Novied Blog Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

9 December 2018

Analisis Dampak Penjajahan Jepang

Filed under: Sejarah — Ade Novied @ 08:22

Penjajahan atau pendudukan Jepang terhadap Indonesia dimulai pada bulan Maret tahun 1942. Ketika itu, kekuasaan Belanda di Indonesia berhasil diruntuhkan oleh pasukan Jepang yang berusaha menguasai wilayah strategis di Asia Tenggara.

Penjajahan Jepang di Indonesia berlangsung singkat, tidak lebih dari 4 tahun, hanya sekitar 3 tahun 5 bulanan. Tepatnya dari maret tahun 1942 hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Singkatnya pendudukan Jepang terhadap Indonesia, namun ternyata menimbulkan pengaruh atau dampaknya. Berikut ini analisis dampak penjajahan Jepang di berbagai bidang berdasarkan pendapat pribadi dan beberapa sumber yang akan saya cantumkan.

Adapun dampak yang dimaksud meliputi positif dan negatif, antara lain :

1. Dampak Bidang Politik

Terdapat beberapa pengaruh positif dibidang politik pada masa pendudukan Jepang. Salah satunya adalah Jepang lebih memilih memanfaatkan tokoh-tokoh penting Indonesia untuk melancarkan kepentingan Jepang. Namun sebaliknya, para tokoh memanfaatkan ini untuk kepentingan Indonesia.

Namun disisi negatif, Jepang melarang adanya kegiatan politik, baik itu dalam bentuk organisasi atau pun perkumpulan semacamnya.

2. Dampak Bidang Ekonomi

Salah satu pengaruh positif bidang ekonomi yaitu pengenalan line sistem untuk kegiatan pertanian. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Kemudian dampak negatifnya sangat banyak. Contohnya seperti terjadinya inflasi yang kemudian menyebabkan krisis ekonomi, dan kegiatan ekonomi ditujukan untuk kepentingan perang.

3. Dampak Bidang Sosial

Beberapa dampak dibidang sosial penjajahan Jepang di Indonesia misalnya seperti berkembangnya sistem kerja bakti di lingkungan masyarakat dan munculnya sikap dan keyakinan serta mempunyai kesadaran yang tinggi terkait dengan harga diri.

Namun dampak bidang sosial juga dirasakan, seperti terjadi banyak tindakan kriminal seperti perampokan yang semakin berkembang, pembatasan pers, dan kegiatan romusa yang semakin membuat rakyat hidup sengsara.

Itulah dampak di bidang politik, ekonomi dan sosial. Namun masih ada banyak sekali pengaruh pendudukan Jepang lainnya, seperti di bidang militer.

Pada masa pendudukan Jepang, banyak organisasi militer maupun semi militer dibentuk. Contohnya seperti PETA, Seinendan, dan sebagainya. Para bekas anggota organisasi-organisasi militer inilah yang nantinya menjadi TNI saat Indonesia telah merdeka.

Sumber Referensi :

3 December 2018

Hello world!

Filed under: Uncategorized — Ade Novied @ 08:33

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

Powered by WordPress