Dalam menggambar mesin, hal yang wajib kita punya adalah keterampilan, yaitu keterampilan dalam menggunakan penggaris T, busur, jangka, dll. Karena dalam gambar mesin teori yang didapat sangatlah sedikit dan kita dituntut untuk sangat detail, teliti, cermat, dan tetap jadi seperti hanya ketrampilan menggambarlah yang dibutuhkan, selain itu hal yang diperlukan adalah tingkat imajinasi kita. Karena imajinasi itulah yang nantinya membantu kita menggambarkan sebenarnya apa yang mau kita gambar baik letaknya, bentuknya, ukurannya, dll.

Keterampilan-keterampilan kita dalam menggunakan alat-alat menggambar teknik merupakan dasar kita untuk bisa membuat gambar geometris. Konstruksi Geometri mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pembuatan gambar kerja maupun pemecahan masalah dengan grafik atau diagram.

 

Ada beberapa hal yang harus diketahui, Geometri dibangun atas dasar unsur-unsur yang tidak didefinisikan yaitu: titik, garis, bidang, dan ruang.

Titik

Sebuah titik hanya dapat ditentukan oleh letaknya, tetapi tidak mempunyai ukuran (dikatakan tidak berdimensi). Sebuah titik digambarkan dengan memakai tanda noktah, kemudian dibubuhi dengan nama titik itu. Nama sebuah titik biasanya menggunakan huruf kapital seperti A, B, C, P, Q atau R

Garis

Sebuah garis(dimaksudkan adalah garis lurus) dapat diperpanjang sekehendak kita. Namun mengingat terbatasnya bidang tempat gambar, sebuah garis hanya dilukiskan sebagian saja. Bagian dari garis ini disebut wakil garis. Garis hanya mempunyai ukuran panjang, tetapi tidak mempunyai ukuran lebar. Nama dari sebuah garis dapat ditentukan dengan menyebutkan nama wakil garis itu dengan memakai huruf kecil g, h, k, atau menyebutkan nama segmen garis dari titik pangkal ke titik ujung.

Bidang

Sebuah bidang (dimaksudkan adalah bidang datar), dapat diperluas seluas-luasnya. Pada umumnya, sebuah bidang hanya dilukiskan sebagian saja yang disebut sebagai wakil bidang. Wakil suatu bidang mempunyai dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Gambar dari wakil bidang dapat berbentuk persegi atau bujur sangkar, persegi panjang, atau jajargenjang. Nama wakil bidang dituliskan di daerah pojok bidang dengan memakai huruf α , β, γ atau H, U, V, W atau dengan menyebutkan titik-titik sudut dari wakil bidang itu.

Ruang

Adalah gabungan dari semua titik. Tak mempunyai batas, panjang, lebar, dan tinggi. Ruang adalah titik yang terletak diluar dan di dalam balon. Ruang adalah sisa-sisa saat sebuah balon meletus. Ruang adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Ruang termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.

 

Berikut beberapa cara penggunaan alat gambar yang benar :

  • Penggunaan garis dan segitiga 

 

  • Picture1
  • Picture2
  • Penggunaan Segitiga
  • Picture4
  • Picture5

 

Berikut merupakan contoh dari beberapa konstruksi geometri :

  • Garis Sejajar terhadap Garis Miring

Picture6Picture7

  • Membagi garis menjadi dua bagian yang sama

Picture8

 

  • Membagi dua sudut

Untitled2-300x143

 

  • Membagi tiga sudut siku – siku

Picture10

 

  • Membagi garis menjadi bagian – bagian yang sama

Picture11

 

  • Garis tegak lurus terhadap garis lain melalui satu titik

Picture12

 

  • Garis tegak lurus pada ujung garis tertentuPicture13
  • Konstruksi sudut yang sama dengan suatu sudut yang sudah diketahui

Picture14

 

  • Konstruksi segitiga dengan 3 buah garis yang diketahui

Picture15

  • Konstruksi segitiga sama sisi

Picture16

  • Konstruksi busur menyinggung 2 garis tegak lurus

Picture17

  • Konstruksi busur menyinggung 2 garis bersudut runcing

Picture18

 

  • Konstruksi busur menyinggung 2 garis bersudut tumpul

Picture19

  • Konstruksi busur menghubungkan 2 garis sejajar

Picture20

Picture21

 

Picture22

 

  • Konstruksi busur menyinggung lingkaran dan garis lurus

Picture23

  • Konstruksi busur menyinggung 2 lingkaran

Picture24

  • Konstruksi busur melalui 3 titikPicture25
  • Menentukan titik pusat busur lingkaran

Picture26

  • Konstruksi segi lima
  • Konstruksi segi lima Dengan Lingkaran

Picture27Picture28

 

  • Konstruksi garis singgung sebuah lingkaran

Picture29

  • Konstruksi segi enam

Picture30Picture31

 

  • Konstruksi segi banyak (n)

Untitled23-300x162

  • Konstruksi garis lurus menyinggung 2 lingkaran

Untitled24-300x153Untitled25-300x157

  • Konstruksi Ellips

Untitled26-300x161Untitled27-300x234

 

 

Untitled28-300x191

 

SUMBER :

  1. http://id.scribd.com/doc/38157211/3-Konstruksi-Geometris-gambar-teknik
  2. G. Takeshi Sato, N. Sugiarto Hartanto. 2008. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Pradnya Paramita. Jakarta.
  3. http://mathside-unnes.blogspot.com/2011/07/1-1-titik-garis-bidang-datar-dan-ruang.html.
  4. http://dwijoeas.blogspot.com/2008/01/apengertian-titik-garis-dan-bidang.html