RSS
 

PEMBUATAN KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (Panduan Untuk Pemerintahan yang Efektif)

01 Jun

Masa sepuluh tahun terakhir telah menunjukkan perubahan-perubahan dramatis dalam tata kelola pemerintahan di Indonesia. Setelah terjadinya perubahan rezim politik dari pemerintahan otoriter ke pemerintahan yang demokratis, dan meningkatnya desentralisasi semuanya terjadi dalam tempo sangat cepat Indonesia kini menjadi sebuah negeri dengan sekumpulan pengalaman yang unik dalam hal partisipasi masyarakat sipil dalam proses pengambilan kebijakan baik di tingkat nasional maupun lokal.

Dan kini suatu instansi pemerintahan tidak akan pernah luput dari masalah. Terutama masalah yang berhubungan dengan pengelolaan manajemen. Banyak pihak yang menganggap bahwa masalah yang datangnya dari pihak eksternal lebih berbahaya sehingga diprioritaskan untuk segera diselesaikan, sedangkan masalah yang datangnnya dari dalam (internal) tidak terlalu berbahaya. Inilah suatu pandangan yang salah dan bisa menyebabkan kehancuran dari sebuah instansi/organisasi. Karena masalah yang harus kita waspadai dan harus segera kita selesaikan adalah masalah yang datangnya dari internal.

Persoalannya adalah, pada hal apa kebijakan seharusnya didasarkan? Idealnya, kebijakan didasarkan pada bukti. Meskipun demikian, baik pada penampakan permukaan maupun pada kenyataan sesungguhnya, banyak kebijakan dibuat berdasarkan intuisi, pemahaman umum, pengalaman, ideologi, opini publik, atau, paling buruk, dibuat berdasarkan kepentingan-kepentingan.

Untuk memahami lebih jauh lagi mengenai pengambil keputusan itu, serta komponen kunci dalam pembuatan kebijakan berbasis bukti, maka akan di jelaskan lebih jauh disini

 
Comments Off on PEMBUATAN KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (Panduan Untuk Pemerintahan yang Efektif)

Posted in Uncategorized

 

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PEMBANGUNAN

01 Jun

Jika upaya nyata dilakukan untuk menemukan model pembelajaran yang komprehensif, lembaga pembangunan dapat mulai membuat kemajuan nyata dalam inovasi dan keefektifan institusional. Namun, untuk membuat ‘perubahan langkah’ nyata dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi, ada masalah mendasar yang lebih dalam yang belum dibahas di sini, dan yang tidak ada jawaban yang jelas.

Penjelasan lebih lanjut mengenai PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PEMBANGUNAN dapat anda temukan disini

 
Comments Off on PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PEMBANGUNAN

Posted in Uncategorized

 

MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI TINGKAT PEMERINTAH DAERAH: SEBUAH USULAN BARU UNTUK MAJLIS PERBANDARAN KUANTAN

01 Jun

Proses pengambilan keputusan jauh lebih luas dari studi lokal pemerintah. Faktor internal dan eksternal dan kompleksitas proses pada berbagai tingkatan diakui sebagai kontributor signifikan untuk proses pembuatan kebijakan. Studi ini berusaha untuk memahami proses ini, berdasarkan pada kerangka kerja konseptual dan teoritis, dan perumusan seperangkat pedoman keputusan di bawah yang model baru yang diusulkan dengan mewawancarai sekelompok Anggota Dewan dari Dewan Kota Kuantan. Secara khusus, itu upaya untuk memahami peran Anggota Dewan dalam sistem pemerintahan lokal dan faktor-faktor yang mempengaruhinya untuk membuat keputusan yang tepat. Faktor-faktor baru yang dikembangkan pada perumusan kerangka kerja pengambilan keputusan baru. Anggota Dewan tidak memiliki panduan yang jelas untuk membantu mereka untuk membuat keputusan masalah yang tepat. Dengan menggunakan proses baru yang didasarkan pada 13 faktor sebagai pedoman keputusan, mereka percaya dan setuju bahwa membuat keputusan mereka secara mendasar akan lebih akurat dan terfokus. Dalam masa depan perbaikan yang dapat diterapkan oleh anggota dewan untuk memastikan proses pengambilan keputusan saat ini ditingkat pemerintah daerah lebih inklusif dan efektif dengan meningkatkan peran Anggota Dewan dan memperkuat kemitraan strategis dengan berkolaborasi dengan kelompok fokus lainnya.

Dengan penjelasan diatas tentunya masih belum menjelaskan secara keseluruhan model pengambilan keputusan tersebut. Maka untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

 
Comments Off on MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI TINGKAT PEMERINTAH DAERAH: SEBUAH USULAN BARU UNTUK MAJLIS PERBANDARAN KUANTAN

Posted in Uncategorized

 

KESAMAAN MASALAH KOMPLEKSITAS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

01 Jun

Suatu Organisasi  saat ini menghadapi masalah yang kompleks. Mereka sering menggunakan tim multidisiplin untuk mengatasinya. Dengan masalah, di mana anggota tim yang berbeda memiliki perspektif yang berbeda mengenai masalah ini, dan pendekatan yang berbeda tentang bagaimana memecahkan masalah. Dengan  suatu proses negoisasi ini  sehingga dapat menghasilkan keputusan- keputusan yang terbaik  untuk di gunakan  memecahkan masalah yang bersifat  kompleks ,dan mencari solusi yang terbaik dari beberapa alternative yang ada. Contoh masalah yang komplek yaitu Terorisme.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kompleksitas masalah dalam pengambilan keputusan silahkan klik Disini

 
Comments Off on KESAMAAN MASALAH KOMPLEKSITAS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Posted in Uncategorized

 

PARTISIPASI PUBLIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN: PROSEDUR TIGA LANGKAH

01 Jun

Pada awalnya, pelibatan masyarakat hanya dimungkinkan dalam ruang-ruang di luar ranah suprastruktur dan dilakukan melalui institusi perwakilan, seperti kelompok kepentingan, kelompok penekan, dan partai politik. Institusi-institusi inilah yang kemudian berperan sebagai penyalur aspirasi masyarakat untuk selanjutnya diagregasi oleh parlemen sebagai lembaga perwakilan masyarakat (Dede Mariana: 2015).

Asosiasi Internasional untuk Partisipasi Publik (IAP2) mendefinisikan partisipasi publik sebagai keterlibatan mereka yang terkena dampak oleh keputusan dalam proses pengambilan keputusan. Partisipasi publik meliputi kegiatan mulai dari hanya memberi tahu orang-orang tentang kegiatan pemerintah untuk mendelegasikan pengambilan keputusan kepada public (Victorian Government Printer : 2017).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana model konseptual pengambilan keputusan partisipatif dapat di klik disini

 
Comments Off on PARTISIPASI PUBLIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN: PROSEDUR TIGA LANGKAH

Posted in Uncategorized

 

PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK

01 Jun

Penelitian Goodwin Watson (1931) menunjukkan bahwa kemampuan intelektual kelompok rata-rata 17% lebih tinggi dibanding kemampuan intelektual individu dalam mengambil sebuah keputusan, sehingga Thorndike (1938) menyimpulkan bahwa pemecahan masalah yang diperoleh dari keputusan kelompok terbukti lebih efektif karena di dalamnya terjadi proses interaksi antara anggota kelompok sehingga sering menghasilkan suatu gagasan atau ide yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para anggotanya. Selain itu, pemecahan masalah yang buruk lebih mudah dikendali dan kemudian ditolak oleh anggota kelompok yang lain (Shaw, 1932). Dalam kelompok, suatu potensi kesalahan dapat dikoreksi karena biasanya lebih mudah melihat kesalahan orang lain daripada kesalahan sendiri (Ziller, 1957).

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik Disini

 
Comments Off on PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK

Posted in Uncategorized

 

MANAJEMEN BERDASARKAN FAKTA

01 Jun

Ide dasar praktik berbasis fakta adalah bahwa keputusan yang berkualitas baik harus didasarkan pada kombinasi pemikiran kritis dan fakta terbaik yang ada. Manajemen berbasis fakta artinya keputusan berbasis data bukan sekedar pada perasaan (feelings). Dalam hal ini semua keputusan harus mengarah pada data statistik yang ada. Fakta pada dasarnya adalah informasi, bisa bersifat kualitatif ataupun deskriptif.fakta berasal dari penelitian. Terdapat 4 jenis fakta yaitu adalah fakta ilmiah, fakta organisasi, fakta eksperimental, fakta pemangku kepentingan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen berdasarkan fakta silahkan

Klik Disini

 
Comments Off on MANAJEMEN BERDASARKAN FAKTA

Posted in Uncategorized

 

Hello world!

29 May

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!