_Kuliah Bersama Prof. Walter HG Lewin dari MIT_

2010
03.03

Saya telah menyaksikan video yang berjudul Lec 30 8.01 Physics I Classical Mechanics yakni tentang osilasi. materinya Simple Harmonic Oscillations – Energy Considerations – Torsional Pendulum. Video tersebut berisikan tentang proses belajar mengajar di Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT) dengan Prof. Walter HG Lewin sebagai pematerinya.

MIT adalah sebuah institusi riset dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. Selain itu MIT juga merupakan pemimpin dalam sains dan teknologi, dan juga banyak bidang lainnya, termasuk manajemen, ekonomi, linguistik, ilmu politik, dan filosofi. Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota sekarang atau dahulu dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

Kemampuan Prof. Walter HG Lewin dalam menyampaikan materi tidak diragukan lagi, karena semenjak awal perkuliahan hingga akhir perkuliahan beliau hanya sesekali saja membaca buku referensi. Serta gaya perkuliahan yang dapat menarik minat mahasiswa untuk memperhatikan perkuliahan Fisika, yaitu dengan menerapkan praktek di setiap materi yang diberikan.

Yang menarik adalah cara dia menjelaskan teori-teori fisika.

Bayangkan skenario seperti ini:

Bola pendulum yang diayunkan dapat memecahkan kaca yang ditaruh di ujung ruangan.

Jika kaca tadi diganti dengan kepala orang, pecahkah kepala orang tersebut?

Dan kepala orang tersebut adalah kepala si Prof. Lewin sendiri!

Atau pernahkah dosen Anda menjelaskan bagaimana gaya dorong roket dengan mengendarai sepeda dgn tenaga dorong dari alat pemadam api?

Dan sebelum beliau memperagakan “killer” demo fisikanya, beliau menulis rumus-rumus fisika yg “njelimet” itu untuk mendukung penjelasan demonya nanti.

MIT memberikan akses pada para Web surfers untuk bisa mencermati seluruh tugas-tugas, contoh-contoh kuis, begitu juga dengan ide-ide proyek yang disarankan. Di kuliah-kuliah lainnya, MIT juga mem-posting berbagai silabus sehingga semua pengunjung bisa melihat struktur kuliah secara keseluruhan, dan bahan-bahan bacaan apa saja yang diperlukan. Lebih komprehensif lagi adalah kelas-kelas dari Profesor Fisika kawakan di MIT, Profesor Walter Lewin. Semua kelas-kelas Fisika I, II, dan III semua sudah tersedia dalam video, di samping rincian dari catatan-catatan kuliah, tugas-tugas, dan ujian-ujian praktek. Semua: bisa diakses online dan gratis. Sehingga banyak kalangan yang mulai tertarik dan mencintai Fisika karena program online ini.

Your Reply

*