Pengaruh Penjajahan Belanda bagi Indonesia

Memahami pengaruh atau dampak penjajahan Belanda bagi Indonesia secara lengkap, baik itu dari sisi positif maupun negatif di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Masuknya Belanda ke Nusantara pertama-tama diawali pada era ke 17, waktu itu 4 buah kapal Belanda yang di pimpin oleh Cornelis De Houtman sukses sampai di Banten, lewat rute Pantai Barat Afrika – Tanjung Keinginan – Samudra Hindia – Selat Malaka. Arah kehadiran Belanda diantaranya : untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah baru serta misi 3G (gold, glory, gospel).

Berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia berlangsung saat Belanda menyerah tiada prasyarat pada pihak Jepang pada tanggal 9 Maret 1942, lewat perundingan di Kalijati pada pihak Jepang serta Belanda yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Jonkeer Tjarda van Starkhenborg serta Letjen Hein ter Poor.

Di bawah ini beberapa dampak penjajahan Belanda di beberapa Bagian :

1. Bidang Ekonomi

Efek negatif bagian ekonomi penjajahan belanda yakni jadikan beberapa entrepreneur pribumi seperti perangkat pemerintah kolonial, mereka tidak bisa pendapatan sebesar awal mulanya sebab mesti membayar upeti. Pendapatan mereka ditukar dengan upah menurut ketetapan yang laku.

Selain itu, efek negatif buat petani ialah mereka diminta menanam tanaman yang telah dipastikan di harga sesuai dengan ketetapan, hingga menyebabkan penurunan pendapatan, berefek pada penurunan hasil kerajinan tangan yang awal mulanya ramai diperjual-belikan.

Efek positif bagian ekonomi terutamanya dalam soal pertanian ialah petani lokal (pribumi) kenal beberapa jenis tanaman rempah-rempah yang laris di pasar internasional, seperti lada, merica, kopi dan sebagainya. Dampak positifnya pasti amat sedikit jika dibanding kerugian ekonomi yang di terima penduduk waktu itu.

2. Bidang Pendidikan

Efek negatif penjajahan Belanda di Indonesia di bagian pendidikan. Tidak semua rakyat pribumi memperoleh jatah pendidikan, cuma penduduk spesifik (mempunyai jabatan) yang bisa rasakan pendidikan, mencakup keturunan bangsawan, keturunan raja serta entrepreneur kaya.

Pemerintah Kolonial membuat kurikulum pendidikannya sendiri, tidak sesuaikan dengan kondisi. Salah satunya mata pelajaran yang diprioritaskan ialah bahasa Belanda, dengan arah serta kebutuhan membuahkan pegawai-pegawai pemerintah trampil, terdiri, seta gaji murah.

Efek Positif Penjajahan Belanda Bagian Pendidikan :

1) Bangsa serta penduduk Indonesia jadi tahu akan perubahan yang berjalan dalam dunia luar.
2) Muncul golongan-golongan terdidik atau terpelajar Indonesia
3) Sejumlah kecil penduduk dapat membaca serta menulis

3. Bidang Budaya

Datangnya bangsa Belanda membuat budaya barat begitu berkembang dikalangan penduduk waktu itu, beberapa pergantian seperti tata langkah kehidupan, bahasa, langkah bergaul serta langkah kenakan pakaian. Pergantian ini selalu berkembang di kelompok keraton serta penduduk, menyebabkan kebiasaan di keraton makin terkikis.

Tidak hanya pergantian itu, meluasnya dampak agama kristen pun makin berasa di kerajaan ataupun penduduk biasa. Nilai positif yang bisa diambil ialah memperkaya kebudayaan Indonesia serta mengerti nilai-nilai budaya asing. Utamanya bisa membeda-bedakan manakah yang baik serta jelek.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hindia_Belanda