Pentingnya Riset Keyword Dalam Penulisan Artikel SEO

Sering kali seorang penulis putus asa ketika telah membuat banyak artikel panjang dengan jumlah yang tidak sedikit, namun tak kunjung juga mendapatkan pembaca yang banyak. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketidaktahuan penyedia jasa penulis artikel akan keyword yang ideal untuk digunakan.

Masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dibeberkan tips penulisan artikel seo mengenai teknik penggunaan kata kunci.

Beberapa Tips dalam Penggunaan Keywrord dalam Artikel SEO

Penulisan Artikel SEO

1.  Alasan Melakukan Riset Pencarian Keyword

Apa saja yang akan terjadi jika penyedia jasa penulis artikel SEO tidak melakukan riset pencarian kata kunci? Yang paling sering didapati adalah blog akan sepi pengunjung dan yang paling menyedihkan adalah apabila website Anda sulit terdeteksi di mesin pencarian/search engine.

Salah satu ciri identik penulis yang tidak melakukan riset kata kunci adalah website atau blog yang ia punya memiliki banyak artikel namun konten di dalamnya tidak terarah, bahasa kasarnya “amburadul”. Jangan jadikan website Anda menjadi tempat percobaan untuk membuat gado-gado. Tentukan fokus blog Anda. Para pembaca biasanya akan lebih menyukai dan memiliki web yang memiliki spesialisasi di bidang tertentu

Jika sudah demikian, maka tentu Anda telah mengerti mengapa riset keyword sangatlah penting.

2. Tentukan Volume Pengunjung Website

Maksud dari “menentukan volume pengunjung” di sini tidak lain adalah menjaga kestabilan web atau blog Anda agar tetap mendapatkan banyak pengunjung.

Bagaimana cara melakukannya? Yakni dengan menggunakan bantuan dari berbagai software atau pun platform yang menyediakan jasa keyword research. Tersedia layanan berbayar maupun gratisan, Anda bebas memilih yang mana saja, tentunya sesuai dengan tingkat kebutuhan dan keseriusan penyedia jasa penulis artikel dalam membangun sebuah website SEO.

Dengan menggunakan software pendukung tersebut, maka sebagai penyedia jasa artikel diharapkan dapat menghasilkan artikel yang berbobot, berkualitas, menarik minat banyak pengunjung alias SEO-friendly.

3. Menentukan keyword yang sesuai dengan permintaan pengunjung

Terutama bagi mereka yang baru berkecimpung dalam dunia penyedia jasa penulis artikel SEO, maka disarankan untuk tidak membuat konten tentang semua hal. Pastikan Anda memiliki nilai atau value tersendiri di hadapan pembaca. Sebab, ketika website tersebut memiliki sesuatu yang spesial, secara otomatis pembaca akan lebih mudah mengingat blog Anda, serta tidak menutup kemungkinan tulisan Anda akan direkomendasikan oleh audiens pengunjung blog.

Ingat kata kuncinya, Google tidak hanya melihat bobot dan kualitas dari tulisan itu saja, melainkan juga dari segi kata kunci yang digunakan guna mudah dideteksi oleh mesin pencarian. Memang betul bahwa human-friendly itu kemungkinan besar bisa menjadi SEO-friendly, seperti pengaturan paragraf yang tidak memuat terlalu banyak baris, menggunakan format H1, H2, dan H3, dsb.¾namun, perlu digarisbawahi bahwa penggunaan kata kunci atau keyword yang tepat pun dapat menjadi penyebab artikel Anda berada pada halaman satu mesin pencarian

4. Long tail keywrod biasanya kurang kompetitif (tidak memiliki banyak saingan)

Jika website Anda tergolong masih berusia muda, maka salah satu tips yang efektif dalam penulisan artikel adalah dengan menggunakan keyword jenis long tail.

Keyword pada umumnya bisa dibedah menjadi tiga bagian: (1) kepala, (2) badan, dan (3) ekor.  Nah, berdasarkan hasil riset, jenis keyword yang satu ini memegang kriteria less competitive atau kurang memiliki persaingan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam riset keyword artikel seo  , khususnya dalam melakukan riset pencarian kata kunci, sehingga jumlah audiens pembaca Anda bisa meningkat dan stabil.

Posted in TIPS DAN TRIK by Oktaria Putri at October 6th, 2020.