Rss

Milenial Dalam Pendidikan dan Kewirausahaan

PENGARUH  GENERASI MILENIAL DALAM PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN

Fenomena semakin banyaknya penduduk Indonesia terutama pada generasi Y yang memiliki pendidikan tinggi menjadi sebuah gamechanger di Indonesia, sebab sekarang hampir seluruh pekerjaan kerah biru mewajibkan calon pegawai mereka untuk memiliki tingkat pendidikan yang memadai (biasanya setara sarjana) untuk bisa melamar suatu posisi. Dikarenakan hampir seluruh fresh graduate di Indonesia sekarang didominasi oleh para generasi milenial, tidak mengherankan apabila persaingan mencari kerja semakin ketat belakangan ini terutama dikarenakan fakta bahwa populasi manusia generasi Y yang terbanyak adalah mereka yang lahir pada tahun 1990-1995 atau seringkali disebut generasi Y akhir.

Karena itu, Anda tidak perlu terkejut dengan kenyataan di lapangan bahwa seringkali sebuah pekerjaan yang tergolong blue collar memiliki tingkat gaji yang hampir sama dengan tingkat Upah Minimum Regional (UMR) daerah tersebut, akibat banyaknya supply tenaga kerja berpendidikan tinggi namun sedikitnya lapangan kerja yang mampu menampung potensi tenaga kerja tersebut sehingga mereka seringkali memperoleh pekerjaan yang sebenarnya juga bisa dilakukan oleh seseorang dengan tingkat pendidikan di bawah mereka. Berbeda dengan pendidikan, entrepreneurship atau kewirausahaan penulis ramalkan akan menjadi sebuah tren yang akan menjangkiti para manusia generasi Y ini, terutama karena kebijakan dan program pemerintah yang mendukung kemudahan dalam mendirikan suatu bisnis, seperti paket kebijakan ekonomi jilid XII oleh pemerintahan jokowi yang ditujukan untuk memperbaiki kemudahan berbisnis (ease of doing business) di Indonesia.

Salah satu definisi sukses dari generasi Y yaitu pengakuan publik (public recognition) juga menjadi sebuah alasan mengapa banyak dari generasi milenial di Indonesia ini mau mencoba untuk mulai berwirausaha. Dengan berwirausaha, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapat pengakuan dari publik bahwa Anda adalah seseorang yang mau mengambil risiko untuk bisa sukses lebih cepat dibandingkan dengan seseorang yang meniti karier di sebuah perusahaan.

Artikel ini telah tayang di http://ruangmuda.com dengan judul “Pengaruh Generasi Milenial dalam Teknologi, Pendidikan, dan Kewirausahaan Indonesia”, https://ruangmuda.com/pengaruh-generasi-milenial-dalam-teknologi-pendidikan-dan-kewirausahaan-di-indonesia/