RSS
 

Contoh Teks Ulasan Novel Boy Chandra (Surat Kecil Untuk Ayah)

16 Mar

Contoh Teks Ulasan Novel Boy Chandra (Surat Kecil Untuk Ayah)

Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Novel

Judul                              : Surat Kecil Untuk Ayah

Penulis                           : Boy Chandra

Penerbit                          : PT.Bukune Kreatif Cipta

Kota tempat terbit          : Jln. Haji Montong No.57 Jakarta Selatan 12630

Tahun terbit                    : 2016

Tebal halaman                : viii + 188 halaman

 

Surat Kecil Untuk Ayah

 

{ORIENTASI Teks Ulasan }

Surat kecil untuk ayah adalah salah satu novel karya Boy Chandra. Novel ini menceritakan tentang para ayah yang selalu menyisihkan waktu, bekerja keras seolah tanpa batas, dan dipenuhi cinta untuk keluarga. Namun, ayah juga tetap manusia yang punya ceritanya sendiri. Di dalam novel ini tokoh utamanya diperankan oleh tokoh “Aku”.

{TAFSIRAN}

Pada bab pertama buku ini, Boy Chandra menceritakan sosok lelaki yang dekat dalam hidupnya. Lelaki yang memberikan kasih tak terkira. Lelaki yang selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Juga selalu menenangkan saat larut malam bercerita. Ia akan selalu siap sedia untuk segala tangis dan luka yang mendera. Menghadiahi bahagia dalam perjalanan waktu sepanjang usia. Ayah tak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa nyaman. Ia berusaha memenuhi segala hal yang dibutuhkan keluarganya. Namun ia tak mengenal siapa ayahnya.

Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta. Kakak tiri mengantarnya dengan mobil. Bukan menuju sebuah rumah tapi malah ke toko bunga. Saat itu dia berpikir bahwa ini semua hanyalah kejutan. Namun, matanya lantar bersimbah air ketika kakak tiri mengantarnya ke depan pintu gerbang  besar sebuah pemakaman. Ia pun turun dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga lantas lunglai. Bunga itu jatuh bersama lelehan kristal dari pelupuk mata. Kini ayah yang ia miliki telah tiada. Dia hanya bisa mendoakannya dalam setiap sujudnya pada Tuhan.

{EVALUASI}

Novel ini disajikan dengan bahasa yang cantik dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat, keputus asaan, dan kesedihan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Kekurangan dalam novel ini adalah masih ada penulisan yang salah dan juga da penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti.

{RANGKUMAN}

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar – benar dibutuhkan oleh anak zaman sekarang. Buku ini mampu memberi semangat pada anak – anak yang patah semangat. Buku ini juga mengajarkan seorang anak untuk mengahargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah yang kadang membuat kita lupa bahwa dia juga seorang manusia.

Semoga Membantu:-)

 

Terima Kasih….

 
Comments Off on Contoh Teks Ulasan Novel Boy Chandra (Surat Kecil Untuk Ayah)

Posted in Pendidikan