Cara Booting Laptop atau Komputer Berbagai Merk

Cara Booting Laptop atau Komputer Berbagai Merk – Salah satu kendala dari laptop atau komputer yang menyebabkan harus dilakukan install ulang adalah karena virus. Nah, sebelum melakukan penginstalan ini baik melalui DVD atau bahkan melalui Flasdrive, anda harus mengetahui bagaimana masuk ke BIOS atau melakukan booting. Tentu saja hanya dari situlah anda bisa melakukan penginstalan ulang. Berikut ini ada beberapa cara booting laptop atau komputer untuk beberapa merk.

Ada beberapa cara booting laptop atau komputer yang mana itu biasanya sesuai dengan merk atau produsen laptop atau komputer tersebut. Untuk komputer, secara umum caranya adalah dengan menekan tombol F2 beberapa detik saat komputer menyala dan masih menampilkan layar hitam atau sebelum logo Windows terlihat. Umumnya akan terlihat pesan sebagai berikut:

‘Press F2 to enter SETUP, F12 fow Network Boot,ESC for Boot Menu’

Nah anda hanya perlu menekan tombol F2 saat pesan tersebut muncul. Namun cara booting laptop atau komputer termudah adalah dnegan terus menekan F2 sesaat setelah anda menjalankan komputer anda sehingga anda takkan kehilangan waktu untuk masuk ke menu booting. Pasalnya kesempatan untuk masuk ke menu booting ini baik untuk di laptop atau di komputer hanya terjadi beberapa detik saja. Ketika anda sudah masuk ke Sistem Operasi atau secara praktis terlihat logo Windows maka anda harus mematikan kembali atau merestart komputer atau laptop anda.

Nah selanjutnya cara booting laptop atau komputer ini untuk beberapa brand laptop yang sudah banyak beredar di Indonesia. Terkedang letak tombol atau keyboard di laptop memiliki komposisi yang berbeda atau juga memiliki letak posisi yang berbeda dengan keyboard penuh di komputer. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda juga memperhatikan keyboard pada laptop anda terlebih dahulu.

Umumnya pesan yang akan terlihat adalah sebagai berikut:

‘Press F2 to enter SETUP, F12 fow Network Boot,ESC for Boot Menu’

Cara tersebut sama seperti cara untuk booting pada komputer yakni dengan menekan F2. Fungsi tersebut digunakan juga untuk laptop seperti ASUS dan juga ACER. Namun ternyata juga ditemukan beberapa tipe atau varian yang menggunakan tombol F10 sebagai cara booting laptop atau komputer. Selain informasi diatas yang tampil dilayar juga ada pesan berikut:

Press <DEL>to Enter Setup

Jadi anda harus menekan tombol DEL agar dapat masuk ke dalam menu booting. Nah untuk laptop lainnya akan dijelaskan sebagai berikut:

ASUS/ACER/TOSHIBA/Dell/Sony/Fujitsu: F2

LENOVO               : F1 atau F2, beberapa juga merupakan kombinasi Ctrl+Alt+Ins atau Fn+Esc atau Fn+F1

HP/Compaq       : F10

Itulah beberapa cara booting laptop atau komputer yang bisa anda coba ketika laptop atau komputer anda mengalami masalah. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Sumber : itanyar.com

Tags: , , , , , , ,