5 Langkah Mudah Cari Rumah Disewakan di Bandung

5 Langkah Mudah Cari Rumah Disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Mencari kontrakan sebagai tempat tinggal sementara memang gampang-gampang susah. Meski sifatnya yang temporer membuat anda tidak perlu berpikir terlalu jauh ke depan, tetap tidak bisa sembarangan dalam mencarinya.

Apalagi di kota besar seperti Bandung yang menyediakan berbagai macam hunian. Memang, dengan banyaknya rumah disewakan di Bandung, anda dapat lebih leluasa untuk memilih mana tempat tinggal yang cocok untuk anda.

Namun itu juga berarti anda harus lebih selektif dan hati-hati dalam menentukan pilihan. Nah, sebagai panduan, ada 5 langkah mudah yang bisa anda lakukan ketika mencari rumah disewakan di Bandung. Apa saja kah itu?

#1 Tetapkan budget untuk mencari rumah disewakan di Bandung

Tetapkan budget untuk mencari rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum benar-benar mencari rumah disewakan di Bandung adalah menetapkan budget anda sendiri. Hal ini dikarenakan rumah disewakan di Bandung memiliki variasi harga dengan rentang yang cukup lebar.

Sehingga dengan mengetahui berapa budget yang anda siapkan, akan lebih mudah bagi anda untuk menyortir rumah mana saja yang kira-kira bisa anda sewa nantinya.

Tidak bisa dipungkiri, masalah finansial adalah masalah yang paling krusial dalam mencari rumah kontrakan. Tentu alternatif menyewa rumah pun awalnya juga muncul dari keterbatasan finansial untuk membeli hunian tapak.

Jadi, daripada menghabiskan waktu untuk mencari rumah kontrakan yang ternyata harga sewanya tidak sanggup anda bayar, lebih baik anda tetapkan dulu berapa budget anda untuk sewa rumah ini. Dan mulai mencari rumah disewakan di Bandung yang memang harganya masuk kedalam jangkauan anda.

#2 Cari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti

Cari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti

(foto: Pixabay)

Setelah anda menetapkan budget untuk kontrak rumah disewakan di Bandung, langkah paling mudah berikutnya adalah mulai mencari rumah yang anda inginkan lewat situs properti seperti www.99.co/id.

Mencari rumah disewakan di Bandung memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, anda bisa menggunakan jasa broker properti bila tidak mau repot mencari sendiri. Namun, tentu saja itu berarti anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasanya.

Mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti lalu menjadi alternatif paling menggiurkan untuk anda yang ingin hemat juga tidak ingin repot. Bagaimana tidak? Dengan memanfaatkan situs properti, anda bisa melakukan pencarian rumah idaman dengan mudah dan tanpa dipungut biaya.

Meski kontrakan ini hanya bersifat sementara, tentunya anda tidak bisa sembarangan dalam mencarinya. Karena bagaimana pun, anda akan tinggal di dalam rumah kontrakan tersebut dan hidup di lingkungannya.

Beruntungnya, mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti memberi anda kesempatan untuk memilah-milah sekian banyak rumah tanpa harus bangkit dari kursi anda. Dalam listing rumahnya, atau sederhananya disebut iklan, anda sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai rumah yang disewakan.

Mulai dari foto bagian luar dan dalam rumah, spesifikasi rumah, deskripsi mengenai lokasi dan aksesbilitas, simulasi pembayaran rumah, hingga tentu saja kontak pemilik rumah. Anda bisa langsung mendapatkan semua informasi mengenai rumah itu dengan satu kali klik saja di computer jinjing anda.

Belum lagi, karena hal paling krusial ketika anda mencari rumah kontrakan adalah mengenai budget, anda bisa menyortir iklan-iklan yang muncul berdasarkan harga sewanya baik itu bulanan atau tahunan. Selain tentu saja sistem penyortiran menggunakan lokasi yang membuat anda dapat mencari rumahnya di lokasi yang anda inginkan.

Pastikan anda membuat daftar rumah mana saja yang menurut anda patut ditelusuri lebih lanjut. Sehingga di langkah berikutnya anda akan lebih mudah dalam memilih rumah mana yang paling cocok untuk jadi tempat tinggal sementara anda.

#3 Survey langsung rumah disewakan di Bandung

Survey langsung rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Setelah anda mengantongi daftar rumah disewakan di Bandung yang anda anggap menarik, langkah selanjutnya adalah melakukan survey. Perlu diketahui, mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti bukan berarti anda tidak perlu datang ke lokasi langsung untuk melihat rumahnya.

Situs properti adalah gerbang awal yang memudahkan anda mencari rumah kontrakan, setelah anda menemukan kandidat-kandidatnya, anda tetap perlu melakukan survey langsung ke rumah-rumah tersebut.

Melakukan survey terhadap rumah yang nantinya akan anda tempati penting sekali untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Meski anda sudah mendapat banyak informasi mengenai rumah tersebut dari iklan di situs properti, kadang anda akan menemukan beberapa hal yang berbeda ketika terjun langsung untuk melihat rumahnya.

Sambil melihat-lihat tampilan luar maupun dalam rumah yang hendak disewa, anda juga dituntut untuk memeriksa bangunan dan konstruksinya. Jangan sampai ketika nanti anda sudah resmi menempati rumah disewakan di Bandung ini anda menemukan dinding retak, atap bocor, jendela rusak, atau saluran air yang mampet.

Selain untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah jika anda menemukan kekurangan-kekurangan rumah. Anda pun tak disalahkan atas kerusakan yang sudah ada sebelum anda menghuni rumah tersebut.

Anda juga dapat protes apabila anda menemukan hal yang tidak sesuai atau kontradiktif dengan iklan yang terpasang di situs properti tadi.

#4 Pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah disewakan di Bandung

Pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Setelah anda melakukan survey dan melihat kondisi rumah yang sebenarnya, tiba saatnya untuk anda pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah tersebut. Lokasi ini penting sekali terlebih untuk anda yang setiap hari harus bekerja dan menuju lokasi lain.

Jangan sampai, masalah lokasi dan aksesbilitas ini menghambat anda dalam melakukan rutinitas tersebut. Jangan sampai juga masalah ini menimbulkan masalah baru seperti biaya transportasi yang semakin membesar sehingga mempengaruhi alokasi keuangan bulanan anda.

Meski tidak seberapa nilainya, biaya transportasi ini akan dikeluarkan setiap hari dan jika diakumulasikan, bisa mencapai hingga ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan.

Lebih besarnya pengeluaran dan kebutuhan untuk transportasi bisa membuat anda kehabisan uang di pertengahan bulan. Bagaimana bisa menabung untuk kebutuhan masa depan jika uang anda habis untuk transportasi saja?

Pertimbangkan juga lokasi rumah disewakan di Bandung tersebut dari segi keamanan dan kenyamanannya. Aksesbilitas yang mudah juga tidak disarankan jika ternyata lokasi tersebut tidak aman atau terkenal dengan tingkat kriminalitasnya.

Dan yang terakhir, tak kalah penting, pastikan terdapat sarana umum memadai di sekitar lokasi rumah disewakan di Bandung tersebut. Sehingga anda tidak perlu kebingunan atau jauh-jauh mencari sarana umum ketika anda membutuhkannya, apalagi ketika keadaan darurat.

#5 Buat kesepakatan dengan pemilik rumah disewakan di Bandung

Buat kesepakatan dengan pemilik rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Kesepakatan yang anda buat dengan pemilik rumah disewakan di Bandung dapat berupa kesepakatan lisan ataupun tulisan. Untuk berjaga-jaga, anda disarankan untuk membuat kesepakatan tertulis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebagai penyewa, anda memiliki hak-hak dasar yang diatur dalam UU Hukum Perdata. Yang pertama, anda berhak menerima unit sewa tersebut sesuai dengan kesepakatan. Yang kedua, anda berhak mendapatkan kenyamanan, ketentraman, dan keamanan selama menempati unit sewa tersebut.

Jadi, pastikan dalam kesepakatan yang anda buat itu, dua hak dasar anda terpenuhi. Sehingga tidak akan mungkin terjadi hal-hal buruk seperti anda harus segera angkat kaki karena unit rumah sudah dijual pemilik ke pihak lain. Atau apabila anda tiba-tiba harus membayar uang sewa lebih besar dari perjanjian yang sudah disepakati.

Itu dia 5 langkah mudah untuk anda yang mencari rumah disewakan di Bandung. Saat ini, memang cukup rumah sementara. Sampai suatu saat nanti anda temukan rumah selamanya versi anda. Semoga sukses!