Macam-macam Bahan Untuk Cetak Banner yang Wajib Diketahui!

Bahan Untuk Cetak Banner

Banner atau spanduk menjadi salah satu hal yang wajib hadir di suatu event, bukan hanya event tertentu saja, tapi banner juga cocok untuk dijadikan sebagai media promosi yang dipasang di berbagai jalan. Mengingat pemasangannya yang lebih sering berada di luar ruangan, tentu bahan yang digunakan tidak boleh asal-asalan. Keliru memilih bahan saja, akibatnya bisa fatal lho! Lalu apakah Anda sudah mengenali semua macam bahan untuk cetak banner yang ada? Nah berikut informasi mengenai berbagai bahan untuk mencetak banner.

Macam-macam Bahan untuk Cetak Banner

Bahan Untuk Cetak Banner

Ada banyak variasi dalam urusan bahan cetak banner, berikut ini adalah salah satunya:

1. Flexy China

Jenis bahan ini memiliki tekstur yang agak tipis, berserat, dan juga kasar. Dikenal memiliki kualitas yang cukup baik dan juga ketahanan yang memadai, bahan ini biasanya dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau.

Lebih spesifiknya, bahan ini biasanya digunakan untuk mencetak kebutuhan spanduk yang akan dipasang di luar ruangan. Meski dikenal memiliki ketahanan yang cukup bagus, kekuatan bahan jenis ini akan semakin berkurang jika diletakkan secara outdoor dalam waktu yang cukup lama. Sebut saja bahannya yang mulai retak dan menjadi serbuk, serta tinta printing yang mulai memudar. Untuk alasan tersebut, jenis bahan ini biasanya hanya akan digunakan untuk event outdoor jangka pendek.

Tingkat gramasi yang ditawarkan bahan ini pun cukup bervariasi, yakni 260 gram, 280 gram, dan juga 340 gram. Umumnya, jenis bahan tersebut akan digunakan untuk pembuatan x-banner, y-banner, dan roll up banner.

2. Albatros

Karakteristik dari tekstur yang dimiliki oleh bahan Albatros adalah halus dan lembut, sehingga akan sangat cocok jika dicetak untuk media indoor seperti roll up banner, x banner ataupun poster. Bahan yang satu ini pun dapat digunakan untuk mencetak foto dengan ukuran relatif besar tanpa membuat tampilannya menjadi pecah ataupun norak. Tapi tetap saja, kualitas dari foto yang akan dicetak juga harus bagus agar hasilnya pun memuaskan.

3. Luster

Untuk tekstur dari bahan yang satu ini ialah agak kasar, tipis dan glossy alias mengkilap. Permukaan pori-pori yang dimilikinya bisa dibilang kurang halus. Nah, Bahan ini akan sangat cocok jika dipilih untuk mencetak media indoor seperti roll up banner dan x-banner. Sebagai tambahan informasi saja, jika Anda memilih bahan ini untuk mencetak banner, janganlah melakukan laminating, sebab jenis bahan ini memang sudah memiliki permukaan yang mengkilap dan bila laminating tidak bisa kerja secara maksimal pada jenis bahan ini karena kurangnya daya rekat yang dimiliki.

4. Flexy Jerman

Berbeda dengan bahan flexy China, Flexy Jerman dikenal memiliki kualitas di atas flexy china. Jadi, kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti bagus! Jenis bahan yang satu ini memiliki tekstur yang lumayan kasar tapi masih cukup halus serta memiliki ketebalan yang cukup memadai. Sayangnya, jenis bahan ini tidak selalu tersedia karena harganya yang dibanderol cukup tinggi. Untuk urusan gramasi, Flexy jerman memiliki gramasi di kisaran antara 230 – 400 gram dan umumnya akan digunakan untuk mencetak spanduk yang benar – benar akan dipasang dalam jangka waktu yang relatif lama diluar ruangan.

Itulah beberapa macam bahan untuk keperluan cetak banner yang wajib untuk Kita kenali. Bagaimana menurut Anda? Sudah terpikirkan akan menggunakan bahan yang mana? Ingat! Sesuaikan bahan yang akan digunakan dengan kebutuhan event di tali id card Jangan sampai salah ya!

Posted in PERCETAKAN by Oktaria Putri at January 15th, 2020.