nurhuda zakaria

Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Situs E-commerce di Indonesia dan di luar negeri

E-commerce

 

situs E-commerce Indonesia

Salah satu situs E-commerce di Indonesia yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah kaskus. Pada Kaskus Jual beli merupakan Forum tempat para pengguna Kaskus yang ingin melakukan transaksi jual atau beli suatu barang atau jasa yang mereka inginkan. Forum ini merupakan salah satu forum utama Kaskus, bisa dilihat dari banyaknya sub-forum yang terdapat di forum ini. Barang atau jasa yang dijual di forum ini sangat beragam, mulai dari aksesoris yang seharga Rp. 20.000. hingga kendaraan dan property yang  hingga seharga Rp 1.000.000.000.

 

situs E-commerce di Indonesia yang cukup terkenal lainnya adalah Tokobagus.com, merupakan sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa yang mereka inginkan. Selain itu Tokobagus sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Dalam pemasangan iklan di Tokobagus tidak dipungut biaya atau gratis untuk suatu periode yang tak tentu.

Untuk melakukan sebuah bisnis memang dibutuhkan situs seperti ini yang membantu kita dalam memasarkan sebuah produk barang atau jasa yang kita jual,karena Tokobagus ini merupakan situs jual beli yang sangat popular di Indonesia, yang diperkirakan mempunyai 100.000 pengunjung setiap hari.

 

indonetwork.co.id adalah situs yang membantu anda menjadi seorang pembisnis. Pada situs ini Anda bisa bergabung sebagai anggota. Sebagai anggota anda dapat mengakses informasi bisnis disitus ini. Situs ini menampilkan informasi perusahaan,produk & penawaran anda. Anda seperti mempunyai perusahaan online sendiri dengan menggunakan layanan dari website ini. Karena kita bisa memasukkan segala data dan informasi ataupun barang yang akan kita jual di pasaran di website yang kita buat di sini.Indonetwork.co.id bukan hanya dikenal dalam lingkup nasional. Tapi juga sampai ke mancanegara. Ada ratusan ribu member yang bergabung di sana. Jika bisnis anda berorientasi pada business to business, tentu selain visitor, member dari indonetwork.co.id pun menjadi calon pelanggan anda juga, karena setiap perusahaan pasti butuh supplier juga.

Tentu saja jika anda menjadi anggota, anda juga akan mendapatkan fasilitas khusus. Seorang anggota dapat mempunyai situs perusahaan sendiri (ex: namaperusahaan.indonetwork.co.id). Situs anda tersebut dengan sendirinya akan dikenal secara luas karena situs anda secara otomatis terdaftar di dalam direktori. Sebagai anggota anda dapat menampilkan profil perusahaan anda. Dan yang paling penting adalah anda dapat menerima informasi perdagangan terbaru sesuai dengan bisnis anda.

 

Pada situs ini berniaga.com berfungsi mempertemukan pembeli dan penjual agar bisa berhubungan dengan mudah Berniaga.com mempertemukan penjual dan pembeli agar mendapatkan penawaran terbaik dengan cara yang mudah dan aman.

Situs ini tidak lebih dengan situs jual beli lainnya yang bergerak dalam bidang jual beli online dan pemasangan iklan yang gratis yang dapat diakses diarimanapun dan kapanpun. Kelebihan pada situs ini terletak pada fasilitas yang diberikannya yaitu menjaga dan melindungi seluruh pengunjung situs agar terhindar dari penipuan. Fasilitas keamanan yang kami siapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang masuk agar iklan yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online.

 

Bhinneka.com merupakan situs E-commerce yang lebih berfokus pada penggemar teknologi yang ingin mengtahui informasi perkembangan teknologi saat ini, Bhinneka.com memang sudah dikenal luas di kalangan pemburu komputer dunia maya. Mereka umumnya berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Makassar. Setiap harinya jumlah pengunjung website ini rata-rata mencapai 50 ribu visitor per hari. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak muda, para penggemar internet

Pada situs ini mengakui keamanan transaksi lewat internet di Indonesia memang masih diragukan. Bukan hanya buat konsumen, pedagang juga dirugikan. masih belum adanya perlindungan dan keamanan yang cukup baik pada sebuah transaksi antra penjual dan pembeli.

 

 

contoh situs E-commerce di luar negeri

Di luar negri ada situs E-commerce  yang sangat terkenal yaitu Amzon (www.amazon.com) amazon merupakan Toko online seperti halnya toko-toko biasa di offline, yang menjual berbagai macam barang yang diklasifikasikan dalam bermacam-macam kategori produk. Amazon.com adalah Toko Online yang terbesar di Amerika.

Transaksi pembayaran dapat dilakukan melalui bank transfer, ATM, atau rekening di internet seperti halnya e-gold atau PayPal. Peluang usaha Toko Online adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Toko online yang saya maksud adalah website yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Produk bisa berupa barang atau jasa.

Perkembangan toko online sudah semakin marak, di dukung oleh infrastruktur internet yang mulai menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia, kemudahan system pembayaran online dan tingkat kepercayaan masyarakat akan transaksi jual beli melalui internet yang semakin tinggi. Tidak perlu dipungkiri lagi Amazon.com adalah salah pionir eCommerce. Amazon.com memungkinkan kita untuk membeli produk apa saja dengan mudah dengan berbagai fasilitasnya

Satu lagi Situs E-commerce yang di luar negri yang cukup terkenal yaitu eBay.com Pada dasarnya eBay.com sama seperti amazom.com dimana merupakan situs penyedia layanan yang menawarkan dan menjual suatu produk/ jasa atau dengan istilah kita adalah merupakanToko Online.

Kelebihannya terletak di ebay strore adalah dimana konsumen atau pengunjung dapat langsung memesan order tanpa harus melakukan proses bidding atau pesanan karena barang tersediakan dan selalu ready stock. Dan satu lagi di ebay store kita tidak bisa tawar-menawar karena semua barang disana merupakan harga mati alias harga pas. Ini menyebabkan selama bertahun-tahun situs ebay.com menjadi barometer harga yang memberikan pandangan tentang apa yang menjadi objek keinginan setiap konsumen di seluruh dunia.

Disitus eBay.com selain membeli sebuah barang kita pun dapat juga mejual barang atau sebagai seorang seller, caranya kita harus menjadi angota eBay terdahulu dan mendapatkan accounteBay. Setelah itu barulah kita mengisi Form yang telah disediakan.

UTS E-commerce genap 2011/2012

to :

pak nanang suryadi,

pak nanang suryadi ,

pak yusuf risanto

sumber :

http://id.wikipedia.org/

http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=25

http://www.tokobagus.com/

http://www.berniaga.com/

http://indonetwork.co.id/

http://www.bhinneka.com/aspx/bhindexpc.aspx

http://www.amazon.com/

http://www.ebay.com/

 

Jurnal sciencedirect E-commerce

Download jurnal sciencedirect E-commerce disini :

The-influence-of-the-commercial-features-of-the-Internet-on-the-adoption1

The-importance-of-language-familiarity-in-global-business-e-negotiation

The-effects-of-consumer-knowledge-on-message-processing

The-adoption-of-eCommerce-communications-and-applications1

Rule-based-personalized-comparison-shopping-including-delivery-cost1

Predicting-consumer-intentions-to-shop-online-An-empirical-test

Business-and-data-analytics-New-innovations-for-the-management-of-e-commerce

Bargaining-strategy-formulation-with-CRM-for-an-e-commerce-agent1

A-traceable-E-cash-transfer-system-against-blackmail-via-subliminal-channel

An-analysis-of-the-importance-of-the-long-tail-in-search-engine-marketing1

A-comparative-analysis-of-online-grocery-pricing-in-Singapore

 

UTS E-commerce genap 2011/2012

to :

pak nanang suryadi,

pak nanang suryadi ,

pak yusuf risanto

sumber : ScienceDirect

http://ac.els-cdn.com/S1567422309000374/1-s2.0-S1567422309000374-main.pdf?_tid=a3edc148b66f888b3b3fedb7db208d8d&acdnat=1335329137_ad2db32084b99c9f0872c5bb2f2f495d

http://ac.els-cdn.com/S1567422309000295/1-s2.0-S1567422309000295-main.pdf?_tid=7ec600a19508591666f878a617442742&acdnat=1335329134_ac6cff437652c17e145d94db529724ff

http://ac.els-cdn.com/S1567422311000391/1-s2.0-S1567422311000391-main.pdf?_tid=6739092c3424ea8570bad3ac36eda812&acdnat=1335329012_cb318ed893b73d66acd2974dbeadeace

http://ac.els-cdn.com/S1567422311000251/1-s2.0-S1567422311000251-main.pdf?_tid=b73793ec0fe52204f25562d0b91bcb7d&acdnat=1335329016_07978d2f19440b17d178561554227122

http://ac.els-cdn.com/S156742231100041X/1-s2.0-S156742231100041X-main.pdf?_tid=198862abc70e0e5bd6f61133cd7df84f&acdnat=1335329008_735875fe250cf61192eb082b8b8b14f0

http://ac.els-cdn.com/S1567422311000512/1-s2.0-S1567422311000512-main.pdf?_tid=3c85a940bd76f807ec25e9ef58eda260&acdnat=1335329005_088ab4ecfe86ef57f546eeffbfb31d1f

http://ac.els-cdn.com/S1567422311000354/1-s2.0-S1567422311000354-main.pdf?_tid=701adeb584584c6f6218e2e7aeca374a&acdnat=1335328921_59da228754ce538ef5aad8d20d25e38a

http://ac.els-cdn.com/S1567422311001037/1-s2.0-S1567422311001037-main.pdf?_tid=1694dd19528ccd437d9e6a7874667d23&acdnat=1335328911_e0e0a83f4676b3e88c6d59774a0fc1b4

http://ac.els-cdn.com/S156742231100069X/1-s2.0-S156742231100069X-main.pdf?_tid=157410ec4a66cddf92877a6cc5a2d289&acdnat=1335328905_8e9768cdb3074ba16a33bcefb7b636d0

http://ac.els-cdn.com/S1567422311000366/1-s2.0-S1567422311000366-main.pdf?_tid=2fecc9bb84448895292ceab15649aef2&acdnat=1335328836_f3168f5ab9c52e5cf4528ce37f253520

http://ac.els-cdn.com/S1567422312000051/1-s2.0-S1567422312000051-main.pdf?_tid=e8d97fd1590f39231a17da9fc912517b&acdnat=1335328830_9bfb3e356408ad23de43f1447c16d87e

http://ac.els-cdn.com/S1320164697702612/1-s2.0-S1320164697702612-main.pdf?_tid=9973a4e1f42d0093efd986960bd5d8eb&acdnat=1335328572_fa11f453006ebe931fe57d6e8abe49f5

http://ac.els-cdn.com/S1320164697702557/1-s2.0-S1320164697702557-main.pdf?_tid=036e2d8d60383e8e967a2eb6ea002186&acdnat=1335328397_d01599e49523d0c442d32ce1e4785d3e

Manual WordPress dan Joomela untuk E-commerce

tugas E-commerce

oleh Nurhuda zakaria (0910223090)

silahkan download file pdf MANUAL WORDPRES DAN JOMMLA UNTUK E-COMMERCE

dosen pembimbing : Pak Nanang 1Website Pak Nanang 2Blog Pak Nanang..

sumber : Manual wordpress dan Joomla

 

Analisis Iklan pada Radio, Televisi dan Internet

tugas marketing communication

oleh Nurhuda zakaria (0910223090)

1.   Dengarkan 3 stasiun radio dalam 1 hari, produk apa saja yang sering muncul dalam 1 hari dan siapa segmen dan targetnya?

KALIMAYA BASKARA FM – Malang

  • iklan Pajak
  • PT pharos ( produk obat dan suplemen)
  • Gramadia ( Pusat buku )

Segmentasi dan target pada Iklan Radio Kalimaya baskara FM adalah lebih ke semua kalangan masyarakat kota malang, dapat diketahui dari iklan Pajak disitu iklan mengajak masyarakat untuk disipilin dalam membayaer pajak dan sedangkan iklan PT Pharos dan Gramedia lebih berfokus pada produk untuk semua kalangan mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa, hal tersebut dapat dilihat dari PT Pharos yang berorientasi pada produk obat sedangkan Gramedia yang merupkan pusat penjualan buku yang dibutuhkan oleh semua kalangan selain itu untuk menarik konsumen iklan ini lebih sering muncul atau tayang pada pada Radio Kalimaya Baskara FM

WARNA FM – Padang

  • XL ( Menawarakan penambahan application Java baru pada perdana XL baru)
  • AA Catring ( jasa penyediaan makanan untuk berbagai acara )
  • UD Motor Maju Jaya ( showroom motor bekas)

Segmentasi dan target iklan pada radio Warna FM ini ditujukan untuk semua kalangan, hal ini dapat dilihat dari iklan XL yang berfokus pada semua pengguna XL dapat menikmati penambahan application baru yang memudahkan mereka untuk online, AA Catring ini juga berfokus pada semua kalangan yang membutuhkan jasa penyediaan makanan untuk berbagai acara dan sedangakan UD Motor Maju jaya merupakan showroom sepeda motor bekas yang melayani jual beli kendaraan dan dapat melakukan kridit disini UD motor Maju Jaya berfokus pada kalangan menengah bawah yang benar-benar menginginkan kendaraan namun tidak cukup dana. 3 iklan tersebut lebih sering tayang dari iklan-iklan lainnya.

KDS 8 FM – Malang

  • Sari jahe Keraton.
  • Cap Dewi Bulan (Obat gosok semprot untuk masuk angin)
  • Antangin JRG

Segmentasi dan target iklan pada radio KDS 8 FM ini lebih berfokus pada para remaja hingga orang dewasa, dapat kita lihat dari iklan pada Sari jahe kraton,cap Dewi Bulan dan Antangin JRG yang sudah jelas hanya dapat dikonsumsi bagi kalangan remaja hingga dewasa saja.

2.   Amati banner Kompas.com dan Detik.com, brand apa saja yang sering muncul?

Pada kompas.com dan detik.com banner iklan yang sering muncul adalah blibli.com, pada iklan Garuda dan Bank BCA dimana iklan garuda memberikan diskon untuk daerah tertentu dan rute perjalanan baru sedangkan Bank BCA hanya menampilkan logo dan selogan.

Pendapat anda bagaimana efektifitas iklan tersebiut?

Efektifitas pemasaran melalui iklan pada Kompas.com dan Detik.com sangatlah efektif karena di era maju dan modern ini, semakin banyak penggunaan media internet untuk mencari berita dan segala informasi yang terbaru, dan selain itu kemunculan ipad dan tablet PC menambah kemudahan untuk mengakses internet yang didalamnya terdapat aplikasi detik.com dan kompas.com yang pasti lebih praktis dari kedua situs tersebut semua kategori berita mulai berita dalam negri hingga berita luar negri, mulai berita olah raga hingga politik semua disajikan secara up date, sehingga dapat disimpulkan bahwa periklanan suatu produk melalui media kedua website ini sangatlah efektif dan efesien.

3.         Tonton iklan tv 06.00 – 07.00 dan 18.00 – 20.00, iklan apa saja yang muncul?

Iklan yang sering muncul pada stasiun  GLOBAL TV pada pukul 06.00 – 07.00 tersebut ialah:

  • So nice
  • Aqua
  • Frutkuat
  • Biskuat
  • Bebelac

Iklan yang sering muncul pada stasiun GLOBAL TV pada pukul 18.00 – 20.00 tersebut adalah:

  • Aqua
  • pepsodent
  • Poud’s
  • SGM (susu bayi)
  • lifeboy

Apa pertimbangan yang melandasi penayangan iklan tersebut pada jam itu?

Pada pukul 06.00 – 08.00 pertimbangan yang melandasi penayangan iklan pada pukul tersebut adalah pada jam tersebut merupakan jam waktu menayangkan serial anak-anak diamana anak-anak lebih sering menyaksikan pada waktu tersebut dan banyak produsen produk anak-anak yang mengambil penyangan pada jam-jam tersebut

Pada pukul 18.00 – 20.00 pertimbangan yang melandasi penayangan iklan pada pukul tersebut yaitu rating para penonton TV pada jam tersebut mencapai reting tertinggi dengan jumlah terbanyak dan berasal dari semua kalangan, hal ini dikarenakan jam istirahat dan jam berkumpul bagi orang Indonesia baik bersama keluarga atau teman adalah pada jam tersebut, dimana sebagian besar dari mereka banyak yang mengaktifkan TV sebagai tempat untuk menghilangkan penat pada aktifitas seharian dan teman berkumpul mereka sehingga pada jam tersebut hampir semua iklan yang muncul memiliki segmentasi untuk semua kalangan mulai bayi, remaja, ibu hamil, wanita karier, dll, dan hal inilah yang dirasa tepat bagi perusahaan untuk mempromosikan iklan produknya pada jam tersebut karena dinilai akan lebih tepat sasaran dalam periklanan untuk mempromosikan produknya ke konsumen dan produk yang menawarkan pada jam tersebut harus membayar lebih banyak dibanding jam-jam lainnya.

dosen pembimbing : Nanang suryadi

sumber:

detik.com dan kompas.com

GUIDELINE WEBMASTER YAHOO

tugas E-commerce

oleh Nurhuda zakaria (0910223090)

 

Bing merupakan evolusi dalam ruang mesin pencari. Dengan desain yang inovatif, antarmuka pengguna baru (UI) membawa kedalaman baru dan peluang untuk pencari, mereka sekarang dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari ketika mereka mencari di Internet. Baru UI fitur, seperti Quick Tabs, Penelusuran Terkait, dan Preview Dokumen (untuk nama hanya beberapa), informasi permukaan lebih banyak dan lebih banyak kesempatan sekarang untuk menemukan apa yang pencari ingin tahu sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih lebih cepat. Akibatnya, kami menjelaskan Bing sebagai mesin keputusan. (Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur UI baru di Bing, lihat Bing Webmaster Pusat posting blog, Bing kertas putih untuk webmaster & penerbit dirilis.)

Prinsip Bing SEO
SEO pada dasarnya adalah tentang membuat website yang baik untuk orang. Saran yang paling dasar yang dapat kita berikan untuk mencapai peringkat yang optimal untuk situs di Bing adalah dengan melakukan hal berikut:

  • Mengembangkan besar, konten asli (termasuk kata kunci baik dilaksanakan) diarahkan audiens
  • Gunakan baik architected kode dalam halaman web (termasuk gambar dan peta situs) sehingga pengguna web ‘browser dan crawler mesin pencari dapat membaca konten yang akan diindeks)
  • Dapatkan beberapa, berkualitas tinggi, inbound link otoritatif
    Seperti yang terlihat dengan link, banyak dari bahan ini telah dibahas secara mendalam dalam blog Pusat Webmaster di tim kami yang berkelanjutan, pemasaran pencarian mesin kolom (SEM).

Untuk mengikuti informasi terbaru dan terbesar datang dari tim Webmaster Bing Pusat, disarankan untuk mengikuti dan meninjau konten berikut:

  • Review pedoman resmi Bing untuk dokumen pengindeksan sukses untuk rekomendasi berbagai masalah teknis dan konten serta masalah yang diketahui yang dapat mempengaruhi peringkat situs
  • Kunjungi blog Pusat Webmaster untuk mengikuti informasi terbaru dari tim (bahkan dapat berlangganan RSS Feed blog kita untuk mengotomatisasi proses ini)
  • Daftarkan semua website dengan Bing Webmaster Pusat alat, di mana dapat menggunakan alat untuk melihat segala macam data ke website yang berhubungan dengan webmaster
  • Berpartisipasi dalam forum Webmaster Pusat pengguna menampilkan peta dan memberikan kami umpan balik

dosen pembimbing : Nanang suryadi

sumber :  yahoo.com

GUIDELINE WEBMASTER GOOGLE

tugas E-commerce

oleh Nurhud zakaria (0910223090)

Desain dan isi pedoman

Setelah pedoman ini akan membantu Google menemukan, indeks, dan peringkat situs Anda. Bahkan jika Anda memilih untuk tidak menerapkan saran ini, kami sangat menganjurkan Anda untuk membayar perhatian yang sangat dekat dengan “Panduan Kualitas”, yang menguraikan beberapa praktik terlarang yang dapat menyebabkan sebuah situs yang dihapus sepenuhnya dari indeks Google atau dipengaruhi oleh tindakan spam yang algoritmik atau manual. Jika situs telah terpengaruh oleh tindakan spam, mungkin tidak lagi muncul pada hasil di Google.com atau di salah satu situs mitra Google.

Bila situs Anda sudah siap, maka:

• Submit ke Google di http://www.google.com/submityourcontent/.

• Kirim Sitemap menggunakan Google Webmaster Tools. Google menggunakan peta situs Anda untuk mempelajari tentang struktur situs Anda dan untuk memperluas cakupan kami dari halaman Web Anda.

• Pastikan semua situs yang harus tahu tentang halaman Anda sadar situs Anda online.

 

  • Buat situs dengan hirarki yang jelas dan teks link.
  •  Tawarkan peta situs kepada pengguna dengan link yang menunjuk ke bagian penting dari situs.
  • Jauhkan link pada halaman tertentu ke nomor yang wajar.
  • Informasi situs dan penulisan halaman yang secara jelas dan akurat tentang penjelasan konten.
  • Pergunakan kata untuk ditemukan pada halaman, dan pastikan bahwa situs benar-benar termasuk kata-kata di dalamnya.
  • Cobalah untuk menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat dalam gambar. Jika harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan”ALT” atribut untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.
  • Pastikan bahwa  <title> elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.
  • Periksa link yang rusak dan HTML yang benar.
  • Jika memutuskan untuk menggunakan halaman dinamis (misalnya URL berisikarakter “?”), Diketahui bahwa tidak setiap  mesin pencari mencari halaman dinamis sebaik halaman statis.
  • Meninjau praktek yang direkomendasikan terbaik kami untuk gambar dan video.

 

Petunjuk teknis

  • Gunakan browser teks seperti Lynx untuk memeriksa situs, karena kebanyakan search engine melihat situs seperti Lynx.
  • Izinkan bot pencarian untuk merayapi situs tanpa ID sesi atau argumen yang melacak jalur mereka melalui situs.
  • Pastikan server web mendukung If-Modified-Since HTTP header.
  • Memanfaatkan file robots.txt pada server Web.
  • Melakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari.
  • Gunakan robots.txt untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian atau otomatis dihasilkan halaman yang tidak menambah nilai lebih bagi pengguna yang datang dari search engine.
  • Uji situs untuk memastikan bahwa itu muncul dengan benar di browser yang berbeda.
  • Memantau performa situs dan mengoptimalkan beban kali.

Kualitas pedoman

  • Pedoman ini mencakup kualitas bentuk yang paling umum dari perilaku menipu atau manipulatif, namun Google akan merespon negatif praktik menyesatkan lain yang tidak tercantum di sini (misalnya menipu pengguna dengan mendaftarkan salah eja terkenal website).
  •  Jika yakin bahwa situs lain yang menyalahgunakan panduan kualitas Google, silahkan melaporkan bahwa situs di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport.

 

 Kualitas pedoman – prinsip dasar

  • Membuat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  •  Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.
  • Jangan berpartisipasi dalam skema link yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs atau PageRank.

 

dosen pembimbing : Nanang suryadi

sumber : google.com

 

Iklan yang endersornya kredibel dan tidak kredibel

Tugas Marketing communication

oleh Nurhuda zakaria (0910223090)

  1. Contoh iklan yang endersornya tidak kredibel ?
  2. Contoh iklan yang endorsernya kredibel ?

 

1. Contoh iklan tidak kredibel

YouTube Preview Image

Kredibilitas mengacu pada sejauh mana sumber dipandang memiliki keahlian dan dipercaya, Mowen dan Minor ( 2002 : 402). Menurut Sutisna (2002 : 271), kredibilitas adalah keahlian dan kepercayaan konsumen kepada sumber pesan.

Contoh iklan ambassador tidak kredibel yaitu pada iklan TV Lampu Shinyoku versi Romy Rafael yang pelanggaran EPI dan ditemukan adalah penayangan pernyataan superlatif di dalam iklan tersebut berupa pernyataan  “paling terang, paling hemat, dan paling kuat.” Pernyataan superlatif di dalam iklan melanggar EPI (Etika Pariwara Indonesia) BAB IIIA No. 1.2.2 yang menyatakan bahwa: ” Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, “top, atau kata-kata berawalan “ter” dan atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan dengan pernyataan tertulis dan otoritas terkait atau sumber yang otentik.” Dan seharusnya dalam Iklan dan pelaku periklanan harus Jujur, benar, dan bertanggungjawab,Bersaing secara sehat dan Melindungi dan menghargai khalayak, tidak merendahkan agama, budaya, negara, dan golongan, serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Hal yang disebutkan sebagai jujur dan benar serta bertanggung jawab adalah apa yang dikatakan pada iklan tersebut adalah jujur serta sesuai dengan kondisi yang benar – benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan sesudahnya. Hal yang dimaksud dengan Bersaing secara sehat adalah tidak menyinggung produk kompetitor ataupun produk lain non kompetito.

Kita tau Romy Rafael adalah seorang ahli dan praktisi hipnotis asal Indonesia namun dengan kasus ini Romy Rafael harus lebih berhati – hati lagi dalam menerima tawaran iklan karena dari kasus ini image dia sebagai  ahli dan praktisi hipnotis dapat tercemar.

 

2. Contoh iklan kredibel

YouTube Preview Image

Contoh iklan ambassador kredibel yaitu Shampoo Clear Men yang merupakan salah satu produk shampoo dari PT. Unilever Indonesia, Tbk adalah produk yang diformulasikan khusus untuk pria. Dengan kemasan premium dan parfum maskulin, Shampoo Clear Men hadir dalam 2 varian, yaitu ActivSport dan Hairfall Decrease. Keberadaan produk ini mampu memenuhi kebutuhan pria yang semakin menyadari pentingnya merawat diri dan memperhatikan penampilan mereka. Shampoo Clear Men sebagai shampoonya para pria mengajak para pria untuk selalu menjaga penampilan mereka dengan rambut bersih terawat tak berketombe, agar percaya diri, sehingga mereka dapat tampil lebih menarik saat melakukan aktivitas sehari-hari dan dengan percaya diri untuk berdekatan dengan wanita yang disukai.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, yang akrab dikenal dengan nama Cristiano Ronaldo dipilih oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk sebagai selebriti pendukungnya. Pemilihan ini mempertegas kembali segmentasi dari Clear Men Shampoo yaitu para pria. Cristiano Ronaldo merupakan pesepakbola kelas dunia yang dipercayai memiliki karakteristik seorang marketing endorser. Hal ini dibuktikan dengan atribut yang dimiliki oleh Cristiano Ronaldo yaitu Image yang baik dikalangan para pria, memiliki penampilan yang menarik, wajah yang tampan, kemampuan bermain bola yang sangat mengagumkan, karismatik dan sangat populer.

 

Teori para Ahli

Product endorser adalah orang yang menyampaikan pesan iklan atau menganjurkan untuk membeli suatu produk, yang terdiri dari dua tipe yaitu selebriti dan orang biasa. Selebriti sebagai product endorser sering disebut dengan marketing endorser.

  • Menurut Ohanian dalam Royan (2004:8), terdapat tiga faktor yang ada pada selebriti yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli, antara lain daya tarik fisik (attractiveness), adanya keahlian (expertise), dan dapat dipercaya (trustworthiness).

Kita tau Cristiano Ronaldo yaitu Image yang baik dikalangan para pria, memiliki penampilan yang menarik, wajah yang tampan, kemampuan bermain bola yang sangat mengagumkan, karismatik dan sangat populer hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

 

  • Menurut Kotler dalam Royan (2004:8), seorang selebriti yang sangat berpengaruh disebabkan memiliki kredibilitas yang didukung faktor keahlian, sifat dapat dipercaya dan adanya kesukaan.

 

  • Kotler dan Armstrong (2003:224) menyatakan bahwasanya keputusan pembelian merupakan hasil dari suatu proses yang terdiri dari lima tahapan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian.

 

Karakteristik Endorser Cristiano Ronaldo pada Shampoo Clear Men

Terdapat sejumlah karakteristik yang memepengaruhi kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain dan akan menentukan efektivitas pesan yang akan disampaikannya. Karakteristik yang harus dimiliki oleh sumber pesan, dalam hal ini selebrti antara lain sebagai berikut :

 

  • Attractiveness

Menurut Rossiter dan Percy dalam Royan (2004:18), attractiveness adalah daya tarik selebriti yang terdiri dari tingkat kesukaan masyarakat (likeability) dan tingkat kesamaan dengan personality yang diinginkan konsumen (similarity), dimana keduanya tidak bisa dipisahkan dan harus saling berdampingan. Daya tarik selebriti meliputi keramahan, menyenangkan secara personal, fisik dan pekerjaan sebagai beberapa dari dimensi penting dari konsep daya tarik (Shimp, 2003:461).

  • Trustworthiness

Trustworthiness atau kepercayaan mengacu pada kejujuran, integritas (kesesuaian atau kemampuan yang menggambarkan kewibawaan) dan dapat dipercayainya seorang pendukung (Shimp, 2003:470). Trustworthiness juga menyangkut seberapa besar kepercayaan masyarakat terhadap endorser yang dapat mempengaruhi brand awarness yang akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

  • Expertise

Menyangkut keahlian yaitu pengetahuan selebriti tentang produk yang diiklankan dan objektivitas yaitu kemampuan selebriti memberi keyakinan dan percaya diri pada konsumen tentang suatu produk (Royan, 2004:8).

  • Keputusan pembelian

Keputusan pembelian yaitu kegiatan konsumen memilih suatu produk/jasa dalam melakukan keputusan pembelian Shampoo Clear Men. Indikatornya adalah sesuai dengan kebutuhan, informasi yang jelas, memiliki kelebihan merek, dan melakukan pembelian ulang karena puas.

dosen pembimbing : Nanang Suryadi

sumber :

http://katalogonline.ibii.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10243

http://www.kpi.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1835%3Atiga-iklan-tv-melanggar-etika-pariwara-indonesia&catid=14%3Adalam-negeri-umum&lang=id

http://bahankuliahikomunand.files.wordpress.com/…/kelp-4-tambahan.pp

Promo indonesia : Latihan SEO

Kontes SEO Alfmart

Kontes SEO Cari Kredit

Artikel Kontes SEO: Informasi Kredit Terbaik di Indonesia 

Iklan yang tidak etis dan tidak Ber-Etika

Tugas Marketing communication

oleh Nurhuda zakaria (0910223090)

  • Temukaan iklan yang tidak etis, jelaskan ?
PPPI : Iklan Lifebuoy Langgar Aturan

 

Wednesday, 12 January 2011 14:48
Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) menilai Iklan Lifebuoy versi “Mother Holding Child” melanggar ketentuan dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI). Dalam iklan tersebut, terdapat karakter yang digambarkan seolah-olah sebagai praktisi kesehatan.Seperti diketahui, di dalam EPI diatur bahwa iklan dilarang menggunakan karakter yang seolah-olah ditampilkan sebagai dokter, perawat, farmasis, laboratoris dan pihak-pihak lain yang mewakili profesi kesehatan beserta segala atribut yang berkonotasi dengan profesi kesehatan.Pernyataan ini disampaikan Ketua Badan Pengawas Periklanan PPPI, Ridwan Handoyo dalam forum mediasi antara kantor pengacara Lubis-Santosa & Maulana yang mewakili PT. Reckitt Benckiser dengan sembilan stasiun TV, Selasa, 11 Januari 2011 .

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menerima aduan dari PT. Reckitt Benckiser, produsen sabun Dettol, mengenai iklan sabun Lifebuoy yang dinilai melanggar ketentuan. Irfan Arifin, dari kantor pengacara Lubis-Santosa & Maulana menyampaikan bahwa iklan Lifebuoy tersebut melanggar Keputusan Menteri Kesehatan No. 386/1994 dan Etika Pariwara Indonesia.

Menurut Irfan, walaupun kantornya tidak menampik memiliki kepentingan terkait pengaduan ini karena mewakili produsen pesaing Lifebuoy, namun perlu dicatat bahwa ada kepentingan publik yang lebih luas yaitu pelanggaran Keputusan Menteri Kesehatan yang juga melarang peragaan tenaga kesehatan atau karakter lainnya seolah-olah merepresentasikan profesi tenaga kesehatan.

“Untuk itu, dalam pelanggaran ini, masyarakatlah yang sesungguhnya dirugikan”, kata Irfan dalam forum yang dipimpin oleh Dadang Rahmat Hidayat, Ketua KPI Pusat.

Judhariksawan, Anggota bidang Kelembagaan KPI Pusat menyampaikan apresiasinya kepada pihak pengadu karena jarang sekali kasus-kasus seperti ini diadukan. “Jarang ada kasus seperti ini diadukan, saya apresiasi jika ini atas nama publik. Ada hal normatif yang dilanggar. PPPI mengatakan ini melanggar EPI. tentunya KPI akan mempelajari sebagai bahan apa yang akan kita tempuh untuk langkah selanjutnya, ini akan kita plenokan terlebih dahulu”, kata Judha.

Hal serupa juga disampaikan M. Riyanto, Anggota KPI Pusat yang juga hadir dalam pertemuan ini. “Walaupun PPPI menyatakan iklan ini melanggar EPI namun KPI meminta waktu untuk mengkaji masalah ini. Alasan-alasan dari sisi materil sudah ok, namun dari sisi formil masih harus dipelajari, kami terima kasih atas masukan ini”, kata Riyanto.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor KPI Pusat, dari sembilan stasiun yang diundang yang hadir dalam pertemuan yang dipimpin Dadang Rahmat Hidayat, Ketua KPI Pusat kali ini, adalah Global TV, MNC TV, RCTI, TV One, Trans 7, Trans TV, dan ANTV.

Di akhir pertemuan, Ridwan Handoyo mengingatkan semua pelaku industri iklan bahwa EPI merupakan produk dari Dewan Periklanan Indonesia (DPI). Sedangkan DPI beranggotakan sebelas asosiasi profesi termasuk Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI). Untuk itu, Ridwan meminta semua pihak yang terlibat dalam industri ini untuk menaati ketentuan yang ada dalam EPI.Red/SH

  • Siapa yang menjadi target iklan tersebut ?
  1. Demografi : Laki & perempuan, umur 20 ± 50 tahun, semua jenis pekerjaan,semua tingkat pendidikan, status single ataupun menikah
  2. Geografi : Urban dan Sub Urban
  3. Psikografi : motivasi untuk sehat, gaya hidup modern, mementingkan kesehatan
  4. Behavioral : condong untuk membeli sabun kesehatan daripada jenis sabun yg lain.Karena berpikir bahwa kesehatan no 1
  • Bagaimana cara menentukan target dan positioning dari iklan tersebut ?

STRATEGI POSITIONING

Mempertimbangkan pentingnya peran positioning pada keberhasilan suatu produk, maka terdapat tiga langkah yang perlu dilakukan dalam melakukan positioning (Kotler,2003):

  1. Mengidentifikasi keunggulan – keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan.

Untuk mendapatkan keunggulan bersaing (competitive advantage) maka perusahaan harus melakukan kegiatan diferensiasi atas penawaran kepada konsumen yang berbeda dibandingkan dengan penawaran dari pesaing. Diferensiasi dapat dilakukan melalui inovasi pada bauran pemasaran (marketing mix) seperti atribut produk, harga, saluran distribusi, dan juga aktivitas komunikasi pemasaran.

2.    Memilih salah satu atau lebih keunggulan kompetitif yang dimiliki untuk dikomunikasikan dan diposisikan dalam benak konsumen. Adapun persyaratan suatu keunggulan untuk dapat dipilih dan dikomunikasikan adalah:

  • Sesuatu yang penting bagi konsumen
    • Sesuatu yang khas dan unik
    • Bernilai superior
    • Mudah dikomunikasikan
    • Sesuatu yang baru / pioner
    • Terjangkau (daya beli)
    • Dapat memberikan keuntungan

 

Beberapa persyaratan tersebut diatas perlu diperhatikan dalam usaha untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam positioining seperti berikut (Kotler & Armstrong,2003):

  • Under Positioning

Suatu kondisi dimana konsumen tidak dapat menangkap ide yang hendak disampaikan oleh pemasar atas kelebihan atau keunikan dari merek produk perusahaan.

  • Over Positioning

Suatu kondisi dimana konsumen memiliki persepsi yang terlalu sempit untuk atas citra atau nilai suatu merek.

  • Confused Positioning

Suatu kondisi dimana konsumen bingung akan citra yang hendak diposisikan oleh suatu merek. Hal ini terjadi akibat perusahaan tidak konsisten dalam mengangkat suatu nilai untuk diposisikan atau karena perusahaan selalu berganti – ganti nilai yang diposisikan atas suatu merek.

  • Doubtful Positioning

Suatu kondisi dimana konsumen ragu atau tidak percaya dengan positioning dari sebuah merek. Hal ini terjadi karena kinerja dari merek yang kurang standar atau ”over promise under delivered” (Kartajaya,2002) Komunikasi pemasaran yang mengobral janji berlebihan tanpa adanya dukungan kinerja merek yang sesuai dengan apa yang telah dijanjikan.

3. Memilih strategi positioning yang tepat melalui brand value proposition.

Setiap merek memiliki nilai yang dapat ditawarkan kepada konsumen, sekumpulan manfaat yang dimiliki oleh sebuah merek, yang dapat dijadikan sarana untuk diposisikan dalam benak konsumen dikenal dengan istilahbrand value proposition. Melalui brand value proposition, konsumen mengenal value yang dimiliki dan ditawarkan oleh sebuah merek dibandingkan dengan pesaingnya.

 

POSITIONING STATEMENT

Positioning statement adalah sebuah pernyataan yang memuat dan menyarikan inti dari positioning perusahaan atau merek perusahaan. Perusahaan atau suatu produk harus memiliki positioning statement yang dijadikan pedoman dalam melakukan kegiatan pemasaran untuk dapat mencapai target positoning di benak konsumen sesuai dengan harapan perusahaan. Bentuk ringkas dan aplikatif dari positioning statement sesuatu yang dikenal oleh masyarakat umum dengan istilah slogan atau tagline. (Kartajaya,2002)

Brand positioning dapat dibangun melalui tiga pondasi dasar yaitu atribut produk, manfaat produk, serta kepercayaan dan nilai. Brand positioning berdasarkan atribut produk adalah cara tercepat untuk membangunbrand awareness tetapi pondasi ini hanya memberikan efek jangka pendek karena keunggulan suatu atribut produk dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing.

Manfaat produk sebagai pondasi dalam brand positioning adalah satu langkah  yang lebih baik dari pondasi atribut produk. Manfaat produk bisa dikategorikan menjadi manfaat secara fungsional maupun secara emosional sehingga brand positioning tidak hanya menciptakan brand awareness tetapi juga mulai menciptakan brand preference bagi konsumen yang merasakan manfaat fungsional sekaligus manfaat emosional dari produk yang dikonsumsinya.

Pondasi terakhir adalah kepercayaan dan nilai, dimana pondasi ini merupakan dasar yang paling kuat dan paling efektif. Pemasar tidak dapat menggunakan pondasi kepercayaan dan nilai pada saat awal pengenalan suatu produk baru. Penggunaan pondasi terakhir ini hanya dapat dilakukan oleh establish brand yang sebelumnya membangun ekuitas mereknya melalui pondasi yang pertama dan kedua. Kepercayaan dan nilai sebagai pondasi dari brand positioning akan memberikan efek jangka panjang yang merupakan aset berharga bagi perusahaan yaitu terciptanya brand loyalty dari para konsumennya.

 

  • pasal berapa dan aturan komisi penyiaran yang dialanggar ?

Etika Pariwara Indonesia (Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia) memuat ketentuan pemeran iklan khususnya tenaga profesional:

  1. Iklan produk obat-obatan (baik obat-obatan bebas maupun tradisional), alat-alat kesehatan, kosmetika, perbekalan kesehatan rumah-tangga serta makanan dan minuman tidak boleh menggunakan tenaga profesional, identitas, atau segala atribut profesi, baik secara jelas maupun tersamar.
  2. Iklan yang mengandung atau berkaitan dengan profesi tertentu harus mematuhi kode etik profesi tersebut.

Ketentuan tadi mengacu pada SK Menteri Kesehatan RI No. 386/Menkes/SK/IV/1994 Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, Makanan-Minuman, disebutkan bahwa iklan tidak diperankan oleh tenaga profesi kesehatan menggunakan “setting” yang beratribut profesi kesehatan dan laboratorium.

Aturan lainnya juga dituang dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1787/Menkes/Per/XII/2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan pada pasal 8 disebutkan:

  1. Tenaga kesehatan dilarang mengiklankan atau menjadi model iklan obat, alat kesehatan, perbekalan kesehatan, dan fasilitas pelayanan kesehatan kecuali dalam iklan layanan masyarakat.
  2. Tenaga kesehatan dapat melakukan publikasi atas pelayanan kesehatan dan penelitian kesehatan dalam majalah atau forum ilmiah untuk lingkungan profesi.

Pelanggaran terhadap peraturan ini diperingatkan pada pasal 14. Disebutkan dilakukan pembinaan dan pengawasan berupa penghentian iklan selama 7 hari kerja, jika tidak juga dilakukan perubahan maka akan dilakukan tindakan administratif paling lama 30 hari kerja. Tindakan administratif berupa pencabutan surat izin operasional/surat izin kerja/surat izin profesi untuk sementara waktu paling lama 1 tahun dan bisa sampai untuk selamanya.

Di mana tanggung jawab media dan biro iklan yang memuat iklan-iklan yang bermasalah? Media dan biro iklan dalam hal ini sebagai pelaku usaha mengikuti UU Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999. Pada pasal 17 dinyatakan: Pelaku usaha periklanan dilarang memproduksi iklan yang melanggar etika dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai periklanan. Pada pasal 20 disebutkan: “Pelaku usaha periklanan bertanggung jawab atas iklan yang diproduksi dan segala akibat yang ditimbulkan iklan tersebut”. Pelanggaran terhadap aturan etika dimuat pada pasal 62 berupa pidana penjara paling lama 2 tahun atau pidana denda paling banyak 500 juta rupiah.

Dalam UU itu juga dijelaskan pelaku usaha adalah perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.

dosen pembimbing : Nanang Suryadi

Sumber :

http://www.kpi.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2736%3Apppi–iklan-lifebuoy-langgar-aturan&catid=14%3Adalam-negeri-umum&lang=en

http://www.scribd.com/doc/51349027/SABUN-LIFEBUOY

http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2012/01/31/dokter-dan-media-sebaiknya-tahu-hal-ini/

http://msuyanto.com/baru/?cat=650

belajar E-commerce 12 maret 2012

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

baca : percobaan SEO