Comments Off on Perkembangan Motorik Bayi dari Koordinasi Tubuh Sampai Berjalan

Perkembangan Motorik Bayi dari Koordinasi Tubuh Sampai Berjalan

2020
03.20

Perkembangan Motorik Bayi dari koordinasi tubuh sampai berjalan. Kemampuan motorik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan. Kemampuan motorik diawali dengan koordinasi tubuh. duduk. merangkak berdiri. dan diakhiri dengan berjalan.

Baby in White Onesie

Kemampuan gerak ditentukan oleh perkembangan kekuatan otot. tulang, dan koordinasi otak untuk menjaga keseimbangan tubuh. Perkembangan kemampuan motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmani yang terkoordinasi antara pusat syaraf, urat syaraf, dan otot.Perkembangan tersebut diawali dengan gerakan reflek sesaat setelah lahir yang akan berubah menjadi gerakan yang disadari.

Gerak reflek setetah lahir diperlukan untuk bertahan hidup seperti mengisap. menelan. berkedip, merenggutkan tutut. Menggenggam ibu jari kaki dan menggenggam tangan. Gerakan reflek yang kurang berguna seperti reflek menggenggam ibu jari kaki dan reflek menggenggam tangan secara bertahap akan berkurang dan menghilang sebelum usia 1 tahun karena otak kecil (cerebellum) yang mengendalikan keseimbangan berkembang dengan cepat setama setahun awal kehidupan bayi.

Baca :

Beberapa faktor yang menunjang perkembangan motorik meliputi kecerdasan. keaktifan janin dalam kandungan, kondisi ibu yang menyenangkan selama kehamilan. gizi yang cukup setelah lahir, adanya rangsangan, dorongan. dan kesempatan menggerakkan semua bagian tubuh, akan berpengaruh positif terhadap laju perkembangan motorik. Beberapa faktor yang menghambat perkembangan motorik meliputi kondisi ibu yang kurang menyenangkan selama kehamilan, proses kelahiran yang sukar.

IQ di bawah normal. perlindungan yang berlebihan, kelahiran sebelum waktunya, dan cacat fisik akan memperlambat perkembangan motorik. Perkembangan motorik pada bayi umur 0-1 tahun belum dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin. warna kulit, dan sosial ekonomi.

A. Koordinasi Tubuh

Koordinasi antara kemampuan meraba. melihat. dan mendengar terjadi secara bertahap.
· Saat lahir sampal usia satu bulan, ke dua tangan bayi masih mengepal.
· Usia 2 bulan. kepalan tangan bayi sudah mulai membuka.
· Usia 3 bula, bayi sudah memiliki kemampuan untuk memegang benda
· Usia 4 bulan, bayi sudah dapat bermain dengan kedua tangannya.
· Usia 5 bulan, mulai terbentuk koordinasi antara tangan dengan kemampuan melihat (optic). Pada usia ini, bayi sudah mampu mengarahkan tangannya kearah benda dan memiliki keinginan untuk menjangkaunya.
· Usia 6 bulan, bayi sudah mampu memindahkan dan memegang mainan dengan seluruh telapak tangannya.
· Usia 7 bulan, bayi sudah dapat memegang benda dengan dua tangannya.
· Usia 8 bulan, bayi sudah mampu membolak-balikkan benda dengan ke dua tangannya.
· Usia 9 bulan, bayi gemar melemparkan mainannya.
· Usia 10-11 bulan, koordinasi antara jari tangan mulai tampak. Bayi mampu menjepit mainan dengan salah satu tangannya.
· Usia 12 bulan, bayi mampu meletakkan benda ke tangan orang lain.

B. Duduk

Kemampuan bayi untuk dapat duduk, merangkak, berdiri dan berjalan terjadi pada usia yang sangat bervariasi dibandingkan dengan kemampuan koordinasi. Hal ini tergantung pada tempramen dan berat badan bayi. Kemampuan bayi yang gemuk cenderung lebih lambat dibandingkan dengan bayi yang ukuran tubuhnya normal.
Untuk duduk, bayi memerlukan latihan dan kekuatan kepala, leher, bahu, dada, dan tubuh. Bayi usia 0-3 bulan, belum mampu untuk mengangkat kepalanya. Kemampuan mengangkat kepala dan bahu terjadi pada usia 4-6 bulan dalam posisi tengkurap.

Untuk duduk, bayi memerlukan latihan dan kekuatan kepala, leher, bahu, dada, dan tubuh. Bayi usia 0-3 bulan, belum mampu untuk mengangkat kepalanya. Kemampuan mengangkat kepala dan bahu terjadi pada usia 4-6 bulan dalam posisi tengkurap.

Seiring dengan bertambahnya usia maka kemampuan bayi untuk duduk pada posisi yang lebih sempurna semakin berkembang

· Pada usia 6 bulan, bayi sangat senang jika tubuhnya ditarik untuk didudukkan. Pada usia ini bayi sudah mulai kuat mengangkat kepalanya.
· Usia 7 bulan, bayi telah memiliki kemampuan untuk memainkan kakinya.
· Usia 8-9 bulan, bayi mulai belajar mengangkat badan untuk duduk dan sudah mampu duduk dengan bantuan orang lain. Pada usia 10 bulan, bayi sudah mampu duduk karena leher, bahu dan tubuh bayi semakin kuat. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk menguasai kepala dan bagian dadanya dengan mantap.
· Usia 11 bulan, bayi sudah mampu duduk bebas dengan keseimbangan yang mantap.
· Usia 12 bulan, bayi telah dapat duduk dengan sempurna.

C. Merangkak.

Reflek melangkah akan mengawali gerakan merangkak pada bayi. Merangkak merupakan gerakan yang rumit bagi bayi karena memerlukan tenagan dan keseimbangan. Merangkak baru dapat dilakukan jika otot-otot untuk mengangkat kepala sudah kuat dan mampu menopang berat badan dalam keadaan tangan menelungkup di bawah perut. Merangkak barud dapat dilakukan bayi pada usia 8 bulan. Namun, ada kemungkinan beberapa bayi tidak pernah belajar merangkak, tetapi hanya belajar duduk, berdiri dan akhirnya berjalan.
Kemampuan bayi untuk dapat merangkak semakin sempurna dengan bertambahnya usia. Berikut ini diuraikan tentang tahap-tahap kemampuan bayi untuk dapat merangkak secara sempurna.

. Usia 9 bulan, bayi mulai dapat merayap
· Usia 10 bulan, bayi mampu mengayunkan tangan dan lututnya. Kondisi seperti ini merupakan gerakan awal untuk merangkak maju
· Usia 11 bulan, bayi mulai merangkak dengan kedua tangan dan kedua kakinya.
· Usia 12 bulan, bayi sudah mampu merangkak secara sempurna.

D. Berjalan

Kemampuan bayi untuk dapat berjalan ditentukan oleh semangat dan keberanian bayi serta peran lingkungan sekitar. Seperti kemampuan merangkak, kemampuan bayi untuk dapat berjalan mengalami proses.

· Usia 0-4 bulan, bayi belum mampu beralan. Namun jika bayi diberdirikan, secara langsung akan mengambil posisi berjalan.
· Usia 5- 6 bulan, bayi akan mengambil alih keseimbangan jika diberdirikan. Artinya ia akan mencoba untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sendiri sejalan dengan matangnya mekanisme urat syaraf sehingga gerakan yang dikendalikan lebih banyak dan lebih baik. Terutam di daerah batang tubuh, kemudian ke daerah kaki. Perkembangan motoric diteruskan dari sendi utama ke sendi yang lebih kecil (secara proximodistal ) dalam menjangkau suatu benda. Bayi akan menggunakan bahu dan sikunya sebelum menggunakan pergelangan dan jari tangan.
· Usia 7-8 bulan, bayi akan merasa senang jika kedua lengannya dipegang dan akan berjalan melonjak-lonjak jika diberdirikan. Adat Jawa akan mengabadikan kondisi ini dengan upacara turun tanah (mudun lemah).
· Usia 11 bulan, bayi sangat senang belajar dengan cara dititah (kedua tangannya dipegang).
· Usia 12 bulan atau lebih, bayi sudah memiliki keinginan untuk belajar melangkah sendiri tanpa bantuan orang lain.

Bayi akan melangkah dari satu orang ke orang lain dengan penuh keceriaan.

Secara umum, bayi mulai mampu berjalan pada usia 15-18 bulan. Meskipun tidak menutup kemungkinan beberapa bayi mampu berjalan pada usia 1 tahun. Faktor-faktor yang menentukan kemampuan bayi untuk dapat berjalan diantaranya kepandaian merangkak, berat badan, kemauan bayi, riwayat penyakit yang pernah diderita dan pengalaman buruk yang pernah menimpanya.

Pada awalnya telapak kaki bayi tampak datar. Ketika bayi mulai belajar sendiri dan berjalan, otot-otot kaki akan terlatih dan membentuk lengkungan kaki. Harus diperhatikan bahwa kemampuan berjalan dapat dilakukan bayi jika otot-otot, saraf dan tulang telah kuat serta sempurna.

Dalam hal ini, orang tua jangan memaksakan kemampuan bayi untuk dapat berjalan jika fungsi otot- otot, saraf dan tulang belum tumbuh dan berkembang secara sempurna. Jika orang tua memaksakan agar anaknya dapat berjalan dengan segera maka kemungkinan munculnya gangguan fisik dapat terjadi.

Demikian artikel tentang Perkembangan Motorik Bayi dari Koordinasi Tubuh sampai Berjalan. Sekian dan terimakasih.

Baca juga, sobat :

Comments Off on Mengambil Data JSON Satu Persatu dengan PHP

Mengambil Data JSON Satu Persatu dengan PHP

2020
03.19

Yang sudah akrab dengan JSON pastinya sering menggunakan format ini. Selain ringan sebagai output, juga banyak digunakan sebagai output Web API.

Case !!

Contoh JSON :

{"name":"Ilmu Programmer","website":"http:\/\/www.ilmuprogrammer.com"}

atau bisa dibikin :

$json=json_encode(array(
'name'=>'Ilmu Programmer',
'website'=>'http://www.ilmuprogrammer.com'
));

Mari kita mengambil satu key dari json tersebut, contohnya name

1. Decode JSON terlebih dahulu

$dec=json_decode($json);

2. Lalu cek key dari JSON dan ambil datanya

if(!property_exists($dec,"name")){
 echo ""; //kosong
}else{
 $item=$dec->name;
 echo $item;
}

Note :

Pengalaman saya menggunakan fungsi di atas dimana saya menyimpan banyak data pada sebuah table dan satu field. Beberapa hal ada data statis bisa disimpan pada sebuah field, dan jika 1 data mempunyai anak data lainnya, tidak mungkin membuat field baru. Makanya saya menggunakan JSON data tersebut untuk menyimpan data-data custom.

Untuk mempelajari lebih detailnya, kita bisa belajar dari JSON data yg difungsikan oleh CMS sekelas WordPress

Kode lengkapnya

Baca juga, gan :

Comments Off on Olahraga: Rekreasi dan Bisnis

Olahraga: Rekreasi dan Bisnis

2020
03.11

Person Swimming on Body of Water

Sebelumnya Indonesia pernah merajai ajang SEA Games sehingga disegani oleh negara-negara tetangga. Di SEA Games tahun ini di Thailand, walaupun ajangnya belum selesai, tetapi kontingen Indonesia menunjukkan tanda-tanda memprihatinkan. Sampai pagi ini, Indonesia terpuruk di papan bawah dengan “hanya” 13 emas, 21 perak, dan 23 perunggu, menduduki peringkat ke-enam, di atas Myanmar, Laos, Kamboja dan Brunei Darussalam. Sangat tidak membanggakan.

Menurut para pemerhati olahraga, paceklik emas ini disebabkan oleh regenerasi atlet yang lambat. Atlet-atlet yang sudah bertanding sejak tiga atau empat SEA Games lalu sekarang harus tetap berlaga sebagai atlet, bukannya sebagai pelatih.

Lambatnya regenerasi ini, masih menurut para pengamat, dikarenakan kompetisi-kompetisi tidak berjalan dan tidak seramai dulu. Saya setuju dengan analisa para pengamat ini. Lihat saja gelanggang olahraga Bung Karno Senayan yang seharusnya semarak dan penuh dengan pertandingan olahraga, kini secara kasat mata agendanya lebih banyak tidak olahraga daripada olahraganya.

Ada banyak faktor yang berujung pada kondisi saat ini, tapi di posting ini saya akan lebih fokus kepada arena olahraga. Seiring dengan perkembangan, arena olahraga juga harus turut berubah.

Arena olahraga bukan lagi hanya menjadi tempat atlet berlaga dan penonton memberikan dukungan bagi atlet kesayangannya. Sekarang ini, arena olahraga harus memiliki kemampuan rekreasi dan bisnis.

Rekreasi dalam arti pengunjung arena tidak hanya untuk menonton pertandingan saja, tapi mendapatkan pengalaman menonton olahraga yang lebih lengkap. Selain mendapatkan kemudahan mendapatkan makanan dan minuman yang mak nyus serta merchandise, arena juga dilengkapi dengan tayangan dan statistik pertandingan di monitor (membuat saya bertanya-tanya kapan display di stadion Bung Karno akan diganti?) bahkan sampai ke perangkat genggam yang dibawa penonton. Di lingkungan arena juga bisa dimasukkan layar display yang interaktif, termasuk untuk pengiklan, memberikan petunjuk arah dan lainnya.

Keamanan juga terjaga karena setiap tiket dilengkapi dengan RFID. Berguna untuk mendeteksi pergerakan penonton dan membagi-bagi wilayah keramaian.

Media juga mendapat perhatian penting di arena ini. Koneksi WiFi bisa didapat di semua sisi arena, sampai ke pinggir lapangan. Para jurufoto yang harus mengupdate setiap saat foto-fotonya ke situs berita, tanpa beranjak dari sisi lapangan bisa langsung mengirimkannya ke redaksi. Para wartawan tulis juga tidak perlu beranjak dari tempat duduknya untuk mengirimkan laporan pertandingan.

Dengan menyediakan pengalaman menonton yang lengkap, maka diharapkan kompetisi olahraga menjadi semakin bergairah. Penonton yang terus datang dapat memberikan pemasukan bagi pengelola arena, pengelola pertandingan dan juga klub. Pemasukan tersebut selain untuk pemeliharaan arena juga digunakan untuk membina atlet-atlet.

Investasi yang ditanamkan di arena olahraga adalah pilihan untuk menggerakkan unsur-unsur pendukung olahraga. Termasuk kelayakan Indonesia menjadi tuan rumah ajang internasional.

Baca juga :

Comments Off on Keyboard Unik Yang Terbagi Dua Dengan Fitur Multi Fungsi

Keyboard Unik Yang Terbagi Dua Dengan Fitur Multi Fungsi

2020
02.24

keyboard komputer unikProduk terbaru keyboard unik yang akan kita bahas kali ini adalah Ultimate Hacking Keyboard (UHK) yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna komputer yang membutuhkan berbagai fungsi tombol pada keyboard sehingga lebih mudah dan efektif dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan Ultimate Hacking Keyboard telah menciptakan sebuah fitur yang configurability, ergonomi dan membangun kualitas untuk mengatasi semua hal tersebut.

UHK bertujuan untuk membuat pengguna lebih nyaman dan memungkinkan mereka untuk lebih efisien pada saat mengetik. Keyboard ini terbagi menjadi atas dua bagian yang dihubungkan oleh kabel. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan berbagai posisi melalui dua bagian keyboard yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Penghubung baja dan magnet akan menghubungkan dua bagian keyboard yang terpisah tersebut dan dapat dilepaskan dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Image result for ultimate hacking keyboard

Banyak keyboard modern yang dibuat untuk mengelompokkan fungsi-fungsi tertentu dan memaksa pengguna untuk memindahkan jari mereka pada bagian fungsi-fungsi tersebut. Pengetikan secara konvensional memastikan bahwa jari-jari pengguna harus beristirahat untuk menjangkau kunci “Home Rowe” pada keyboard QWERTY. UHK dirancang untuk memastikan bahwa semua fungsi dan lapisan Program mudah dijangkau dan dapat diaktifkan dengan cepat.

Selain memberikan akses mudah ke keypad secara penuh, UHK juga menyediakan fungsi mouse. Pengguna dapat terus menekan tombol “mouse” pada sisi kiri keyboard dan mengendalikan kursornya dengan menggunakan tombol I, J, K dan L. Fungsi mouse lain, seperti klik kiri, klik kanan, dan scroll juga tersedia di sekitar tombol tersebut. Fungsi mouse yang disediakan oleh Keyboard unik UHK adalah salah satu dari sejumlah fungsi yang tersedia. Menekan dan menahan tombol yang berbeda memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi yang berbeda. Fungsi Mode menyediakan kontrol untuk fungsi aplikasi yang berbeda, seperti penyesuaian volume dan memindahkan trek musik, sedangkan mode lainnya juga dapat menyediakan akses secara teratur yang dapat digunakan sebagai navigasi dan perintah fungsi lain.

Demikianlah beberapa kelebihan dari keyboard ini dan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, silahkan kunjungi lansung website Keyboard Unik UHK di sini.

Baca juga :

Comments Off on 6 Kerugian Jika Belum Menggunakan Bisnis Internet Marketing

6 Kerugian Jika Belum Menggunakan Bisnis Internet Marketing

2020
02.17

black framed eyeglasses

Segera Gunakan Internet Marketing! – Dari artikel sebelummnya Ada 15 produk tradisonal yang bisa Anda jual melalui bisnis internet, namun jika dalam detik ini belum Anda manfaatkan ini benar-benar sangat di sayangkan, ada 6 kerugian jika Anda masih belum menggunakan Internet Marketing untuk Bisnis Internet, di antaranya:

  1. Kehilangan potensi pasar
    Asumsinya adalah orang yang mengakses internet adalah orang yang setidaknya memiliki tingkat pendidikan tertentu, dan pastinya memiliki kemampuan dasar komputer.
  2. Jangkauan pasar sangat terbatas
    Batasan geografis sudah tidak ada jika Anda menggunakan internet sebagai media untuk mengkomunikasikan bisnis Anda pada pelanggan. Batasan Anda adalah bahasa.Tapi di internet itu tidak ada masalah karena ada fasilitas Google Translate.
  3. Selalu membayar lebih mahal untuk biaya promosi
    Internet dalam promosi sangat-sangat efektif, dan biayanya juga sangat murah dan bahkan promosi  di internet Anda bisa dengan cara gratisan. Seperti beriklan di iklan baris gratis atau berpromosi di facebook.
  4. Perlu banyak tenaga manusia untuk memberikan layanan yang baik
    Dalam internet sangat menghemat proses kerja, terutama yang berhubungan dengan custmer service. Misalnya pengisian data ini bisa dilakukan dimana saja asal ada jaringan internet.
  5. Perlunya biaya yang tidak sedikit untuk membangun hubungan dan loyalitas dengan pelanggan.
    Membangun suatu logo hubungan diperlukan komunikasi yang cukup sering dan pribadi.  Sangatlah sulit dan cukup mahal untuk melakukan hal ini tanpa menggunakan teknologi internet. Tapi dengan internet itu sangat mudah dengan menggunakan email marketing.
  6. Boros Waktu
    Semua proses komumikasi menjadi cepat, mudah dan seketika dengan bantuan internet dengan harga yang sangat murah. Bayangkan jika Anda bisa menghemat berbagai pertanyaan umum dari produk atau jaa Anda, karena di website Anda sudah lengkap informasinya, betapa heman waktu dan tenaga bukan.
    Beta banyak pelanggan yang secara cepat bisa mendapatkan informasi dari Anda walaupun mereka berada di tempat yang sangat jauh dari Anda.

Oleh karena itu, sedapat mungkin dan sedini mungkin, segera bangun kehadiran Anda di internet, dan lihat pertumbuhan bisnis Anda ke tingkat yang lebih baik.

Baca juga :

Comments Off on Tips Cerdas Mendidik Bayi Agar Pintar

Tips Cerdas Mendidik Bayi Agar Pintar

2020
01.14

Mungkin saja beberapa bayi secara alami lebih cenderung jadi pintar oleh faktor genetika, sementara itu yang lainnya tak mendapat kepintaran dari faktor tersebut. Pastinya tiap orangtua berharap nantinya anaknya bisa tumbuh jadi pintar. Tapi, sebagai orangtua itu merupakan tugas Anda untuk dapat memelihara serta memanfaatkan potensi penuh dari anaknya sejak lahir.

Tapi, juga tak bisa dipungkiri lagi bahwasannya ada juga orangtua yang terlalu sibuk, terlalu lelah, dan juga terlalu malas untuk sediakan waktu yang diperlukan untuk perkembangan awal anaknya. Sehingga yang demikian ini menjadikan anak-anaknya harus habiskan banyak waktu di sekolah bila dibandingkan dengan anak-anak satu atau pun dua generasi yang lalu.

Mereka lebih menggunakan sedikit imjinasi serta lebih banyak teknologi, yang sudah terbukti pada study membuat orangtua kurang pandai dibandingkan mereka yang membaca buku.

Suasana yang seperti itu adalah salah satu suasana yang sangat menjengkelkan bagi anak-anak, sehingga mereka jadi kurang semangat untuk belajar. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips cerdasnya untuk bisa medorong perkembangan pembelajaran awal bagi bayi tercinta Anda.

Tips cerdas mendidik bayi agar pintar

  • Silakan Anda ajak bayi keluar serta melihat-lihat lingkungan yang ada di luar rumah. Pada saat Anda bawa bayi untuk lihat bunga, burung, dan juga mobil serta ucapkan kata-kata dari benda tersebut, maka bayi Anda pastinya akan belajar hal ini, dan jadi lebih waspada serta sadar akan lingkungannya.
  • Selain itu Anda juga bisa bawa bayi ke mana-mana. Dia nantinya bisa bertemu orang-orang, lihat dunia, serta menonton orang lain tak hanya dengan menatap ruangan sendiri di setiap hari. Pengalaman tersebut bisa sangat merangsang mental bagi anak serta orang-orang akan bantu dia kembangkan sosialnya. Lakukan hal tersebut dengan bayi yang umumnya Anda lakukan. Biarkan saja dia lihat Anda menyikat gigi, berpakaian yang baik, dan menyisir rambut. Walaupun butuh waktu lama bagi Anda untuk lakukan tugas sederhana, bayi Anda nantinya akan belajar serta menonton semua yang telah Anda lakukan. Hal yang demikian ini akan mengajari atau mendidik anak Anda lebih mudah dan juga lebih cepat.
  • Hindarilah menonton tv. Beberapa orangtua akan membiarkan bayinya di depan tv sebab mereka terlalu lelah atau pun malas untuk berinteraksi dengan bayinya. Bila bayi Anda menonton tv ada baiknya orangtua tetap menemani sehingga Anda pun bisa memandu serta berinteraksi dengan bayi, hal yang demikian ini akan membantu minat anak dalam belajar.

Demikianlah tips cerdas mendidik bayi agar pintar yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Tips Mendidik Anak Mengenai Persaingan yang Sehat

2019
06.03

Perlu Anda sadari bahwasannya di setiap kompetisi atau perlombaan tentu ada yang menang dan ada pula yang kalah. Dan yang menang tentu akan merasa bahagia, sebab prestasi serta keberhasilannya, akan tetapi yang kalah  ada wajahnya yang mulai berubah asam, marah, serta menangis sebab mereka kalah. Anak yang selalu memang ini akan jadi lebih kompetitif serta harus jadi juara pertama di dalam segala hal.

Yang demikian ini tak baik bagi perkembangan jiwa anak sebab jika dia kalah sekali saja, maka dia akan mudah sedih, marah, dan juga sangat merasa kehilangan. Untuk itulah sangat penting sekali bagi para orangtua untuk mendidik atau pun mengajari anak tentang persaingan yang sehat kepada anak, agar nanti Anda pun lebih siap untuk menerima kemenangan dan kekalahan dalam sebuah kompetisi.

Tips mendidik anak mengenai persaingan yang sehat

Didik anak bahwasannya tiap orang berbeda

Sebagai orangtua yang baik, Anda bisa ajarkan anak bahwasannya tiao orang itu berbeda dan unik. Anda bisa berbicara dengan anak mengenai fakta setiap anak mempunyai bakat. Contohnya saja Ani mungkin saja cepat berlarinya, sementara Susi pandai menggambar.

Rani pun mungkin saja pandai berhitung, tapi tak begitu pandai menulis. Ema mungkin saja pandai berenang, namun tak pandai penyanyi. Sehingga dengan demikian anak pun akan mulai paham dan mengerti mereka mempunyai bakat berbeda, mereka mempunyai kelebihan serta kelemahan, kemudian mereka siap untuk belajar dan juga menyadari tak mungkin jadi yang terbaik disegala hal.

Baca juga : Cara menyenangkan mendidik anak

Didik anak bahwasannya kalah itu tak selalu buruk

Kalah memang tak pernah menyenangkan, dari anak usia dini menang ini adalah hasil terbaik. Sebagai orangtua penting sekali untuk didik anaknya bahwasannya tak masalah untuk kalah. Anda bisa bicara dengan anak mengenai pentingnya tiap orang mempunyai kesempatan untuk bisa menang. Anda bisa didik mereka untuk merasa bahagia saat temannya menang.

Didik anak bahwasannya untuk capai kemenangan butuh kerja keras

Sebagai orangtua Anda bisa didik anak Anda bahwasannya untuk jadi yang terbaik pada sebuah kompetisi kita harus berlatih dengan keras. Bila anak Anda ingin mendapat nilai tinggi di sebuah perlombaan pidato misalnya saja, maka anak Anda harus bisa berlatih bicara sehari-hari.

Orangtua juga harus bisa membantu usaha anak untuk jadi lebih baik lagi. Orangtua bisa didik anaknya bahwasanya apa yang dilakukan dalam segala hal hasilnya terbaik jadi baik dan lebih baik. Anda juga bisa ajarkan anak bahwasannya jika tak menang atau tak mendapat hasil sempurna, itu tak menjadikan kita sebagai individu lemah.

Demikian informasi tips mendidik anak mengenai persaingan yang sehat. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Comments Off on Berikut Cara Menyenangkan Mendidik Anak

Berikut Cara Menyenangkan Mendidik Anak

2019
05.02

Cara menyenangkan mendidik anak memang harus mengandung penerapan nilai-nilai religius dan juga social. Dalam proses pertumbuhannya, anak-anak tak hanya butuh gizi dan juga makanan yang sehat saja. Pembentukan karakter sejak usia dini jadi modal utama bagi anak pada sat dia beranjak dewasa nanti.

Anak yang mempunyai budi pekerti yang baik nantinya tak akan serta merta dilahirkan  dengan demikian ada peranan didikan dari orangtua dan juga lingkungannyya yang nantinya menjadikannya seperti itu, begitu pun sebaliknya. Untuk itulah, Anda harus tahu beberapa cara dalam mendidik anak supaya tumbuh jadi pribadi yang cerdas, baik, dan juga bertanggung jawab.

Cara menyenangkan mendidik anak

Cara pertama mendidik anak adalah dengan menanamkan rasa empati dan juga nilai-nilai social sejak usia dini untuk mempersiapkan perannya nanti di masa depan. Cara mendidik anak yang satu ini dapat dilakukan dengan mengasah rasa peka atau pun empati anak pada keadaan di sekitar yang nantinya akan menjadikan anak memiliki pribadi yang tak apatis sehingga ingin selalu berkontribusi untuk menjadikan keadaan yang ada di sekitarnya jadi lebih baik lagi.

Dalam mengajarkan anak rasa empati sejak usia dini ini dapat dimulai dengan cara mengajarkan anak untuk saling berbagi. Mulai dari keluarga, Anda pun juga harus bisa menerapkan prinsip keadilan di dalam mendidik anak. Misalnya saja ketika membagi bagian makanan untuk anak, sebab masih kecil anak terkadang masih mempunyai sifat egosentris.

Sifat tersebutlah yang secara perlahan harus bisa dikurangi sejak dini. Berikan saja pemahaman bahwasannya dia tak hidup sendiri, masih ada orangtua dan saudara lainnya yang juga membutuhkan makanan tersebut.

Cara selanjutnya adalah dengan menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak. Anak yang cerdas umumnya ditandai dengan keaktifannya di dalam mengeksplorasi dunia yang ada di sekitarnya dan rasa ingin tahunya yang tinggi. Pada usia di atas 2 tahun, anak-anak umumnya mulai menumbuhkan rasa ingin tahu pada dunia sekitar, sehingga tidak jarang bila mereka mulai lontarkan banyak pertanyaan.

Orangtua tidak usah merasa risih atau pun kesal ketika anaknya banyak bertanya, itu tanda daya pikir sih anak sedang berkembang dengan baik. malah orangtua seharusnya lebih sering memancing anak untuk bisa menggunakan kemampuan berpikirnya.

Baca juga : Agar anak percaya diri

Cara mendidik anak agar bisa menumbuhkan rasa ingin tahunya adalah dengan melontarkan pertanyaan pada anak. Sesekali Anda bisa menanyakan pendapat anak tentang rasa makanan atau pun bagaiman ciri fisik orang lambat laut, dengan demikian anak akan merasa penasaran dengan kata-kata yang Anda ucapkan tersebut, sehingga dia pun  akan menanyakannya pada Anda.

Demikianlah informasi tentang cara menyenangkan mendidik anak yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.