Cara Mendaftarkan Google Adsense dan Analytics Agar Mendapatkan Penghasilan Blog

March 7th, 2021

Internet pada jaman sekarang makin banyak menwarkan pilihan dan kemudahan bagi manusia, salah satunya adalah mendapatkan pendapatan secara online melalui adsense blogging.  Dan bagi kebanyakan orang biasanya menggunakan Google AdSense untuk menghasilkan uang dari blog.

Google AdSense adalah program periklanan milik Google yang memungkinkan para blogger maupun YouTuber menghasilkan uang dengan memasang iklan dari AdSense pada website maupun video mereka dan mendapatkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung. Jadi pada dasarnya Anda dapat melakukan monetisasi pada website yang Anda kelola dengan menggunakan Google AdSense. Selain proses dan penggunaannya yang cukup mudah, AdSense tentunya juga dapat menawarkan keuntungan komisi yang cukup besar.

  1. Langkah 1, Persyaratan untuk mendaftar Google Adsense yang perlu dipastikan terlebih dahulu adalah:
  •  Harus berusia diatas 18 tahun, karena data-data yang dibutuhkan harus memiliki kualifikasi diatas 18 tahun, jika masih berumur dibawah 18 tahun, dapat meminta data saudara maupun orang tua untuk menjadi pengisi data
  •   Harus memiliki email google/gmail
  • Harus memiliki blog atau website yang telah memiliki postingan

Lalu anda bisa mengikuti Langkah-langkah dibawah ini untuk mendaftar ke Google Adsense:

Membuat Akun Adsense

 

Pada hal ini dapat mengunjungi pada link berikut https://www.google.com/adsense/signup/new/lead?hl=in&referer=https://www.google.com/ Anda bisa mengisi website / blog yang telah anda buat sebelumnya dan email yang anda gunakan. Scroll ke bawah kemudian klik Save & Continue.

  1. Langkah 2, mengaktifkan akun adsense 
  • Mengaktifkan akun adsese dengan masuk ke beranda Adsense dan mengaktifkannya
  • Masukkan detail alamat pembayaran
  • Verifikasikan nomor telepon  (Tidak wajib di semua negara.)

Setelah Anda menyelesaikan setiap tugas, klik Selesai atau Kirim.

Tips pengaktifan akun

Situs Anda

  • Situs Anda harus aktif dan berisi cukup konten yang memadai untuk dievaluasi oleh para pakar kami. Jika situs Anda masih dalam tahap pembuatan, tidak dapat dimuat, atau navigasinya sulit, kami tidak dapat mengaktifkan akun Anda.
  • Pastikan Anda memberikan URL yang benar saat membuat akun AdSense.
  • Tinjau situs Anda untuk memastikan situs telah mematuhi kebijakan kami.

Menghubungkan situs Anda

  • Salin kode persis seperti yang muncul di halaman beranda AdSense Anda.
  • Di situs yang Anda gunakan untuk membuat akun AdSense, tempel kode antara tag <head> dan </head> pada halaman yang memiliki konten dan traffic reguler.

Detail pembayaran

  • Masukkan nama lengkap Anda persis seperti yang tertera pada informasi perbankan Anda.
  • Masukkan alamat pos lengkap yang terkait rekening bank Anda, termasuk kode pos, sehingga Anda bisa mendapatkan pembayaran.
  • Masukkan nomor telepon yang valid.

Jika telah berhasil, maka akun Adsense anda berhasil dibuat dan sedang diproses

Untuk memfinalisasi akun adsense, biasanya google memerlukan beberapa waktu mulai dari 2 hari – 2 minggu. Maka dari itu, jika sudah melibihi 2 minggu namun akun adsense belum dimuat, dapat menghubungi dan melihat langakah-langkah cara pada support.google.com

Jika akun masih diproses maka akan nampak tampilan seperti ini:

 

  1.  Langkah 3, Membuat iklan Adsense

Pada AdSense, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyiapkan iklan pada situs Anda yaitu Iklan Otomatis dan Unit Iklan. Iklan otomatis adalah pengaturan iklan yang dikerjakan oleh Google, jadi Anda hanya fokus pada pembuatan konten situs yang Anda miliki saja. Google akan mengatur iklan mana yang akan ditampilkan serta lokasi atau tempat iklan tersebut. Keuntungannya, Anda dapat mengontrol semua iklan hanya dengan sebuah tombol, iklan juga akan otomatis berada pada lokasi yang strategis bahkan jika diakses secara mobile version.

Sedangkan unit iklan adalah penempatan iklan yang lebih customize dari pemilik situs. Anda bebas mengatur jenis, ukuran, dan posisi iklan yang Anda kehendaki pada situs Anda. Pengaturan iklan ini bersifat manual, jadi perlu ditempatkan pada satu per satu halaman website yang dikehendaki secara manual. Namun tentunya iklan ini juga harus sesuai dengan kebijakan dari AdSense.

Cara membuat iklan otomatis adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun AdSense
  2. Klik Iklan > Ringkasan
  3. Klik “edit” di samping situs yang ingin diedit pada fitur tabel situs Anda
  4. Aktifkan “otomatis” pada fitur “pengaturan situs”
  5. Mengaktifkan fitur ini berarti Anda mengizinkan Google mengoptimalkan unit iklan berikutnya
  6. Klik terapkan ke situs
  7. Pilih opsi penyimpanan, “terapkan sekarang” atau “jalankan eksperimen terlebih dahulu”

Cara membuat unit iklan adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun AdSense
  2. Klik iklan > ringkasan
  3. Klik “menurut unit iklan”
  4. Klik “display iklan”, kemudian beri nama unit iklan Anda
  5. Pilih ukuran iklan yang ingin ditampilkan, disarankan menggunakan pilihan responsif. Namun Anda juga dapat mengkustomize ukuran iklan yang diinginkan
  6. Klik “simpan” dan dapatkan kode
  7. Copy dan paste code tersebut di antara halaman yang ingin menampilkan iklan
  8. Klik “selesai”

Anda juga bisa menyambungkan analytics terhadap Adsense anda, serta mengetahui berapa kali blog di lihat oleh orang lain, berapa iklan yang di klik oleh orang, dan engagement time. Jika akun anda sudah berhasil dibuat dan disetujui oleh google maka akan terlihat hasilnya, namun jika belum hasilnya akan terlihat seperti ini:

10 E-COMMERCE ANDALAN DI INDONESIA

February 28th, 2021

E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.

Menurut data dari GlobalWebIndex, pada tahun 2019 Indonesia menjadi negara dengan adopsi ecommerce tertinggi di dunia. Prosentasenya 90% dari pengguna internet berusia 16 tahun – 64 tahun pernah melakukan belanja secara online. Lalu apa saja 10 E-commerce yang ada di Indonesia dan digemari masyarakat? Mari kita simak penjelasan di bawah ini!

1. Shopee

Shopee Logo | Desain pamflet, Ilustrasi ikon, Desain logo
Shopee masih tetap berjaya pada peringkat pertama sebagai website ecommerce terbaik di Indonesia, dengan jumlah pengunjung web bulanan sebesar 129,320,800 aplikasi ini menduduking ranking 1 di playstore.

Perusahaan induk Shopee adalah Sea Group. Sedangkan, perusahaan raksasa asal Cina, Tencent menjadi pemegang saham utama Sea Group dengan nilai 39,7%. Sementara perusahaan pendana, Blue Dolphins Venture memegang 15% kepemilikan saham Shopee. Pendiri Sea Group, Forrest Li juga tertarik membeli saham Shopee dengan valuasi 20%. Chief Operating Officer Sea Group, Gang Ye juga turut memegang 10% saham Shopee.

Fitur-fitur yang dimiliki shopee pun lengkap mulai dari shopee mall, games, dan star seller yang dapat membantu pembeli/pengguna dengan mudah menemukan toko-toko yang terpecaya. Namun sekarang jika ingin memiliki gratis ongkir harus membayar menggunakan e-money dari shopee yaitu shopeepay

2. Tokopedia

Tokopedia (@tokopedia) | Twitter
Tokopedia menempati peringkat 2 dalam dunia e-commerce di Indonesia, dimana merupakan kompetitior shopee di Indonesia. Setiap bulan Tokopedia memiliki pengunjung web bulanan sebesar 114,655,600. Untuk peringkat apps Tokopedia di App Store dan Google Play berada nomor 2 dibawah shopee. Tokopedia merupakan website buatan anak negeri bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Sekarang ini Tokopedia sudah menjadi salah satu unicorn di Indonesia. Website yang memiliki warna khas hijau ini juga memiliki andil dalam memajukan bisnis dengan mengajak para perorangan dan pelaku usaha UMKM untuk bergabung memasarkan produk-produk mereka lewat Tokopedia.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia pun tidak kalah bagus dari e-commerce yang lain, memiliki tampilan clean dan simple memudahkan pengguna untuk memilih fitur-fiturnya serta adanya indicator toko gratis ongkir semakin menunjukkan kemudahan pada pengguna. Sebagai jenis pembayaran Tokopedia bekerja sama dnegan ovo untuk mempermudah pembayaran dan memberikan pin pada pelanggan

3. Bukalapak

Situs Belanja Online dan Jual Beli Mudah Terpercaya | Bukalapak

Situs Belanja Online dan Jual Beli Mudah Terpercaya | Bukalapak
Website ecommerce terbaik ketiga ditempati Bukalapak. Website ecommerce yang didirikan oleh Achmad Zaky ini sudah ada sejak tahun 2010, awalnya hanya toko online khusus kepada para UMKM untuk mulai merambah jualan di Internet. Sekarang ini Bukalapak menjelma menjadi ecommerce dengan bermacam lini bisnis yang berbeda-beda. Tercatat setiap bulannya ada sekitar 35 jutaan pengunjung yang membuka websitenya, jumlah ini selisih cukup jauh dibandingkan dengan peringkat satu dan dua dari peta ecommerce di Indonesia.

4. Lazada

COD Bayar Di Tempat Galek Banyuwangi 1kg | Lazada Indonesia

COD Bayar Di Tempat Galek Banyuwangi 1kg | Lazada Indonesia
Perusahaan yang dimiliki oleh Alibaba group dari china, memiliki tawaran menarik mengenai produk-produk yang murah karena banyak seller yg menjual produknya dari china.

Dilihat dari jumlah pengunjung website ecommerce Lazada setiap bulannya ada sekitar 36,260,600 juta. Fitur-fitur Lazada cukup sama dengan e-commerce lain, namun pada pembayarannya belum memiliki partner khusus dengan e-wallet seperti shopee dan tokopedia

5. Blibli

Promo & Diskon blibli.com Februari 2021 | LinkAja

Promo & Diskon blibli.com Februari 2021 | LinkAja
PT. Global Digital Niaga atau Blibli didirikan sekitar 10 tahun lalu oleh Kusumo Martanto yang juga menjabat sebagai CEO perusahaan., pengunjung perbulan sebesar 22. 413.100 juta dalam website nya.

Secara tampilan website Blibli ini menarik dengan desain yang modern, untuk produk yang dijual kebanyakan berisi elektronik, gadget, home living, fashion, event, ticketing dan sebagainnya. Blibli tergolong menjadi website yang sering memberikan promo kepada para pelanggan setianya, coba selalu cek dan dapatkan promo menariknya setiap hari.

6. JD.ID

JD.ID Perkenalkan Logo "JOY" Terbaru untuk Semangat Baru

JD.ID adalah ecommerce yang berasal dari Tiongkok. JD atau Jingdong adalah salah satu peritel online B2C online dengan volume terbesar di Tiongkok. Untuk produk yang dijual pada website JD.ID memiliki beragam jenis mulai dari fashion, elektronik, gadget, keperluan rumah tangga, olahraga, kesehatan dan masih banyak lagi.

7. Zalora

ZALORA | Permata
Zalora menjadi e-commerce khusus untuk kategori khusus fashion dan kecantikan, dimana setiap bulannyaa ada 2,991,800 juta pengunjung website. Fitur Zalora sendiri memiliki filter untuk tiap pakaian yg ditawarkan dan juga memiliki fitur filter merek untuk memudahkan pelanggan mencari pakaian dan aksesoris berdasar merk, baik high-end maupun regular product

8. Sociolla

UOB Indonesia : Promo Sociolla Diskon 15%
Sociolla adalah online store terpercaya dan terlengkap yang ada di indonesia yang menjual produk kecantikan, make up, perawatan kulit, kosmetik, parfum, serta skincare. Mengapa Sociolla sangat “terpercaya”? Karena Sociolla telah menjamin semua produk yang mereka jual sangatlah aman, resmi, dan sudah terdaftar. Sedangkan fitur sociolla sangat menarik, yaitu memiliki tampilan yg feminine dan juga menyediakan review dari penggunaan produk skincare dengan tipe kulit yang telah disediakan pada comment section nya, dimana pengguna akan dapat membeli barang yang cocok dengan tipe kulit, masalah kulit, dan kebutuhan masing-masing.

9. Orami

Приложения в Google Play – Orami
Orami dibandingkan dengan ecommerce lainnya cukup berbeda, karena segmentasi dari Orami ini lebih ke perlengkapan bayi, ibu hamil, perlengkapan rumah tangga dan kecantikan. Pertama kai website ecommerce dari Orami ini didirikan oleh dua orang hebat bernama Ferry Tenka dan Gusmantra Ekamukti Himawan.

Pada awal berdirinya Orami hanya menyediakan produk kebutuhan bayi dan ibu hamil saja, tetapi seiring dengan berkembangnya waktu website Orami melengkapinya dengan beberapa kategori tambahan.

10. Alfacart

Alfacart
Alfacart adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Alfamart untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan metode berbelanja yang praktis dan mudah. Alfacart menyediakan beragam kebutuhan mulai dari fashion, peralatan elektronik, handphone, komputer, hingga peralatan dapur. Alfacart pertama kali dikenal dengan nama Alfaonline.com. Aplikasi ini diluncurkan pada 18 Februari 2013. Kemudian, pada Mei 2016 namanya berubah menjadi Alfacart.com. Alfacart.com dapat diakses melalui dekstop maupun mobile application, pesanan melalui aplikasi ini bisa diantar atau diambil di Pick Up Point terdekat.

Hello world!

February 22nd, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!