Jalur Khusus untuk Zombie Gadget

APAKAH Anda kerap sebal dengan mereka yang tak bisa melepaskan mata dari layar gadget saat berjalan? Apakah Anda juga menggerutu karena ditabrak orang yang berjalan sembari bermain handphone? Di Chongqing, Tiongkok, Anda tak bakal alami itu semua. Ada jalur khusus untuk orang-orang yang suka mainin HP sambil berjalan.

 

Jalur itu disebut smartphone sidewalk lane atau jalur pengguna smartphone

. Beberapa media menyebutnya sebagai zombie pedestrians alias pejalan kaki zombi.

 

Ya, Tiongkok memang mengalami problem besar terkait candu smartphone itu. Banyak yang berjalan sambil terus memelototi layar telepon cerdas mereka. Tak jarang mereka menabrak pejalan kaki lain. Banyak juga yang berjalan begitu pelan, seperti mayat hidup, sehingga menghalang-halangi pengguna jalan yang lain.

Panjang jalur khusus itu hanya 50 meter. ’’Di jalur ini banyak orang tua

dan anak kecil. Kalau Anda selalu memelototi HP, banyak terjadi tabrakan,’’ kata Nong Cheng, juru bicara perusahaan yang membuat jalur khusus itu. Dia menuturkan bahwa jalur tersebut sejatinya dipakai sebagai sindiran karena banyaknya orang yang sudah berubah jadi ”zombi” lantaran memakai handphone.

Untuk sementara, efeknya memang belum terasa.

Yang ada malah turis-turis yang memotret jalur yang diberi markah putih dan gambar handphone itu. Sedangkan para ”smartphone zombie” justru tak tahu bahwa jalur yang mereka lalui punya tanda-tanda khusus.

 

 

Baca Juga :

 

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.