Sebagaimana makhluk hidup pada umumnya, tumbuhan khususnya buah-buahan juga memerlukan respirasi.  Perbedaaan tanaman juga akan mempengaruhi kadar oksigen yang dibutuhkan. Hal ini akan berakibat pula pada aktivitas respirasi dari masing-masing tumbuhan. Aktivitas respirasi akan meningkat apabila oksigen yang digunakan juga meningkat. Secara umum, sifat hasil tanaman dapat dibedakan berdasarkan aktivitas respirasinya sebagai berikut :

KLIMATERIK

  Buah jenis ini tidak akan mengalami perubahan aktifitas respirasi yang mencolok saat menjelang masak optimal maupun masa masak tanaman tersebut telah lewat. Dengan kata lain, buah hasil tanaman ini akan lebih cepat membusuk. Contoh dari buah klimaterik adalah pepaya, mangga, pisang, jambu, markisa, dll.

NON KLIMATERIK

  Buah jenis ini akan mengalami penaikan aktivitas respirasi yang mencolok saat menjelang masak dan mengalami penurunan aktivitas respirasi yang sangat cepat pada saat telah melewati masa lewat masa. Buah non klimaterik  juga dapat dikatakn sebagai buah yang fase respirasi optimumnya berada diatas pohon.  Contoh dari buah non klimaterik adalah  jeruk,melon, anggur, semangka, dll.

 Salah satu ciri dari buah non klimaterik adalah buah yang memiliki kulit yang tebal. Hal ini akan menyebabkan oksigen lebih susah masuk sehingga aktivitas respirasi akan mengalami penuruna yang sangat cepat. Salah satu contoh dari biah non klimaterik adalah melon. Melon terbagi menjadi beberapa klasifikasi yang dibagi menjadi beberapa grup kultivar.Salah satu grup kultivar yang ada pada melon adalah inodorus. Karakteristik buah yang dimiliki adalah kulit buah mulus (tidak berjala). Daging buah yang dimiliki beraroma, akan tetapi aroma daging ada yang kuat dan ada pula yang tidak kuat. Buah tidak akan jatuh dari tangkainya ketika sudah masak. Warna daging buah umumnya putih, hijau, atau oranye. Tergolong non-klimaterik, yakni buah yang dipanen sebelum masak tidak akan menjadi masak seiring dengan berjalannya waktu. Contoh varietas yang dimiliki adalah Sky Rocket, Action 434, Mai 119, Mai 116, Alien, Sumo

Berikut ini adalah gambar dari varietas melon Mai 116

Referensi :

Firmansyah D. Siregar.2010.Budi Daya Melon Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya

Tim Penulis PS.1998. Agribisnis Tanaman Buah. Jakarta: Niaga Swadaya