Banyak Virus Di Komputer Anda ? Beginalah Cara Menghapus Virus di Komputer

Cara Menghapus Virus di Komputer – Virus komputer adalah hal yang paling menyebalkan Ana juga berbahaya bagi komputer atau laptop anda. Tak jarang kita sendiri tak menyadari jika terdapat virus yang ada dalam komputer kita dan baru menyadarinya ketika muncul folder-folder aneh atau file yang menghilang atau tersembunyi tanpa sebab. Nah, berikut ini ada beberapa cara menghapus virus di komputer yang bisa anda coba untuk lakukan.

  • Instal Antivirus

Cara menghapus virus di komputer yang pertama tentu saja dengan menginstal Antivirus di komputer atau laptop anda. Anda bisa menginstal antivirus gratisan atau bahkan lebih baik lagi jika anda membeli produk antivirus. Beberapa nama seperti AVG Free Edition, Kaspersky atau Norton Antivirus bisa anda coba.

Setelah melakukan penginstalan, cara menghapus virus di komputer selanjutnya adalah dengan menscan atau melakukan pembersihan penuh. Memang hal ini akan membutuhkan waktu yang lama dan juga bergantung pada besar hardisk atau banyaknya file yang disimpan di komputer atau di laptop. Namun, hal ini bertujuan untuk membersihkan dari virus yang mungkin sudah menggandakan diri di hardisk.

  • Instal Antivirus Lokal

Cara menghapus virus di komputer yang satu ini juga bisa diandalkan untuk mengatasi virus yang membuat file anda menghilang atau tersembunyi. Lucunya, virus ini tidak bisa terdeteksi atau tidak bisa dihilangkan dengan antivirus semacam beberapa nama Antivirus diatas melainkan dengan antivirus lokal. Nah ada baiknya juga anda mencoba antivirus lokal tersebut dan menjalankannya sehingga anda tidak akan mengalami file yang hilang lagi atau menjadi sumber virus bagi perangkat yang menempel pada komputer atau laptop anda.

  • Lakukan Instal Ulang atau Perbaruan Perangkat Lunak

Hal ini dilakukan apabila virus yang telah menjangkiti komputer atau laptop anda sudah tidak dapat ditolerir lagi atau merusak sistem yang ada. Memang, cara menghapus virus di komputer ini menjadi pilihan terakhir dan tidak begitu direkomendasikan apabila dua cara diatas sudah dapat membersihkan virus dengan bersih.

Dengan melakukan penginstalan ulang, terutama apabila ada update firewall yang ada didalamnya yang lebih baru maka daya tahan komputer atau laptop anda akan menjadi lebih baik lagi. Hanya saja masalahnya adalah sering kali pengguna laptop atau komputer tidak memiliki perangkat dengan sistem operasi yang original atau hanya bajakan sehingga untuk update sendiri jarang dilakukan.

Itulah beberapa cara menghapus virus di komputer yang bisa anda lakukan namun sebaik-baiknya cara yang bisa digunakan , akan lebih baik jika anda melakukan tindakan preventif dengan membeli antivirus berbayar atau dengan menggunakan sistem operasi original. Apalagi jika komputer atau laptop anda merupakan perangkat yang menyimpan dokumen-dokumen penting yang tidak boleh rusak atau hilang.

Sumber : itanyar.com

Tags: , , , , , , ,