RSS Feed

Sejarah komputer dari awal sampai sekarang

18 March 2013 by Nivia Illiyati Tsani

  1. 1.      Siapa yang menemukan komputer?

Charles Babbage

2.      Bagaimana sejarah perkembangan komputer sampai saat ini ?

Istilah Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung. Pengertian komputer sendiri adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Dalam sejarah dan perkembangan komputer ada beberapa generasi sejarah perkembangannya yaitu :

  1. A.    Alat Hitung Tradisional
  2. B.     Asal mula Ditemukan Komputer
  3. C.    Komputer Generasi Pertama  (1944-1959)
  4. D.    Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
  5. E.     Komputer Generasi Ketiga  (1964-1975)
  6. F.     Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)
  7. G.    Komputer Generasi Kelima  (Sekarang – Masa depan)
  8. H.    Komputer Masa Depan

Berikut ini penjelasan dari sejarah perkembangan komputer.

A.    Alat Hitung Tradisional

Sebelum ditemukan komputer, banyak alat penghitung lainnya, yang pertama, abacus atau sempoa dijadikan sebagai awal mula mesin komputasi (penghitung). Abacus pertama kali muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Kedua,  Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator ), ditemukan pada abad ke 12 oleh blaise pascal tepatnya pada tahun 1642. Alat penghitung ini diberi nama Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Ketiga, kalkulator roda numerik 2, ditemukan oleh seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz pada tahun 1694. Membantu menyempurnakan temuan dari pascal. Keempat, pada tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

B.     Asal Mula Ditemukan komputer

 

Pada tahun 1812, seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Yang sebenarnya menciptakan komputer. Karena banyaknya kesalahan dalam penghitungan dengan manual. Babbage terinspirasi untuk menemukan alat hitung mekanik yang dapat mengurangi kesalah dalam penghitungan. Dengan adanya masalah tersebut kemudian berkembang dan mendapatkan mesin mekanik. Babbage juga terinspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried Leibniz. Barulah pada tahun 1822, muncul mesin yang bernama differensial berfungsi untuk melakukan perhitungan persamaan differensial, selain itu mesin ini dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin ini menggunakan tenaga uap. Setelah sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine. Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern.

 

C.    Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

Pada tahun 1946, komputer generasi pertama dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania. Perancang komputer ini adalah John P.Eckert. Komputer ini diberi nama Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang merupakan komputer elektronik yang  pertama di dunia, memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Ciri khas komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

D.    Komputer Generasi Kedua  (1960-1964)

perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang2.jpg

Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Transistor ditemukan pada tahun 1948. Transistor mengantikan tube vakum yang ada televise, radio, dan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lainnya juga muncul berbagai bahasa pemrograman seperti COBOL, ALGOL, dan FOTRAN. Dari segi ukuran komputer generasi kedua lebih kecil hanya sebesar ukuran meja kerja dan mampu menyimpan data lebih banyak. Komputer ini lebih dikenal dengan nama UNIVAV (Universal Aotomatic Computer). Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM serie 7090  IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada masa komputer generasi kedua ini, Berbagai macam karir baru bermunculan seperti programmer, analyst, dan ahli sistem komputer.

E.     Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)

perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang3.jpg

Pada Komputer generasi ketiga, keberadaan transistor diganti dengan IC yang di temukan oleh Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument di tahun 1958, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11

F.     Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang4.jpg

Komputer generasi keempat mempunyai ciri khas yaitu Microprocessor. Microprocessor merupakan memasukan  ribuan IC kedalam sebuah Chip tunggal.  Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Karena bentuk yang semakin kecil, kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Dengan demikian kemungikan orang–orang biasa memiliki komputer bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.  IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

G.    Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)

Pada komputer generasi kelima di tandai dengan IBM yang berkerja sama Microsoft untuk mengembangkan software di dunia PC dan memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, tepatnya pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini. Perkembangan selanjutnya mengalami perubahan sejak IMB-PC bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, jemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, Pentium 3, dan Pentium 4 merupakan prosesor terakhir dalam keluarga intel. Pada generasi Pentium memiliki ciri khas peningkatan kecepatan, gambar berkualitas, ukuran lebih kecil dan semakin canggih.H.    Komputer Masa Depan

Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menjelajahi dunia”. Secara prinsip ciri-ciri komputer dimasa mendatang ialah lebih canggih, lebih murah, lebih kecil dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan yang seperti manusia. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

 

Daftar Pustaka

Aliefqu. 2011. Generasi sejarah perkembangan komputer. (Online), (http://aliefqu.wordpress.com/2011/03/21/5-generasi-sejarah-perkembangan-komputer/, diakses 21 Maret 2011).

Djal, Dester. 2013. Sejarah perkembangan komputer dari awal. (Online), (http://Djal-Destar.Blogspot.Com/2013/02/Sejarah-Perkembangan-Komputer-Dari-Awal.Html, diakses Febuari 2013).


No Comments »

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>