RSS
 

PEMBUATAN KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (Panduan Untuk Pemerintahan yang Efektif)

01 Jun

Masa sepuluh tahun terakhir telah menunjukkan perubahan-perubahan dramatis dalam tata kelola pemerintahan di Indonesia. Setelah terjadinya perubahan rezim politik dari pemerintahan otoriter ke pemerintahan yang demokratis, dan meningkatnya desentralisasi semuanya terjadi dalam tempo sangat cepat Indonesia kini menjadi sebuah negeri dengan sekumpulan pengalaman yang unik dalam hal partisipasi masyarakat sipil dalam proses pengambilan kebijakan baik di tingkat nasional maupun lokal.

Dan kini suatu instansi pemerintahan tidak akan pernah luput dari masalah. Terutama masalah yang berhubungan dengan pengelolaan manajemen. Banyak pihak yang menganggap bahwa masalah yang datangnya dari pihak eksternal lebih berbahaya sehingga diprioritaskan untuk segera diselesaikan, sedangkan masalah yang datangnnya dari dalam (internal) tidak terlalu berbahaya. Inilah suatu pandangan yang salah dan bisa menyebabkan kehancuran dari sebuah instansi/organisasi. Karena masalah yang harus kita waspadai dan harus segera kita selesaikan adalah masalah yang datangnya dari internal.

Persoalannya adalah, pada hal apa kebijakan seharusnya didasarkan? Idealnya, kebijakan didasarkan pada bukti. Meskipun demikian, baik pada penampakan permukaan maupun pada kenyataan sesungguhnya, banyak kebijakan dibuat berdasarkan intuisi, pemahaman umum, pengalaman, ideologi, opini publik, atau, paling buruk, dibuat berdasarkan kepentingan-kepentingan.

Untuk memahami lebih jauh lagi mengenai pengambil keputusan itu, serta komponen kunci dalam pembuatan kebijakan berbasis bukti, maka akan di jelaskan lebih jauh disini

 
Comments Off on PEMBUATAN KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (Panduan Untuk Pemerintahan yang Efektif)

Posted in Uncategorized