Shortlink

Indahnya Indonesia-ku

Keindahan Indonesia – Lahir di Indonesia tetapi tak pernah mengamati keindahan alamnya, secara tidak langsung hal tersebut merupakan sebuah kerugian yang amat besar. Mungkin salah satu alasan Tuhan melahirkan kita di Indonesia ini agar kita dapat berterima kasih atas keindahan alam yang telah ia ciptakan. 

Berada diantara dua benua dan dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat salju tak mau turun di negara tercinta ini. Dengan tak turunnya salju di Indonesi, tanah negeri ini menjadi subur dan dapat ditanami oleh bermacam-macam variasi tanaman.

Walaupun tak turun salju, Indonesia tetap mempunyai salju. Salju ini berada di puncak gunung Jaya Wijaya di Irian Jaya Papua.  Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.  

Dimana di tiap-tiap pulau memiliki keindahan alam yang berbeda beda. Apa saja keindahan di Indonesia?, yuk simak….

Keindahan Taman Bawah Laut di Indonesia

Berada diantara dua samudra membuat negara kita banyak disinggahi biota-biota laut yang luar biasa. Beraneka spesies ikan dapat di temui di taman laut.  Tumbuhan dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan ikan, melengkapi keindahan surga bawah lautnya. 

Hal ini membuat turis mancanegara rela jauh jauh datang dari negaranya untuk menyelam dan mengamati keindahannya. Akan tetapi ada pula penduduk asing yang sering melewati batas dan masuk keperairan indonesia. Inilah yang wajib kita perangi karena merusak dan mengurangi kekayaan bawah laut Indonesia.

Keindahan Pemandangan Gunung di Indonesia

Gunung di Indonesia dapat menjadi musibah dan dapat menjadi barokah bagi orang orang yang berada di sekitarnya. Berada di zona ring of fireside membuat gunung-gunung di negara kita banyak yang aktif.

Adapun gunung yang sudah tidak aktif, menjadi tantangan bagi pendaki untuk menaklukannya. Hampir disetiap pulau besar di Indonesia mempunyai gunung. Dan disetiap gunung memiliki keunikan yang berbeda beda. Gunung yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Rinjani dan gunung Jaya Wijaya di Papua.

Keindahan Pantai Indonesia

Negara dengan kepulauan terbesar di dunia, menjadikan Indonesia memiliki banyak pantai. Pantai merupakan wisata yang benar-benar mudah ditemui di Indonesia. Banyak sekali pantai di negara kita ini yang jumlahnya hingga tak dapat dihitung yang menjadi daya tarik keindahan Indonesia. 

Pantai di Indonesia yang berbatasan langsug dengan samudera Hindia dan samudera Pasifik membuat ombaknya sangat besar. Ada salah satu pantai di Indonesia yang dijuluki sevent large wave. Nama ini diberi oleh peselancar mancanegara yang telah merasakan kebesaran dan keganasan ombak di pantai tersebut.

Nah panti tersebut adalah Pantai Pelengkung Banyuwangi, objek wisata Banyuwangi ini sangat terkenal hingga mancanegara.

Keragaman Adat Istiadat Indonesia

 “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya Berbeda beda tetapi tetap satu jua, satu Indonesia. Semboyan tersebut menggambarkan Indonesia yang memiliki banyak suku dan adat. Tepatnya di Indonesia sendiri terdapat 1340 suku yang hidup berdampingan. Walaupun berbeda, suku di Indonesia hidup dengan harmonis dan saling saling menjaga toleransi sesama.

Karena perbedaanlah lah yang membuat Indonesia semakin erat & bersatu dalam menghargai perbedaan. Mempunyai banyak suku, membuat Indonesia kaya akan kesenian dan tarian. Setiaiap seni dan tarian memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan tarian yang lain. 

Tarian Indonesia yang mendunia seperti tari Saman dari Aceh, tari Reog dari Ponorogo, tari Jaipong dari Sunda, tari Kecak Rama dan Shinta dari Bali dan masih banyak tarian dan kebudayaan Indonesia yang terkenal dan mendunia.

Keindahan flora dan fauna Indonesia

Mempunyai julukan magabiodiversitas, menunjukan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, mulai dari spesies purba hingga spesies langkanya. Salah satu faktor yang membuat flora dan fauna di Indonesia sangat amat beragam adalah karena adanya hutan hujan tropis. 

Para ilmuan mengatakan bahwa sebagian besar spesies flora dan fauna, berada di hutan hujan tropis. Salah satu tumbuhan khas Indonesia yang terkenal di dunia adalah bunga Raflesia Arnoldi. Untuk faunanya sendiri adalah Komodo. Komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia tepatnya di pulau Komodo Nusa Tenggara Barat. Dan komodo diakui sebagai salah satu keajaiban dunia.