Melirik Peluang Usaha Menjadi Content Writer Muda

Menjadi Content Writer Muda

Bicara mengenai peluang usaha, sebagai generasi muda tentunya kita harus lebih peka mengenai apa yang sedang dibutuhkan di sekitar kita. Tidak melulu berfokus pada pekerjaan dibalik meja, terkadang hal paling simpel yang kita lihat di internet juga bisa menjadi peluang usaha, namun sering luput dari perhatian. Tebak apa itu? Artikel! Apa kamu pernah berpikir tentang betapa banyaknya artikel yang setiap hari dipublikasikan di internet? Melalui judul artikel yang persuasif, masyarakat setiap hari dicekoki berbagai pemberitaan tentang banyak hal, mulai dari berita kriminal, gosip artis, tutorial, dan masih banyak lagi. Nah, sudah lihat peluangnya disini, bukan?

Peluang Usaha Menjadi Content Writer

Anak-anak muda biasanya tertarik dengan kegiatan yang anti-mainstream dan ‘berbeda’, terutama yang berhubungan dengan bisnis online. Dunia content writing atau penulisan artikel, salah satunya. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan saat ini yang menjadikan jasa penulis artikel sebagai salah satu aspek penting dalam dunia bisnis. Namun ada juga yang masih mengandalkan jasa Freelance penulisan artikel. Hal ini membuka peluang yang menjanjikan bagi kawula muda untuk mendapatkan uang dan penghasilan tambahan.

Pangsa Pasar Penulis Artikel

Sebagai Content Writer, tentu kita membutuhkan klien sebagai pihak yang akan menggunakan jasa kita dan pastinya membayar artikel yang kita tulis. Beberapa diantaranya adalah Perusahaan, Publisher, dan pemilik online shop. Berikut penjelasannya.

1. Perusahaan

Sebagai dampak dari kemajuan internet, sekarang banyak perusahaan yang berekspansi juga di dunia maya. Mereka membangun website untuk pelayanan secara online sehingga brand mereka bisa semakin terkenal dan menjangkau lebih banyak customer. Oleh karena itulah mereka membutuhkan jasa penulis artikel. Semakin besar perusahaan, tarif yang kamu kenakan juga bisa tinggi.

2. Publisher

Publisher adalah orang yang membangun website dengan tujuan agar website-nya dikunjungi banyak orang. Biasanya mereka hanya menggunakan tema tertentu. Penulis artikel umumnya diminta untuk menulis artikel dengan kriteria tema dan jumlah kata yang publisher inginkan. Banyaknya publisher di Indonesia telah membuka peluang besar jasa content writing di negeri ini.

3. Online Shop

Seperti yang kita tahu, online shop berbasis di dunia maya. Umumnya mereka memasarkan produknya melalui website. Nah, untuk menarik lebih banyak mata agar mengunjungi website-nya, online shop harus melakukan optimasi. Butuh banyak artikel dan serangkaian kriteria agar sebuah website bisa muncul di halaman pertama Google. Oleh karena itulah, menyerahkan urusan artikel ini pada yang lebih ahli adalah langkah yang tepat dan biasanya diambil pemilik online shop.

Kemampuan yang diperlukan Penulis Artikel

Menjadi seorang Content Writer  atau penulis artikel seringkali dianggap sepele bagi sebagian orang. Memang semua orang bisa menulis artikel, tapi jarang yang bisa membuat artikel menarik. Maka dari itu untuk memulai pekerjaan ini, seseorang harus memiliki beberapa kemampuan dasar berikut ini agar bisa menulis artikel yang berkualitas.

1. Dapat Mengetik Cepat

Ada saatnya kamu akan menerima banyak pesanan artikel dengan deadline yang singkat. Sebagai penulis artikel profesional, kamu harus dapat berpikir cepat dan mengetik dengan 10 jari. Skill ini sangat dasar namun berpengaruh dalam bisnis online yang satu ini.

2. Memiliki Pengetahuan Optimasi SEO

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang dapat membuat website klien berada di halaman pertama Google. Oleh karena itu kamu perlu menyesuaikan artikel dengan ketentuan optimasi mesin pencarian (SEO). Hal itu juga dikarenakan pangsa pasarmu adalah pebisnis online yang otomatis juga bersaing dengan pebisnis online lainnya.

3. Bisa Copywriting

Pada dasarnya jasa copywriting adalah kemampuan untuk menulis artikel yang sifatnya persuasif dan bisa menarik banyak minat orang untuk membacanya. Ini bukan sesuatu yang bisa dimiliki secara instan. Banyak-banyaklah berlatih dan menerima pesanan dari klien agar kamu terbiasa menulis artikel yang menarik.

Posted in JASA by Oktaria Putri at February 20th, 2020.