Cara Reset Printer Canon IP2770 Error 5b00 Dengan Mudah

Cara Reset Printer Canon IP2770 Error 5b00 – Memperbaiki peralatan kantor atau pribadi sendiri memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi hal tersebut menyangkut komputer atau laptop atau perangkat elektronik lainnya yang notabene bisa dibawa ke tuka servis atau service center. Namun, untuk anda yang tertantang memperbaiki sendiri pasti menjadi tantangan tersendiri selain menghemat biaya yang mungkin lebih mahal terutama printer jika harus beli baru. Khusus pengguna printer merk Canon, berikut ini ada cara reset printer Canon IP2770 error 5b00 yang banyak dialami pengguna.

Sebelum melakukan langkah untuk cara reset printer Canon IP2770 error 5b00, anda harus memahami ciri error 5b00 ini. Cirinya adalah lampu LED menyala berkedip yakni hijau dan kuning. Setelah dilakukan restart, printer tetap tidak nampak ada perubahan. Disinilah dapat kita ketahui bahwa printer mengalami error 5b00.

Error 5b00 ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh seri printer Canon IP2770 saja, namun juga beberapa seri lain dan bahkan merk laptop lainnya. Error yang dialami ini bukanlah kesalahan pengguna maupun pabrik, namun memang seperti disengaja oleh produsen agar printer memiliki batas pemakaian pada jumlah dokumen tertentu layaknya penggunaan DSLR yang memiliki shutter count tertentu. Nah salah satu cara agar dapat digunakan kembali, tentu saja dengan cara direset. Berikut cara reset printer Canon IP2770 error 5b00:

Ada dua bagian langkah yang perlu anda lakukan untuk cara reset printer Canon IP2770 error 5b00. Langkah yang pertama adalah mempersiapkan printer agar dapat direset. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Reset Printer Canon IP2770 Error 5b00

  1. Matikan printer apabila printer masih dalam keadaan hidup.
  2. Jangan lepas kabel dayanya, biarkan terpasang meskipun dalam kondisi mati.
  3. Tetap hidupkan laptop atau komputer anda dan biarkan kabel data USB dari printer terhubung ke perangkat anda.
  4. Selanjutnya untuk cara reset printer Canon IP2770 error 5b00 adalah dengan menekan dan menahan tombol RESUME selama 2 detik.
  5. Saat masih menekan dan menahan tombol RESUME, tekan tombol POWER. Lakukan hingga LED hijau menyala.
  6. Setelah LED tombol POWER menyala, lepas tekanan pada tombol RESUME tanpa melepas tombol POWER.
  7. Kemudian, tekan tombol RESUME secara berulang secara perlahan hingga lima kali. Perhatikan nyala lampu LED yang berbeda yakni oranye dan hijau. Pada tekanan ke lima seharusnya LED kuning menyala.
  8. Lepas tekanan tombol POWER dan RESUME.
  9. Kemudian ampu LED akan berubah menjadi hijau.
  10. Komputer atau laptop anda akan menunjukkan adanya perangkat baru, abaikan informasi tersebut karena masih ada langkah bagian kedua yakni bagian reset.

Di bagian kedua cara reset printer Canon IP2770 error 5b00, anda membutuhkan sebuah program yakni software reset canon IP 2770. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

Cara Reset Printer Canon IP2770 Error 5b00

  1. Download program software resetter canon IP2770, setelah diunduh nantinya akan bernama CANON_IP2770_RESETTER. Atau anda bisa download tombol diawah ini.
  2. Lakukan ekstrasi di ruang penyimpanan yang mudah ditemukan.
  3. Letakkan beberapa lembar kertas ke dalam printer untuk tes
  4. Jalankan program atau software CANON_IP2770_RESETTER
  5. Akan tampak sebuah jendela, cari dan pilih fungsi MAIN.
  6. Proses reset akan berlangsung dan akan menghasilkan cetakan dengan tulisan D=000.0.
  7. Pada jendela yang sama, pilih EEPROM Clear
  8. Pada langkah tersebut akan menghasilkan kumpulan kode dimana jika ada kode TPAGE(TTL=00000) itu artinya printer sukses direset ulang.

Sumber : itanyar.com