Tugas 3 Manajemen Pemasaran ( analisis segmen usaha dan peluang usaha)

17 February 2020
Comments Off on Tugas 3 Manajemen Pemasaran ( analisis segmen usaha dan peluang usaha)

Anggota kelompok:

Ni Luh Putu Ita Suwarningsih             195020901111010

Irfan Rafli Sidik                                     195020900111001

Alivia Naila Izzah             195020901111006

 

Soal :

  • Buatlah analisis peluang usaha berdasarkan segemen dan target konsumen. Berdasarkan lingkungan bisnis atau target pemasaran.

Jawab :

Analisa peluang bisnis berdasarkan segmentasi konsumen dan lingkungan bisnis

Setelah kami melaksanan perencanaan bisnis makanan yang bernama “Gubrak” yaitu camilan olahan ubi ungu dan coklat yang dibalut kulit lumpia, kami mulai menganalisa peluang bisnisnya dari segi segmentasi konsumen dan lingkungan bisnis itu sendiri.

Berdasarkan segmentasi konsumen,

Kami dapat merambah pasar di Malang kota mulai dari kecamatan kedungkandang hingga kecamatan lowokwaru. Namun karena Universitas Brawijaya berada di dekat daerah Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Klojen, maka kami menggencarkan penyebaran produk ke daerah tersebut. Kami menargetkan konsumen anak-anak hingga remaja-dewasa yang masih berstatus pelajar, karena produk kami sangat ekonomis dan juga cocok untuk dijadikan camilan disela kegiatan belajar, selain itu kondisi Malang yang sedang musim hujan terkadang membuat mood menjadi buruk dengan tiba-tiba, dengan sensasi hangat dan manis dari ubi ungu ditambah coklat yang akan lumer di mulut akan memperbaiki mood konsumen menjadi lebih menyenangkan.

Segmentasi psikografis

Di segmentasi ini, produk kami memiliki perbedaan tidak seperti olahan ubi pada umumnya. Yang umumnya hanya seperti kripik, es krim ataupun bolu. Dengan inovasi olahan ubi baru yaitu ubi ungu dengan isian coklat lumer dibaluti kulit Lumpia, produk kami memberikan pilihan baru bagi konsumen yang sedang mencari makanan berbahan dasar ubi. Inovasi produk kami ini belum pernah ada sebelumnya pada olahan ubi serta memiliki varian rasa coklat yang lebih mudah diterima untuk semua golongan. Sebenarnya sudah banyak penjual membuat produk sejenis, yaitu pisang coklat atau yang sering disebut piscok, beda penjual beda produk, ada piscok yang terlalu kering, coklatnya tidak lumer, coklatnya sangat banyak, dan lainnya. Harga yang ditawarkan pun relative sama, walaupun begitu kami tetap optimis karena kami juga akan menyediakan versi (freezer?) package, sehingga konsumen dapat menggorengnya sendiri di rumah dan juga kemasan ini bisa di distribusikan ke toko-toko arau café-café yang bekerjasama dengan kami, dengan begitu mereka tidak perlu khawatir produk kami tidak hangat lagi ketika sampai di tangan mereka.

 

Segmentasi demografi

Olahan ubi seperti kripik, es krim dan bolu biasanya kurang begitu disukai oleh generasi muda, karena dianggap memiliki tampilan yang kurang menarik atau kurang Instagramable. Tidak hanya berfokus pada inovasi rasa saja, tapi produk kami juga memikirkan bagaimana membuat suatu produk yang memiliki nilai estetika dari segi penampilannya, salah satunya melalui pengemasan produknya yang terkesan menarik dan juga modern. Dipasarkan di tempat-tempat ramai dan banyak makanan untuk dijajajkan, misalnya kantin sekolah atau universitas, malang night market atau pasar malam lainnya. Selain itu, jika kami ‘memoleskan’ produk kami dengan tampilan yang lebih menarik tentu saja berada dalam daftar menu café-café bukanlah hal yang sulit.

 

Segmentasi perilaku konsumen

Konsumen cenderung membeli sesuatu yang harganya murah namun kualitasnya bagus, sehingga dengan harga 2000 rupiah saja konsumen sudah mendapatkan rasa yang lezat, tampilan dan kemasan menarik, tentu sangat sebanding. Selain itu 2000 rupiah tentu daya beli masyarakat mampu membelinya.

 

Peluang bisnis atau lingkungan pemasaran

Untuk peluang bisnis dan lingkungan pasar yang sangat cocok terhadap produk kami dimana yang kita tahu di Malang sangat bnyak sekali café yang menjual kopi. Teman paling enak buat ngopi adalah cemilan lezat yang disajikan dalam keadaan hangat seperti makanan yang kami beri nama gubrak ini.  Karena dalam lingkungan malang yang mayoritas penduduknya mahasiswa, inovasi ini sangan cocok diterapkan melihat “GUBRAK” yang luar biasa manfaatnya, terjangkau, bikin kenyang dengan kandungan karbohidrat dalam ubi manis dan enak saat diskonsumsi. Makanan ini juga cocok disegala khalangan terkecuali bayi.

Tugas 2 Manajemen Pemasaran ( Rancangan Usaha)

16 February 2020
Comments Off on Tugas 2 Manajemen Pemasaran ( Rancangan Usaha)

Nama anggota kelompok :

1. Ni Luh Putu Ita Suwarningsih   195020901111010

2. Irfan Rafli Sidik    195020900111001

3. Alivia Naila Izzah    195020901111006

 

Perencanaan Bisnis: Ubi Ungu Isi Coklat Lumer Dibalut Kulit Lumpia ( yang kami beri nama dengan “GUBRAK”)

1.Latar Belakang

Jika diperhatikan pasar olahan dari ubi ungu atau ubi jalar belum ragam jenisnya, hanya seperti olahan kripik, es krim, bolu yang umumnya terdapat dipasaran. Ubi ini sering kali dijadikan makanan pokok dibeberapa daerah di Indonesia. Bila kita ketahui ubi ungu dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, anti kanker dan radang. Dewasa ini, generasi muda yang dikenal dengan generasi milenial kurang begitu suka dengan olahan yang kurang menarik atau kurang kreatif. Karena di jaman sekarang yang orang sukai dari makanan bukanlah hanya rasa, tapi juga dari segi penampilan yang menarik serta branding unik. Maka dari itu kami membuat ide kreatif olahan makanan dari ubi ungu dengan coklat lumer yang dikemas secara modern.

 

  1. Pemrakarsa

Dari latar belakang diatas, kami berencana membangun usaha dengan bahan baku ubi ungu yang kami beri nama “ Gubrak”. Usaha ini kami buat melihat pengalaman dari beberapa anggota kelompok kami yang sebelumnya juga pernah membuat usaha yang berkecimpung dibidang kuliner.

 

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang kita lakukan adalah dengan promosi di media sosial dan bekerja sama dengan jasa dari grab food dan go food. Target pemasaran dari produk kami adalah orang dewasa, mahasiswa, dan murid sekolah. Untuk tetap menjaga hubungan dengan para pelanggan kita adakan pelayanan yang cepat tanggap dan tentunya adanya diskon di hari-hari besar tertentu. Untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap produk kami, kami akan selalu berusaha memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan nilai yang diperoleh dari produk kami yang tidak dapat diperoleh dari produk lain. Dengan makanan sehat kaya manfaat, penampilan menarik, rasa yang enak dan dikemas dengan gaya anak milenial.

4. Produksi

– alat dan bahan produksi

  • ubi ungu
  • coklat batang
  • kulit lumpia
  • kental manis
  • minyak goreng
  • wajan
  • mangkok
  • sendok & garpu
  • pisau
  • spatula

– perkiraan biaya produksi

  • Total biaya produksi : Rp 31.000
  • Harga pokok produksi : Rp 620/ pcs
  • Harga Jual : Rp 2.000/ pcs
  • Laba per produk : Rp 1.380/ pcs

– perkiraan pendapatan per satu kali produksi

  • 50 pcs X Rp 2.000 = Rp 100.000

Tugas 1 Manajemen Pemasaran

16 February 2020
Comments Off on Tugas 1 Manajemen Pemasaran

Tugas Manajemen Pemasaran
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran
Jawab :
Pemasaran secara sederhana dapat diartikan sebagai pertukaran. Baik itu jasa ataupun barang yang di pasarkan, tentu pertukaran haruslah memiliki/memenuhi nilai yang diinginkan oleh masing-masing pihak yang menukarkan dan tentu memiliki nilai yang seimbang menurut pemilik barang yang akan di tukar. Jika sebelum adanya uang orang melakukan barter, di jaman sekarang dalam pemasaran orang menukarkan barang atau jasanya dengan uang. Pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Atau definisi sederhana yang sangat realistisnya adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Menurut Peter Drucker, ahli teori manajemen terkenal, mengatakan bahwa “tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan sangat baik sehingga produk atau layanan tersebut cocok untuknya dan menjualnya sendiri.

2. Jelaskan kebutuhan menurut maslow dan pilihlah jika anda menjadi wirausaha akan memenuhi kebutuhan yang mana?
Jawab :
a. Kebutuhan menurut maslow :
1) Kebutuhan Fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.
2) Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
3) Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.
4) Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.
5) Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.
b. Kebutuhan yang akan dipenuhi jika menjadi wirausaha adalah kebutuhan fisiologis, yang merupakan kebutuhan dasar dari manusia. Karena kebutuhan-kebutuhan fisiologi pasti dibutukan karena merupakan kebutuhan dasar. Sehingga merupakan peluang yang cukup besar dalam wirausaha, seperti makanan, wisata kuliner memang tidak pernah ada matinya, karena semua orang butuh makan. Selesai makan orang butuh minum, sehingga bisnis ini merupakan sesuatu yang cukup menjanjikan dalam kewirausahaan.

3. Usaha yang akan anda buat untuk memenuhi kebutuhan tersebut?
Jawab :
Usaha yang akan saya buat adalah berjualan makanan sehat, seperti salad buah, bubur ayam, dan lain sebagainya. Usaha yang diperlukan adalah bagaimana kita mampu menghasilkan produk makanan yang lezat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan merupakan kebutuhan dasar setiap mahluk hidup di dunia ini, karena tanpa makan mahluk hidup kan mati. Selain makanan, yang dekat dan tidak terpisahkan adalah minuman yang tentunya juga sehat dan segar. Selain makan dan minum usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fisiologi adalah istirahat tidur, dan aktifitas dasar lainnya. Namun sebelum saya memulai usaha diatas hal yang perlu saya perhatikan adalah hasil dari risert dan observasi yang saya lakukan. Agar target pasar jelas dan produk yang saya jual sesuai dengat pasar.

Hello world!

14 February 2020

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!