8 Pilihan Tempat Wisata di Ambarawa yang Harus Kamu Kunjungi Segera

Tempat Wisata pada Ambarawa – Punya renacana berlibur ke Semarang ? Jika iya, coba singgahi salah satu kecamatan pada kota ini, yg mempunyai poly potensi wisata, yaitu Ambarawa. Meskipun hanya kecamatan mini di Kabupaten Semarang, nama Ambarawa sudah populer dikalangan warga . Hal ini dikarenakan kecamatan ini pernah menjadi ibukota Kabupaten Semarang.

Kecamatan Ambarawa termasuk kota yg menyimpan banyak sejarah, pada zaman penjajahan lokasi ini tak jarang dijadikan sebagai penghubung antara Semarang, Yogyakarta, & Magelang. Selain museum kereta api, Ambarawa pula mempunyai beberapa destinasi wisata yg menarik. Berikut beberapa pilihan loka wisata di ambarawa yang harus kamu kunjungi segera :

Kampung Rawa

tempat wisata di ambarawa

Kampung Rawa merupakan keliru satu tempat wisata di ambarawa yang tergolong baru. Objek wisatanya adalah komplek perumahan yang mayoritas berbentuk joglo, tetapi perumahan disini bukan rumah masyarakat melainkan rumah makan. Destinasi ini cocok buat kamu yg berlibur bersama famili.

Meskipun hanya tempat tinggal makan sederhana, tetapi hidangan yang tersaji sangat enak. Menu yg ditawarkan adalah output tangkapan bahari. Selain itu daya tarik Kampung Rawa, terletak pada pemandangan alam yg memukau, kamu mampu melihat Gunung Merbabu, dan Telemoyo. Berlokasi di Jalan Lingkar Ambarawa, Waduk Rawapening, Kampung Rawa dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam.

Rawa Pening

tempat wisata di ambarawa

Berkunjung ke Kampung Rawa tidak lengkap bila tidak mengunjungi Rawa Pening, lokasinya berada di Rw Pening, Waduk Rawapening. Rawa ini pada dasarnya terletak diantara 4 kecamatan, yaitu Ambara, Bawen, Tuntang, & Banyubiru.

Rawa Pening mempunyai suguhan yg sangat apik, mulai dari birunya air rawa, udara & pemandangan disekitarnya. Tetapi terdapat satu yg menghambat pemandangan disini, yaitu banyaknya flora eceng gondok. Untuk berkeliling danau, kamu sanggup menyewa bahtera biasa, atau bahtera motor. Rawa Pening beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam, harga tiket masuknya juga sangat murah, kurang lebih Rp. 2.500/orang.

Benteng Willem I

tempat wisata di ambarawa

 

Berlokasi di Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Benteng Willem I memiliki nama resmi yaitu Benteng Fort Willem I atau yg tak jarang diklaim Benteng Pendem Ambarawa. Benteng ini dibangun dalam tahun 1834 – 1845, menggunakan tujuan menjadi tempat pertahanan berdasarkan penjajah.

Berwisata ke Benteng Willem I, kamu bisa menambah wawasan sejarah, atau berfoto menggunakan latar belakang bangunan benteng. Saat ini benteng ini beberapa bangunannya dijadikan menjadi loka tinggal penduduk sekitar, & pernah dijadikan lapas pada tahun 2003. Tempat wisata di ambarawa ini dibuka setiap hari, mulai pukul 8 pagi sampai  sore.

Museum Kereta Api

tempat wisata di ambarawa

Sudah terkenal menjadi kota bersejarah, tak heran bila Ambarawa mempunyai poly destinasi bersejarah. Salah satunya Museum Kereta Api. Pada mulanya museum ini merupakan pangkalan kereta barah, yg mengangkut tentara Belanda menuju Semarang. Tetapi lantaran sudah nir berkuasa di Indonesia lagi, Museum ini sudah nir dioperasikan lagi.

Pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam mengakibatkan pangkalan kereta api ini sebagai Museum Kereta Api Ambarawa. Berwisata kesini kamu mampu melihat lokomotif kereta barah, & alat komunikasi dalam zaman dulu. Selain itu engkau mampu naik kereta menurut Ambara – Bedono (pp), & Ambarawa – Tuntang (pp). Museum Kereta Api Ambarawa, terletak di Jalan Stasiun No. 1, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga lima sore. Untuk harga tiketnya, loka wisata ini mematok harga kurang lebih Rp. 5.000 – Rp. 10.000/orang.

Monumen Palagan

tempat wisata di ambarawa

Masih jangan lupa menggunakan pertempuran Palagan Ambarawa ? Pertempuran yg terjadi pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945,  adalah pertempuran terhebat antara tentara sekutu dengan pejuang Indonesia.

Nah menjadi bentuk apresiasi usaha dan buat mengenang para pejuangnya, dibangulah sebuah monumen. Monumen Palagan Ambarawa, yg terletak pada Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa. Destinasi bersejarah ini sangat populer di kalangan wisatawan, terbukti berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung disini.  Tak hanya sebuah monumen saja, didalam bangunan ini masih ada poly benda peninggalan Belanda yang gugur pada tangan pejuang. Bahkan terdapat satu benda peninggalan yang sangat menarik, yaitu Pesawat Mustang.

Monumen Palagan dibuka buat umum, setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 malam. Untuk harga tiket masuknya, hanya sekitar Rp. 5.000/orang.

Gua Maria Kerep

tempat wisata di ambarawa

Pilihan loka wisata pada ambarawa selanjutnya, merupakan Gua Maria Kerep. Lokasinya berada pada Jalan Tentara Pelajar, Desa Kerep, Ambarawa. Gua ini merupakan gua maria pertama, yg terdapat pada Indonesia. Selain menjadi tempat beribadah umat kristiani, loka ini pula dijadikan menjadi destinasi wisata. Tak hanya umat kristiani saja yg berkunjung, melainkan umat kepercayaan lain pula banyak yg kesini. Bahkan dalam ketika hari minggu, wisatawan yg melaksanakan ibadah mencapai ribuan orang.

Puncak Lereng Kelir

tempat wisata di ambarawa

Kalau Batu punya Paralayang, Ambarawa punya Puncak Lereng Kelir. Lokasinya berada di Gunung Gertas, Brongkol, Jambu, Ambarawa. Perjalanan menuju puncak ini sedikit melelahkan, lantaran treknya relatif terjal & menguras energi. Tetapi tenang, seluruh lelah kamu akan dibayar dengan pemandangan alam yg sangat eksotis.

Berada di zenit lereng, engkau sanggup melihat pemandangan Ambarawa menurut ketinggian, dan pemandangan Gunung Merbabu dan Telomoyo. Puncak Lereng Kelir, dibuka seriap hari, menggunakan harga tiket sekitar Rp. Lima.000 hingga Rp. 7.000/orang.

Wisata Umbul Sidomukti

tempat wisata di ambarawa

Belum pernah berenang diatas ketinggian ? Atau berenang di lereng sebuah gunung ? Kalau kamu belum pernah & ingin mencicipi, maka Umbul Sidomukti mampu menjadi pilihan menghabiskan saat akhir pekan. Lokasinya berada di Jetis, Bandungan.

Berenang pada Umbul Sidomukti, kamu akan memperoleh pengalaman baru yaitu berenang pada alam terbuka, ditemani pemandangan gunung yg sangat eksotis. Selain kolam renang, Umbul Sidomukti pula memiliki fasilitas umum lainnya, misalnya area outbond, camping ground, dan tempat buat meeting. Tempat ini dibuka setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Tiketnya berkisar antara Rp. Lima.000 sampai Rp. 100.000 saja.

Nah gimana masih resah lagi di Ambarawa mau kemana ? Pastinya tidak. Itulah beberapa pilihan loka wisata di ambarawa yang wajib engkau kunjungi segera. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Sumber : dolanrek.com

Tags: , , , , , , , ,