Rss

Milenial Dalam Teknologi

PENGARUH GENERASI MILENIAL DALAM TEKNOLOGI

Masyarakat Indonesia terutama generasi milenial ini adalah penggemar fanatik gadget, sehingga tidak mengherankan apabila Anda melihat seseorang dengan gaji yang pas-pasan membawa gadget dengan harga belasan juta. Fanatisme ini jugalah yang mendorong berbagai perusahaan gadget asing, seperti Apple, Samsung, Oppo, Huawei, dan sebagainya gencar memasarkan produk mereka di Indonesia, mengingat potensi pasar gadget Indonesia yang luar biasa. Sebagian besar generasi milenial ini sendiri rata-rata memiliki lebih dari 1 gadget, dan dengan jumlah penduduk yang diatas 250 juta orang (dengan lebih dari sepertiganya adalah manusia generasi Y), Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan bagi perusahaan-perusahaan teknologi ini.

Seperti halnya di luar negeri, di Indonesia sendiri teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang lahir pada generasi Y, dan generasi penerus mereka, sebab teknologi merupakan sesuatu yang mereka gunakan sehari-hari sedari kecil. Kedepannya, penulis memproyeksikan bahwa penggunaan teknologi masih akan prevalen di kalangan masyarakat dan bahkan akan semakin sering digunakan, mengingat berbagai teknologi pembayaran yang ada seperti e-wallete-bankinge-payment dan sebagainya semakin populer belakangan ini sehingga akan menggeser transaksi konvensional.

Perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia juga memberikan kesempatan bagi para wirausahawan (entrepreneur) untuk bisa mengembangkan berbagai bisnis berbasis teknologi, seperti GO-JEK yang merupakan sebuah bisnis jasa ojek berbasis teknologi, Traveloka yang merupakan bisnis tour & travel berbasis networking, ataupun Bukalapak yang merupakan bisnis e-commerce berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia sendiri juga membuka berbagai lapangan kerja baru seperti tuan rumah (host) untuk AIRBNB, pengemudi ojek untuk GO-JEK, atau pengemudi taksi untuk UBER.

Kemunculan berbagai disruptive technology companies di Indonesia, seperti GO-JEK, AIRBNB, UBER, dan sebagainya sendiri memberikan angin segar dalam berbisnis, karena perusahaan-perusahaan tersebut cenderung

memiliki biaya perantara (intermediary) yang lebih rendah dibanding perusahaan konvensional dan juga memberikan unsur kepraktisan serta jangkauan yang lebih luas sehingga tidak mengherankan bahwa ke depannya perusahaan-perusahaan seperti inilah yang akan berkembang dengan sangat pesat.

Artikel ini telah tayang di http://ruangmuda.com dengan judul “Pengaruh Generasi Milenial dalam Teknologi, Pendidikan, dan Kewirausahaan Indonesia”, https://ruangmuda.com/pengaruh-generasi-milenial-dalam-teknologi-pendidikan-dan-kewirausahaan-di-indonesia/