Beras Lokal Cocok untuk Afrika

Posted: 27th May 2010 by Olop Haryanto Simarmata in Uncategorized
Comments Off on Beras Lokal Cocok untuk Afrika

Liputan6.com, Dakar: Para ilmuwan belum lama ini menemukan manfaat besar beras afrika. Bahkan, para ilmuwan belum lama ini meyakini beras lokal bisa menjadi kunci untuk mengurangi kekurangan pangan di benua tersebut. Terutama, menaikkan tingkat produksi beras lokal. Sebab, beras ini sangat unik lantaran dapat tumbuh di lahan yang sulit.

Namun, beras afrika kurang diminati di benua asalnya. Para petani lokal, ternyata lebih memilih beras dari Asia. Padahal, jenis beras asal Asia kemungkinan kurang cocok tumbuh di lahan Afrika yang kekurangan air.

Para ilmuwan telah lama melihat butir beras Afrika hanya sebagai varietas gen untuk penelitian. Mereka memetik sifat-sifat positif dari beras lokal. Kemudian dicangkokkan ke beras asia untuk menciptakan garis hardier atau jenis yang lebih baik.

Para peneliti kemudian memberikan “status elite” ke jenis beras afrika. Seiring dengan itu, mereka meningkatkan kualitas beras dengan gen dari varietas asia. Badan Logistik Afrika mengatakan, hasil dari penelitian ini bakal mengurangi ketergantungan pada ekspor beras.

Sumber