Tembakau

Tembakau adalah produk pertanian yang diproses dari daun tanaman dari genus Nicotiana. Tembakau dapat dikonsumsi, digunakan sebagai pestisida, dan dalam bentuk nikotin tartrat dapat digunakan sebagai obat jika dikonsumsi, pada umumnya tembakau dibuat menjadi rokok, tembakau kunyah, dan sebagainya.

Di Indonesia, tembakau yang baik (komersial) hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh lokasi penanaman dan pengolahan pascapanen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, tergantung produk sasarannya.

Berikut adalah jenis-jenis tembakau yang dinamakan menurut tempat penghasilnya.

  • Tembakau Deli, penghasil tembakau untuk cerutu
  • Tembakau Temanggung, penghasil tembakau rajangan untuk sigaret
  • Tembakau Vorstenlanden (Yogya-Klaten-Solo), penghasil tembakau untuk cerutu dan tembakau sigaret (tembakau Virginia)
  • Tembakau Besuki, penghasil tembakau srintil untuk sigaret
  • Tembakau Madura, penghasil tembakau untuk sigaretTembakau Lombok Timur, penghasil tembakau untuk sigaret (tembakau Virginia)

Tembakau merupakan salah satu tumpuan hidup para petani tembakau, karena harga jualnya yang cukup tinggi sehingga tidak sedikit para petani yang menjadikan tembakau sebagai prioritas utama dalam produksi pertanian mereka. Karena itulah semakin lama para petani tembakau semakin bertambah karena melihat keuntungan yang di dapat dari proses penanaman ini. Harga satu kilogram tembakau bisa mencapai Rp. 25.000, namun keuntungan itu tidak secara konsisten bisa di dapat karena pada Umumnya tembakau di tanam setiap satu tahun sekali pada musim kemarau hal ini tembakau tidak memerlukan banyak air. Sehingga pendapatan para petani tembakau juga bersifat musiman yaitu hanya pada musim kemarau saja.