Situs Sepi Pengunjung? Belajar Cara Meningkatkan Trafik Dengan Seo

Cara Meningkatkan Trafik Dengan Seo

Kalau kalian adalah seorang blogger atau web developer, kalian pasti tidak asing dengan istilah SEO. Nah, bagi kalian yang bekerja dengan dua posisi yang tadi disebutkan, mengenal istilah ini sangat penting karena berhubungan dengan cara meningkatkan trafik yang mempengaruhi peringkat website dalam penilaian search engine di internet. Maka, mari kita berkenalan dengan SEO ini supaya kita tidak terkesan terlalu polos karena tidak mengerti istilah ini.

SEO (Search Engine Optimization) adalah tindakan yang dilakukan oleh pemilik dan pengembang situs untuk mengoptimalkan situs yang ia punya supaya mendapatkan posisi yang menarik di halaman pertama search engine. Optimasi ini mendukung pemeringkatan search engine terhadap kelayakan website Anda untuk ditampilkan di posisi teratas laman pencarian. SEO tidak bisa dilakukan sekali saja. Optimasi harus terus menerus dilakukan pada website.

Mungkin, sebagian besar kalian memiliki konten yang bagus dalam situs atau blog pribadi kalian. Tapi, hal itu bahkan tidak meningkatkan trafik sehingga sebagus apapun isinya, blog atau situs kalian sepi pengunjung. Sebagai pemilik, kalian bertanggung jawab untuk memastikan situs kalian mampu menarik pengunjung dan mempertahankan mereka. Disinilah SEO bermain peran.

Cara Meningkatkan Trafik

Tipe Trafik, Cara Kerja, Dan Cara Menggunakan Seo Untuk Meningkatkan Trafik Situs Kalian

Bila kalian ingin mengembangkan situs kalian dan mendapatkan trafik, ketahuilah dahulu tiga hal yang disebutkan sub-judul di atas. Bila kalian sudah memahaminya, kalian akan mudah menerapkan dan mengoperasikannya untuk pengembangan website. Berikut penulis akan meringkasnya saja agar mudah dibaca.

Ada tiga tipe trafik dalam kajian SEO; quantity traffic, yaitu jumlah pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan. Kemudian, quality traffic yaitu, trafik target pengunjung situs yang relevan. Untuk website bisnis, pengunjung situs yang membeli barang di sana akan mempengaruhi trafik kualitas secara positif. Terakhir, organic traffic yaitu trafik yang didapatkan dari search engine dengan kunjungan pengguna internet ke tautan yang ditampilkan Google. Trafik-trafik tersebut bisa kalian atur tergantung cara kalian mempromosikan dan mengembangkan situs Anda sekreatif mungkin. Contoh, bila kalian ingin meningkatkan quantity traffic, kalian harus mulai dengan mempromosikan situs kalian ke teman-teman dekat kalian.

Dalam proses kerjanya, SEO mengoptimasi situs agar pengguna internet dapat menemukan tautan situs tersebut menggunakan keyword tertentu. Konten situs menjadi poin yang sangat penting bagi Google dalam optimasi. Manfaat optimasi adalah memberikan informasi yang sesuai, menjadikan search engine sebagai sumber yang dapat diandalkan, dan mendatangkan organic traffic yang lebih.

Setiap kali pengguna mengetikkan keyword, mesin pencari akan melalui tiga tahap yaitu crawling atau pengumpulan informasi per halaman atau per tautan. Kemudian, informasi yang sudah dikumpulkan akan dimasukkan ke entry list untuk indexing. Terakhir, hasil pencarian yang relevan akan diperingkati secara berurutan atau biasa disebut ranking.

Kalian juga dituntut paham menggunakan SEO. SEO terdiri atas dua kategori; onsite SEO, yaitu optimasi situs dari dalam dan berkaitan dengan pengaturan elemen dalam situs seperti pengetikan keyword pada entri situs, pengelolaan sitemap, perbaikan terhadap URL yang error, antisipasi kesalahan pengalihan atau redirect, dan user experience ketika mengunjungi situs. Ada juga offsite SEO, yaitu optimasi situs dari luar seperti dengan melakukan content marketing, promosi, dan relasi publik.

Demikian cara-cara optimasi untuk meningkatkan trafik menggunakan jasa backlink pbn terhadap situs kalian. Semoga bermanfaat, ya!

Posted in Blog by Oktaria Putri at January 30th, 2020.