku termasuk kedalam sistem

31 Mar

kulit rambut dan kuku termasuk kedalam sistem

 

ub.ac.id  – ANATOMI FISIOLOGI DAN HISTOLOGI KULIT
A. Epidermis
Epidermis adalah bagian terluar kulit dan tesusun dari 4 sampai 5 lapisan epitelia. Tebalnya kira-kira 0,1 mm yang bervariasi dari 0,07 mm pada kulit tipis sampai 1,4 mm pada kulit yang tebal di telapak tangan dan kaki. Epidermis tidak berisi pembuluh darah tetapimenerima difusi zat-zat dari dermis untuk mengadakan pertukaran sisa-sisa metabolisme dbagi nutrisi di dalam darah. Dalam epidermis terdapat dua sistem :

1. Sistem malpighi, bagian epidermis yang sel – selnya akan mengalami keratinisasi.
2. Sistem pigmentasi, yang berasal dari crista neuralis dan akan memberikan melanosit untuk sintesa melanin.

 

 

B. Dermis
Lapisan dermis atau korium merupakan lapisan kedua kulit. Lapisan ini terdiri daripada tisu penghubung yang berkembang daripada mesoderma yaitu bahagian tengah daripada 3 lapisan primer embrio. Dermis bertindak untuk menyokong lapisan epidermis dan mengikatnya pada lapisan dalam, yaitu lapisan hipodermis. Dermis mempunyai ketebalan kira-kira 0.25 ke 2.55 mm dan lapisan yang paling tebal terletak di bahagian tapak tangan dan tapak kaki. Lapisan dermis yang paling tipis pula terletak di bahagian kelopak mata, penis dan skrotum. Bagian utama kedua dari kulit adalah dermis, yang tersusun dari jaringan ikat yang berisi serabut kolagen dan elastik. Dermis sangat tebal di telapak tangan dan telapak kaki, sangat tipis dikelopak mata, penis, dan skrotum.
Dermis terdiri dari dua lapisan : bagian atas, pars papilaris (stratum papilar) dan bagian bawah, retikularis (stratum retikularis). Baik pars papilaris maupun pars retikularis terdiri dari jaringan ikat longgar yang tersusun dari serabut-serabut : serabut kolagen, serabut elastis, dan serabut retikulus. Serabut ini saling beranyaman dan masing-masing mempunyai tugas yang berbeda. Serabut kolagen, untuk memberikan kekuatan pada kulit, serabut elastis, memberikan kelenturan pada kulit, dan retikulus, terdapat terutama di sekitar kelenjar dan folikel rambut dan memberikan kekuatan pada alat tersebut.

 

ANATOMI FISIOLOGI DAN HISTOLOGI KUKU
Kuku adalah sel-sel epidermis yang terkeratin dan keras. Sel-sel ini membentuk bungkusan padat, jernih, membentuk permukaan dorsal bagian ujung tangan dan kaki. Setiap kuku terdiri dari sebuah badan kuku, tepi bebas, dan akar kuku. Badan kuku adalah bagian kuku yang padat dilihat, tepi bebas kuku adalah bagian yang menjorok menjauhi jari, dan akar kuku adalah bagian yang tersembunyi di dalam celah proximal kuku.
Kuku tertanam di dalam palung kuku. Dermisnya memuat garis-garis lekukan dan bukan papil-papil seperti pada kulit. Pada palung kuku terdapat banyak saraf dan mengandung banyak pembuluh darah. Bagian proksimal kuku terletak di dalam lipatan kulit yang merupakan bagian paling tipis. Bagian putih yang disebut lunula karena bentuknya seperti setengah bulan merupakan awal kuku tumbuh maju.

 

 

Bagian-bagian kuku:
• Matriks kuku: merupakan pembentuk jaringan kuku yang baru
• Dinding kuku (nail wail): merupakan lipatan-lipatan kulit yang menutupi bagian pinggir dan atas
• Dasar kuku (nail bed): merupakan bagian kulit yang ditutupi kuku
• Alur kuku (nail groove): merupakan celah antara dinding dan dasar kuku
• Akar kuku (nail root): merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingi dinding kuku
• Lempeng kuku (nail plate): merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingi dinding kuku
• Lunula: merupakan bagian lempeng kuku berwarna putih dekat akar kuku berbentuk bulan sabit, sering tertutup oleh kulit
• Eponikium: merupakan dinding kuku bagian proksimal, kulit arinya menutupi bagian permukaan lempeng kuku
• Hiponikium: merupakan dasar kuku, kulit ari di bawah kuku yang bebas (free adge) menebal
• Kutikula ialah stratum korneum yang terbentuk dari lipatan kuku proksimal, yang lengket dengan lempeng kuku (nail plate)
Daerah pertumbuhan kuku terletak pada akar kuku, tersusun dari sel germinal yang selalu membelah untuk menghasilkan kuku. Kuku juga tersusun dari sel-sel mati, yaitu lapisan kompak dari epitel yang mengalami pertandukan. Kuku tumbuh ke arah distal, meluncur ke atas kulit dasar kuku yang disebut hiponisisum, melanjutkan diri ke epidermis yang meliputi permukaan ventral jari-jari. Perluasan epidermis berzat tanduk pada ujung lipatan proksimal kuku adalah eponisium atau kutikula. Kuku hamper tidak berwarna tetapi nampak kemerahan karena warna darah yang berada di dalam kapiler di bawah kuku.

 

2.4 ANATOMI FISIOLOGI DAN HISTOLOGI RAMBUT
Pertumbuhan epidermis yang didistribusi secara bervariasi di seluruh tubuh adalah rambut (pili). Fungsi utama rambut adalah sebagai perlindungan. Walaupun perlindungan ini terbatas, rambut melindungi kulit kepala dari luka dan cahaya matahari. Alis dan bulu mata melindungi mata dari benda asing. Rambut hidung dan pada canalis auditorius internal melindungi telinga dari serangga dan debu.
Fase pertumbuhan rambut ( The Hair Growth Cycle ) terdiri atas 3 tahapan, yaitu :
 Fase Anagen (Growth), meliputi 85% dari masa hidup rambut, rambut akan tumbuh rata – rata 1 cm/bulan selama 3 – 6 tahun.
 Fase Catagen (Transitional), berlangsung selama 1 – 2 minggu, panjang folikel rambut menyusut hingga 1/6 ukuran normal, bagian dermal papila masuk dalam fase istirahat.
 Fase Telogen (Resting), berlangsung antara 5 – 6 minggu, rambut tidak tumbuh tetapi menunggu dermal papila dalam masa istirahat dan kembali ke fase anagen.

Folikel rambut merupakan lekukan jeluk di dalam epidermis. Folikel rambut dibatasi sel epidermis dan di atas dasarnya terdapat papil tempat awal rambut tumbuh. Dalam keadaan sehat, bila sehelai rambut rontok maka akan diganti sehelai lain yang tumbuh dari papil yang sama.
Setiap rambut terdiri dari sebuah batang dan sebuah akar. Batang rambut adalah bagian permukaan, sebagian besar menjorok di atas permukaan kulit. Batang rambut kasar terdiri dari tiga bagian utam, yaitu medula disusun oleh barisan sel-sel polihedral yang berisi granula eleidin dan rongga udara. Bagian kortex membentuk bagian terbesar batang dan terdiri dari sel-sel elongata yang berisi granula pigmen pada rambut hitam, tetapi pada rambut putih sebagian besar berisi udara. Kutikula adalah lapisan terluar, terdiri dari sebuah lapisan sel tunggal tipis, pipih, seperti sisik yang merupakan bagian terbesar yang terkerantinkan. Tersusun seperti atap sirap di sisi sebuah rumah daerah Kalimantan, tetapi tepinya lebih mengarah ke atas daripada ke bawah.

 

Akar rambut adalah bagian yang terletak di bawah permukaan yang menembus dermis, juga lapisan subcutaneous, seperti bagian batang rambut ia juga berisi medula, kortex, dan kutikula. Akar rambut dibungkus oleh folikuli rambut, yang dibuat dari selubung akar external dan selubung akar internal. Selubung akar external melanjut arah ke bawah lapisan basale dan spionosum epidermis. Dekat permukaan ia mengisi semua lapisan epidermal. Pada pangkal folikuli rambut, selubung akar external hanya mengisi stratum basale. Selubung akar internal dibentuk oleh proliferasi sel-sel matrix dan mengambil bentuk selubung tubular dalam menuju ke selubung akar external
Dasar setiap folikuli membesar menjadi suatu struktur yang berbentuk seperti bawang, disebut bulbus. Struktur ini mengisi suatu lekukan yang dianamakan papila rambut, terisi oleh jaringan ikat longgar. Papila rambut berisi beberapa pembuluh darah dan memebrikan makanan untuk pertumbuhan rambut. Bulbus rambut juga mengisi suatu daerah sel-sel yang disebut matrix, suatu lapisan germinal. Sel-sel matrix menghasilkan rambut-rambut baru, karena sel membelah ketika rambut tua luruh. Penggantian ini terjadi dalam folikel yang sama.

 

Sumber :

Struktur Kulit – Pengertian, Anatomi, Gambar dan Fungsinya

 

 
Comments Off on kulit rambut dan kuku termasuk kedalam sistem

Posted in Pendidikan