Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Masa penjajahan Jepang di Indonesia bisa dibilang tidak terlalu lama. Yaitu kurang lebih 3 1/5 tahun. Kedudukan Jepang di Indonesia kemudian dimanfaatkan untuk membentuk organisasi-organisasi militer dan semi militer. Dengan tujuan membantu Jepang untuk melawan sekutu dalam perang dunia II.

Berikut ini beberapa organisasi militer dan semi militer bentukan Jepang :

Organisasi Semi Militer

1. Organisasi Seinendan

Arah dibentuknya Seinendan ialah untuk mendapatkan tenaga perang cadangan, hingga memudahkan dalam memenangi perang menantang Sekutu. Sebelumnya anggota organisasi Seinendan sejumlah 3500 orang, lalu berkembang berubah menjadi 500 ribu orang di akhir penjajahan Jepang. Untuk memperluas Seinendan, pemerintah pendudukan Jepang membangun Seinendan di tingkat pabrik atau perumahan.

2. Organisasi Syuisintai

Arah dibentuknya organisasi semi militer bentukan Jepang Syuisintai ialah untuk menaikkan kesadaran rakyat, terutamanya pemuda hingga di masa datang bisa menolong Jepang menjaga wilayah Indonesia dalam perang. Organisasi semi militer ini berlatih memakai perlengkapan sederhana, misalnya senapan kayu serta bambu runcing.

3. Organisasi Keibodan

Sama dengan Seinendan, Organisasi Keibodan ialah organisasi semi militer bentukan Jepang, dengan sah dibuat pada tanggal 29 April 1943. Pembentukan organisasi semi militer Keibodan mempunyai tujuan untuk mendukung polisi. Tugas-tugasnya mencakup : Pengamanan desa dan penjagaan lalu lintas.

4. Organisasi Fujinkai

Organisasi semi militer bentukan Jepang keempat adalah Fujinkai atau dapat disebut himpunan wanita. Berdirinya organisasi ini tepat pada bulan Agustus 1943. Organisasi Fujinkai dibuat atas ide beberapa istri anggota organisasi semi militer yang lain. Ketentuan menjadi anggota Fujinkai ialah wanita berusia diatas 15 tahun.

Organisasi Militer

1. Organisasi PETA

Organisasi Pembela Tanah Air adalah organisasi militer yang dibuat Jepang, dibuat atas perintah Jenderal Kumakichi Harada, dibuat seakan-akan adalah saran dari bangsa Indonesia sendiri. Berlainan dengan organisasi Heiho, anggota PETA menempuh pendidikannya lewat pangkat-pangkat, mencakup : Deidanco, Cudanco, Shodanco, Bundanco, Giyuhei.

2. Organisasi Heiho

Heiho ialah organisasi militer bentukan Jepang berbentuk pasukan cadangan atau prajurit pembantu untuk pasukan Jepang yang tengah berperang. Heiho dibuat pada bulan April 1943, pasukan atau prajurit Heiho langsung diletakkan pada organisasi kemiliteran Jepang, baik itu Angkatan Darat (AD) maupun AL Angkatan Laut.

Itulah beberapa organisasi bentukan Jepang pada masa pendudukannya di wilayah Republik Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Seinendan
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Heiho