Mengoptimalkan Tempat Tidur Tingkat untuk Menyiasati Ruangan Sempit

February 2nd, 2019

Mengoptimalkan Tempat Tidur Tingkat untuk Menyiasati Ruangan Sempit

Mengoptimalkan Tempat Tidur Tingkat untuk Menyiasati Ruangan Sempit – Tempat tidur jenis tingkat atau ranjang susun dapat menjadi solusi untuk beberapa persoalan tata letak. Misalnya, jika memiliki dua anak tetapi hanya tersedia satu kamar, atau ingin menyiasati kamar yang cukup sempit. Untuk dapat menghemat tempat, ranjang dibuat bertumpuk dengan jarak tertentu. Biasanya desainnya dibingkai pula dengan material seperti kayu atau besi.

Desain tempat tidur tingkat biasanya digunakan untuk kamar anak-anak. Meski demikian, penggunaan tempat tidur yang disebut “bunk bed” ini semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan yang menggunakan konsep roomate.

Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata tempat tidur tingkat dalam ruangan bisa malah menjadi repot. Inilah beberapa cara untuk mengatur tata letak bunk bed dalam ruangan agar lebih optimal!

Pertama, upayakan tempat tidur tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Bagian sudut ruangan sebaiknya dihindari karena bukannya berhemat malah bisa jadi makan tempat. Pemasangan tempat tidur di salah satu dinding meluangkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari.

Sebaiknya tidak diletakkan dekat jendela untuk keamanan karena akan ada orang yang tidur di kasur bagian atas. Lagi pula, jika jendela tertutupi tempat tidur tingkat mengesankan ruangan lebih sempit. Jika memungkinkan tempatkan ranjang berseberangan dengan pintu agar akses masuk keluar tidak terhalang.

Kedua, buat tempat penyimpanan di bawah tempat tidur tingkat. Tips ini lebih bermanfaat daripada hanya membiarkan bagian kolong ranjang bawah terbuka sia-sia. Agar mendapat sentuhan lebih dekoratif, kamu bisa berkreasi dengan warna cat untuk laci di bawah ranjang.

Selanjutnya, gunakan tempat tidur tingkat dengan bentuk L. Berbeda dengan bentuk pada umumnya, ranjang tingkat dengan bentuk L tidak membuat ranjang bertumpuk. Meskipun tidak bertumpuk, namun tetap ditempatkan di bagian yang lebih tinggi dalam kamar. Tujuannya, selain untuk kesesuaian ruang, juga untuk menampilkan ornamen dekoratif. Bagian bawahnya bisa dijadikan rak buku.

Jika sulit menemukan tempat tidur tingkat yang sesuai dengan kamar kamu, buatlah sendiri. Caranya dengan menempelkan ranjang  semipermanen pada dinding ruangan. Ini membuat ranjang lebih kokoh tapi kekurangannya ranjang tidak dapat digeser atau dipindahkan. Ranjang susun juga digunakan agar kamar yang sempit terasa lebih lapang. Caranya, dengan mengatur tata letak perabot dan aneka barang lain yang ada dalam kamar.

Selanjutnya, jangan mendekorasi kamar dengan berlebihan. Hal itu akan membuat ruangan semakin terkesan padat. Jika memilih tempat tidur tingkat, pilih pilar ranjang dengan desain minimalis dan warna netral seperti putih atau abu. Urutkan benda di kamar sesuai dengan ukurannya. Lemari besar hingga meja pendek berlaci diurutkan misalnya berdasarkan tinggi dan besar. Tinggi serta ukuran yang tidak rata membuat kesan penuh pada ruangan.

Terakhir, mengatur kembali keberadaan lemari. Barang yang menumpuk bisa jadi disebabkan oleh lemari yang kecil. Itu artinya kamu membutuhkan lemari yang lebih besar. Namun, jika ukuran kamar sudah sempit, kamu bisa mengakalinya dengan membuat lemari built-in. Misalnya, menempel dengan dinding kamar bagian atas, di atas pintu, di bawah tempat tidur tingkat atau menjadikan kotak penyimpanan yang juga dapat digunakan sebagai kursi belajar.

Dalam memilih tempat tidur tingkat, perhatikan pemilihan warna, kekuatan, dan material pembuatannya yang aman bagi kesehatan. Patut diperhitungkan juga masalah desain yang tidak basi atau ”terlalu anak-anak” karena pertumbuhan anak-anak itu cepat menuju remaja.

Desain Tempat Tidur Anak yang Lucu dan Menggemaskan

February 2nd, 2019

Desain Tempat Tidur Anak yang Lucu dan Menggemaskan

Desain Tempat Tidur Anak yang Lucu dan Menggemaskan. Anak memang harus terbiasa tidur sendiri sejak usia balita. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa keberanian dalam diri mereka. Jika masih tidur bersama dengan orang tua, tentu sifat penakut tidak akan pernah hilang dan justru tumbuh menjadi seorang anak yang manja. Namun untuk mewujudkannya, maka Anda harus menyiapkan kamar tersendiri untuk mereka.

Berbeda dengan kamar tidur orang yang sudah dewasa, maka kamar tidur untuk anak memiliki desain tersendiri yang sesuai dengan karakter sang anak. Dekorasi dan perabot yang digunakan seperti tempat tidur anak, lemari pakaian, meja belajar, dan lainnya juga harus memiliki ukuran yang dapat dijangkau oleh mereka. Selain itu, desain dan bentuk tempat tidur juga harus sesuai dengan karakter anak-anak agar mereka mau tidur di kamar mereka sendiri. Semakin menarik tempat tidur tersebut, maka anak menjadi tidak khawatir jika harus tidur sendiri. Berikut ini beberapa contoh desain tempat tidur lucu untuk buah hati Anda

Desain Tempat Tidur Bertemakan Pesawat Luar Angkasa

Untuk anak laki-laki, bentuk tempat tidur anak yang paling disukai biasanya adalah pesawat, mobil, dan robot-robotan. Imajinasi mereka pasti tidak akan jauh dari balapan, pertarungan, militer, dan ruang angkasa. Oleh karena itulah, tempat tidur dengan bentuk peswat luar angkasa akan membuat imajinasi anak laki-laki Anda semakin luas dan menarik.

Desain Tempat Tidur Bertemakan Pink

Untuk anak perempuan, tempat tidur anak yang mereka sukai pastilah segala hal yang bersifat feminim. Salah satunya yaitu warna kesukaan anak perempuan yang biasanya adalah pink. Jika anak Anda senang dengan warna pink, maka jangan ragu lagi untuk memilih semua perabot dan dekorasi warna pink untuk putri tercinta di rumah.

Desain Tempat Tidur Bertemakan Rumah Pohon

Anak-anak biasanya sangat senang bermain rumah-rumahan. Jika cuaca cerah mungkin mereka bisa bermain rumah-rumahan di luar rumah, tetapi jika hujan atau sudah malam pasti Anda akan melarang mereka bermain. Alternatifnya yaitu membuat tempat tidur anak Anda menyerupai rumah pohon sehingga mereka bisa bermain rumah-rumahan kapanpun.

Tempat Tidur dengan Tempat Penyimpanan Ekstra

Selain meja belajar, perabot lain yang biasanya dikombinasikan dengan tempat tidur anak adalah lemari pakaian dan rak buku. Dengan begitu, masih ada banyak tempat di dalam kamar yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain seperti area bermain, atau lainnya.

Desain Tempat Tidur Bertemakan Bajak Laut

Memiliki tempat tidur anak dengan tema bajak laut adalah impian semua anak. Dengan menggunakan tempat tidur berbentuk perahu bajak laut dan dekorasi seperti ikan hiu dan peta harta karun, maka imajinasi anak Anda tentang bajak laut akan semakin keren.

Tempat Tidur Kereta Princess

Berbeda halnya dengan anak laki-laki, maka anak perempuan cenderung menyukai segala hal berbau princess yang biasanya berkaitan dengan tokoh-tokoh princess Disney. Salah satunya yang paling mudah adalah menggunakan tempat tidur anak berbentuk kereta kuda seperti pada kartun Cinderella.

Terlepas dari bentuk tempat tidur anak yang lucu, kenyamanan tempat tidur tetap harus menjadi prioritas utama. Jika menggunakan kasur spring bed, pastikan bahwa kualitas per atau pegas di dalam kasur masih dalam kondisi yang baik. Selain itu, mengingat batas maksimal penggunaan kasur adalah sekitar 9–10 tahun, maka janganlah menggunakan tempat tidur yang sama sejak anak balita hingga remaja.

Hello world!

January 9th, 2019

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!