Newest Posts

Physical Diagram Database SAMPLE DB2

Database Sample di DB2ADMIN terdiri dari 22 tabel utama tentang sebuah perusahaan, mulai dari employee, department hingga customer. Diagram lengkapnya sebagai berikut:

Diagram ini digenerate dengan Oracle SQLDeveloper:Data Modeler sehingga ada sedikit perbedaan tipe data. Tapi secara umum diagram ini bisa dijadikan bahan belajar untuk memahami tabel dan relasi di database SAMPLE.

I-adv (internet advertising)

Sebagai salah satu alat pemasaran , internet telah menjadi sebuah fenomena yang semakin marak di geluti. Banyak pengusaha atau bisnis yang telah merambah ke jalur internet untuk bisa tetap bersaing dengan rival nya.

Walaupun belum menggunakan e-commerce sebagai cara trading tetapi i-adv sudah mulai menyebar di blog, situs jejaring sosial, forum diskusi dan web-web lainnya. Dan tak pelak jalur pemasaran internet (internet marketing) banyak diakui telah menambah produktifitas yang semakin meningkat.

Dengan mudah dan murahnya memasang iklan di internet, menyebabkan beralihnya media advertising perusahaan. Jika dulu sangat marak iklan di media cetak, televisi dan radio, kini perlahan tapi pasti telah beralih ke media internet. Sehingga menyebabkan penurunan harga advertising media cetak, televisi dan radio.

Hal –hal yang mempengaruhi harga advertising di sebuah web :
1. banyaknya pengunjung/ visitors ke web tersebut.
Dengan semakin banyak pengunjung maka pangsa pasarnya lebih luas karena kemungkinan advertisng dilihat oleh orang lebih banyak.
2. peletakan iklan di home page (halaman depan) atau di navigasi page (halaman dalam)
Tentunya pemasangan iklan di home page akan lebih mahal biayanya dibandingan dengan iklan di navigasi page.
3. ukuran dari advertising, biasanya dalam satuan pixel.
Sama seperti media periklanan yang lain, semakin besar space yang digunakan semakin tinggi harganya.
4. jenis teknologi grafis yang digunakan
Menggunakan gambar statis, slideshow, flash atau movie. Akan memberi pengaruh kepada pengaksesan web sehingga penggunaan teknologi untuk membuat advertising harus disesuaikan dengan teknologi web. Semakin membutuhkan loading / bandwith besar maka semakin mahal tarifnya.

Untuk membandingkan harga antara advertising media internet, media cetak dan media elektronik sangat sulit dilakukan (perlu observasi lebih dalam dan perhitungan data statistik) agar bisa ditemukan rata-rata harga dari banyaknya variasi harga yang sangat bergantung pada 4 hal di atas.

Beberapa data harga di bawah ini saya ambil dari referensi web pasang iklan, antara lain
http://pasang-iklan-kompas.indonetwork.co.id/1724232/pasang-iklan-kompas-koran-seluruh-indonesia.htm, http://www.aguschandra.com/pasang-iklan/,
http://www.pasangiklan.com/, http://radiokartikafm.tripod.com/.

A. Media internet
antara Rp. 400.000 s/d Rp. 1.500.000 per bulan
dengan rata-rata pengunjung 30.000/hari.

B. Media cetak (koran skala nasional)
antara Rp. 100.000 s/d Rp. 1.500.000 per 1 kali cetak.
dengan koran skala nasional.

C. Media radio
antara 20.000 s/d 300.000 per bulan
dengan wilayah jangkauan kota

Keuntungan memasang iklan di internet :
1. batas jangkauan pemasaran adalah batas layanan intenet (cyberworld) dimana untuk saat ini cyberworld sudah mencapai hampir seluruh dunia.
2. lebih tepat sasaran konsumennya sebagai pangsa pasar dengan melihat jenis web ketertarikan visitor web tersebut.

Electronic Commerce

Electronic Commerce referred to as “E-commerce”. I think everyone have familiar to e-commerce now. But do you know ‘What is the different and similarity about E-commerce and E-business?’. Hmm, cekidot…

  E-commerce E-business

Definition

Commerce or trade doing by ICT (information and communication technologies) Business doing by ICT (information and communication technologies) to expand that business.
Scope

Process of purchase, selling, transfer products, services or information exchange with computer, networking, internet

The area more wide than e-commerce not only   with process of purchase and selling but also services customer, colaboration with another business, or electronic transaction in company by computer, networking, internet
Relations

Between seller and buyer(customer)

More widely to branching their business

Profit Money

Money, reputation, relation and trusted on transaction. 

So E-commerce is a subset of an overall e-business strategy. Ok that is the theory, now we will discuss more about the implementations and spread of e-commerce.

E-commerce, is it real?
Maybe yes, maybe no.
Why is it real?
Because it just a way to create or developing commercial companies that have been exist in real word before, with electronic media to promotion and sell-buy transaction.

Why isn’t real?
Because it use media electronic like internet (cyber world) to operate the trade online. A commercial company may not have a building or office to work.
As an example, a housewife can make an e-commerce catering from the kitchen. If we did not recognized her, maybe with the bid insured in her web “catering” we will decided to order in her catering. This catering that we direct order is belong B2C (business to customer) e-commerce.

Now we talk about business pressures that point to E-commerce and how to evaluate them so you can make best strategy to build your own e-commerce.
First, about market and economic pressures :
– strong competition
make your marketing be different, easy to access, available 24 hours and trusted
– global economy
make coverage of business spread of widely, there are no land boundaries truly so you can extend your company’s coverage but with global economy it’s mean you have another rival from another place too.
– frequent and significant changes in market
it means your company must be suitable with the changes in market. So you must decided the suitable prudance for your business.

Second, societal and environmental pressures :
– changing nature of workforce
Use workforce that qualify with his/her job.
– government deregulation of banking and other services
Support the government in banking and other services make a good respon in citizens to do e-commerce.
– increased importance of ethical and legal issues
It’s make a good deal in business, trusted and avoid monkey business.

Third, technological pressure. I think technological pressure is must important part that change the state of business and commerce so they can become E-business and E-commerce.
– rapid technological obsolescence.
– increase innovations and new technologies.
– information overload.
– rapid decline in technology cost vs performance ratio
Because technology always evolve, and make a new product technology that can support your business. Customer want a comfortable access so you must choose a right technology for your sales targets.

E-commerce can be classification into 3 type :
1.B2B (Business to Business)
Example in e-commerce catering, it can join with eo (event organizer) that held wedding party or birthday party. It is business in food that join with business in services party.

2.B2C (Business to Customer)
Example in e-commerce catering, the order can be reserved directly from the website by customer that have party

3.B2E (Business to Employee)
Example in e-commerce online training english language, every employee can have training from their seat by online.

From the classification above, we know that B2B (Business to Business) have larger area than other. It can branching your product to another business, it’s mean the chance to growth your business is more attractive.

Some ethical issues that exist in Indonesia that can be consider in your e-commerce is :
1.technical limitation
– insufficient telecommunication bandwith.
so make your website not complex but still interactive so it’s can access very fast.
– many place in Indonesia can access internet not yet
So build your product’s market and customer’s area in right place.
-difficult integrating internet, e-commerce software and hardware that exist now
Commonly use technology that other ecommerce use too.
2.non-technical limitation
– with minimum knowledge in technology. It’s can be expensive to develope E-commerce in house.
– provider sometimes can’t guarantee security and privasi data from customer.
– still not sure for some customer that rarely do e-commerce
– lack of trust and user resistance so you must make a good branded for your product and trusted transaction so you can build a good image.
Now, many e-commerce appear with various design and variation. So the best way to learn about E-commerce is try it yourself to make your product business become e-commerce.

I would be grateful if you could leave comments about my article “Electronic Commerce” or my grammar maybe. Thanks #^_^#

Reference :
http://www.indonesiaindonesia.com/f/16227-e-business-e-commerce/
http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
http://artikel.ilmuti.com/2011/01/23/definisi-e-commerce-2/

install oracle 10g

yah, artikel ini sebagai curhat karena gak bisa install oracle 10g enterprise edition di w7. gak tau kenapa dah q coba install dengan beberapa cara yg berbeda tetep aja gak bisa. q liat errornya ternyata connection internetnya gak bisa karena laptop ini pake koneksi DHCP. !@#$% apaan tuh? ada yang punya saran???

akhirnya daripda bingung, q install yang exspress edition ternyata lebih gampang dan mudah pakenya. bisa create user kayak gini

click connect. udah deh.
maaph klo da yg salah dari info ini bisa dikoreksi. ^_*

trus klo mau otak-atik db ini, enakan pake oracle sql developer (tinggal running application-nya tanpa install).
perlu tau jg klo sql developer ini hanya tools untuk memudahkan dalam menggunakan database oracle jadi tetep perlu server oracle.
tahap awal penggunaannya : ya bikin new connection ke oracle exspress edition yg sudah diinstall.
nih settingnya

NCP (NETWORK CONTROL PROGRAM), protokol jaringan pertama ARPANET.

NCP adalah protokol jaringan pertama ARPANET.
NCP diselesaikan dan digunakan pada bulan Desember 1970 oleh Network Working Group (NWG) yang dipimpin oleh Steve Crocker, juga penemu Request For Comments.

NCP digunakan sebagai standart interface jaringan ARPANET, sehingga memudahkan untuk membuat dan memungkinkan lebih banyak lagi situs DARPA untuk bergabung dalam satu jaringan.

NCP bekerja sebagai protokol Host-to-Host,
maksudnya adalah komunikasi antar host dapat berjalan pada jaringan yang sama.

Pada akhir tahun 1971 terdapat lima belas situs menggunakan NCP di young Internet:
1. Bolt Baranek and Newman
2. Carnegie Mellon University
3. Case Western Reserve University
4. Harvard University
5. Lincoln Laboratories
6. Massachusetts Institute of Technology
7. NASA at AMES
8. RAND Corporation
9. Stanford Research Institute
10.Stanford University
11.System Development Corporation
12.University of California at Los Angeles
13.University of California of Santa Barbara
14.University of Illinois at Urbana
15.University of UTAH

Meskipun NCP tidak memiliki kemampuan untuk pengalamatan jaringan komputer (dan mesin) namun pada akhirnya penggunaan IMP dalam ARPANET mengharuskan perubahan-perubahan NCP.
NCP dipergunakan dalam ARPANET untuk menjaga reliabilitas end-to-end. Apabila banyak paket hilang, maka protokol ini (dengan didukung aplikasi lainnya) tidak menimbulkan masalah. Dalam model ini NCP tidak menunjukkan kegagalan dalam mengontrol end-to-end host. Sejak saat itu ARPANET merupakan jaringan komputer yang ada dan tidak memerlukan penggunakan kontrol error pada hostnya.

Namun, Robert Kahn dan Vinton Cerf memutuskan untuk mengembangkan sebuah versi baru protokol yang dapat bekerja dengan baik pada lingkungan jaringan komputer dengan arsitektur terbuka. Protocol ini kemudian disebut Transmission ControlProtocol/Internet Protocol (TCP/IP). Sedangkan NCP cenderung dipergunakan sebagai sebuah pengendali alat (device driver), protokol TCP/IP ini lebih menyerupai sebuah protokol komunikasi dan masih digunakan di Internet saat ini.

RFC 3912 : WHOIS Protocol Specification

SPESIFIKASI PROTOKOL WHOIS

1. PENGANTAR

WHOIS nerupakan sebuah protokol TCP yang berorientasi pada query/response yang secara umum digunakan
untuk menyediakan informasi layanan kepada pengguna internet. awalnya whois digunakan untuk
layanan “white pages” (layanan untuk mencari alamat email seseorang) dan informasi tentang nama domain terdaftar.
protokol whois memeberikan layanan balasan yang dapat terbaca manusia.

WHOIS tidak memiliki banyak atribut desain protokol, misalnya standart protokol internasional dan keamanan yang kuat,

2. SPESIFIKASI PROTOKOL

Server WHOIS mendengarkan pada TCP port 43 untuk request dari WHOIS client.
Client WHOIS membuat teks request ke Server WHOIS. kemudian Server WHOIS mengirim balasan/replies dengan konten teks.
Semua permintaan/request diakhiri dengan ASCII CR dan kemudian ASCII LF. Server WHOIS menutup koneksi ketika output selesai.
Tertutupnya koneksi TCP mengindikasikan kepada client bahawa respon telah diterima.

3. CONTOH

jika sebuah request ditempatkan di Server WHOIS yang berlokasi di whois.nic.mil untuk informasi tentang “Smith”,
paket on the wire terlihat seperti :

client server at whois.nic.mil

open TCP —- (SYN) ——————————>
<—- (SYN+ACK) ————————-
send query —- "Smith” ——————–>
get answer <—- "Info about Smith” ———
<—- "More info about Smith” —-
close

4. INTERNASIONALISASI

Protokol WHOIS belum standart internasional. karena :
– tidak ada mekanisme untuk mengindikasi karakter yang digunakan

Awalnya, teks utama encoding digunakan adalah U.S.-ASCII. Dalam praktek, beberapa server WHOIS, khususnya di luar Amerika Serikat,
mungkin menggunakan set karakter yang lain baik untuk request, replies atau keduanya. ketidakmampuan untuk memprediksi atau mempercepat
proses text encoding berdampak negatif terhadap kemampuan operasi antar WHOIS protokol.

5. PERTIMBANGAN SECURITY

Protokol WHOIS tidak mempunyai ketentuan untuk keamanan yang kuat.
WHOIS tidak memiliki mekanisme untuk access control, integritas, dan kerahasiaan.
Oleh karena itu, layanan berbasis WHOIS hanya dapat digunakan untuk informasi yang non-sensitif
dan dimaksudkan untuk dapat diakses oleh semua orang.

link rfc : http://datatracker.ietf.org/doc/rfc3912/

TCP, UDP, Port, Socket, TCP Header, Handshake

1.TCP (transmission control protocol)
TCP merupakan jenis protocol connection-oriented, sebelum data dapat ditransmisikan antara dua host, dua proses yang berjalan pada lapisan aplikasi harus melakukan negosiasi untuk membuat sesi koneksi terlebih dahulu.
Proses pembuatan koneksi TCP disebut juga dengan “3-way handshake”. Tujuan metode ini adalah agar dapat melakukan sinkronisasi terhadap nomor urut dan nomor acknowledgement yang dikirimkan oleh kedua pihak dan saling bertukar ukuran TCP Window. Prosesnya adalah Host pertama (yang ingin membuat koneksi) akan mengirimkan sebuah segmen TCP dengan flag SYN kepada host kedua (yang hendak diajak untuk berkomunikasi). Host kedua akan meresponsnya dengan mengirimkan segmen yang berisi acknowledgen dan juga SYN kepada host pertama. Host pertama selanjutnya akan mulai saling bertukar data dengan host kedua. Proses handshaking complete dengan ditandai kedua client telah menerima acknowledgements dari koneksi sehingga keduanya dapat saling mengirim data.

2. UDP (user datagram protokol)
UDP merupakan protocol transport layer seperti TCP, tetapi UDP lebih cepat dibandingkan TCP dan mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP. UDP mengijinkan komunikasi antara proses-proses pada node yang berbeda. Setiap proses ditandai dengan nomor logical port.
Contoh berikut adalah menggunakan TFTP server provides dan layanan VOIP (voice over IP).
Pada TFTP, UDP header adalah 69/1598, 69 merupakan destination port (tftp) dan 1598 merupakan source port (tftp client), nomor source port diacak oleh UDP. Pada VOIP, header UDP adalah 9760/2793, 9760 merupakan destination port (VoIP) dan 2793 merupakan source port (VoIP).
Pada saat sampai di tujuan UDP membaca destination port pada TFTP (69) dan mengirim data ke proses yang tersedia. Packet yang asli memiliki source port sehingga server dapat mengirim kembali data ke tftp client.
Ketika sebuah aplikasi ingin mengirimkan data, UDP tidak membagi datanya (fragment). Data langsung dikirim ke IP layer. Karena UDP tidak melakukan frgment pada data maka jika data lebih besat dari MTU, IP layer harus melakukan fragment.
Ketika UDP pada penerima mendapat data, penerima tidak mengirimkan acknowledgement. Karena tidak ada pemberitahuan data sudah terkirim, UDT tidak melakukan apapun saat kehilangan data. UDP tidak membuat koneksi ke tujuan sebelum mengirimkan data, UDP hanya mengirim atau menerima data dari aplikasi. Saat server tidak online, data akan terbuang.
Karena UDP lebih cepat dibandingkan TCP, maka lebih berguna saat menggunakan aplikasi seperti VOIP atau streaming media.

3. PORT
Dalam protokol jaringan, port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP. Karena memiliki angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536 buah.

Dilihat dari penomorannya, port UDP dan TCP dibagi menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut :
• Well-known Port: yang pada awalnya berkisar antara 0 hingga 255 tapi kemudian diperlebar untuk mendukung antara 0 hingga 1023. Port number yang termasuk ke dalam well-known port, selalu merepresentasikan layanan jaringan yang sama, dan ditetapkan oleh Internet Assigned Number Authority (IANA). Beberapa di antara port-port yang berada di dalam range Well-known port masih belum ditetapkan dan direservasikan untuk digunakan oleh layanan yang bakal ada di masa depan. Well-known port didefinisikan dalam RFC 1060.
• Registered Port: Port-port yang digunakan oleh vendor-vendor komputer atau jaringan yang berbeda untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat. Registered port juga diketahui dan didaftarkan oleh IANA tapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama. Range registered port berkisar dari 1024 hingga 49151 dan beberapa port di antaranya adalah Dynamically Assigned Port.
• Dynamically Assigned Port: merupakan port-port yang ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani request dari pengguna sesuai dengan kebutuhan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dilepaskan sesuai kebutuhan.

4. SOCKET
Socket adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Keunggulan dari penggunaan socket ini dibandingkan jika menggunakan pipes biasa adalah dapat melakukan komunikasi antar proses/program melalui jaringan berbasis TCP/IP, bahkan dengan program lain yang berjalan pada platform non-unix seperti Microsoft Windows, sepanjang program tersebut berbicara dalam protokol transfer yang sama.
Komunikasi socket terutama diciptakan untuk tujuan menjembatani komunikasi antara dua buah program yang dijalankan pada mesin yang berbeda. Yang berarti dua program pada mesin yang sama dapat juga saling berkomunikasi. Kelebihan lain dari komunikasi socket adalah mampu menangani banyak klien sekaligus (multiple clients).
Jenis Socket :
• Socket Lokal : Socket Lokal adalah socket yang melakukan komunikasi dengan perantaraan sebuah file yang biasanya diletakkan pada direktori /tmp atau /usr/tmp ataupun /var/tmp. Socket semacam ini digunakan umumnya terbatas untuk komunikasi antar aplikasi dalam satu mesin.
• Socket Networking : Socket Networking ditujukan untuk komunikasi antar aplikasi antar mesin dalam lingkungan jaringan TCP/IP. Identifikasi socket dilakukan dengan sebuah service identifier yaitu berupa nomor port TCP/IP yang dapat di sambung oleh client.
• Socket Stream : Socket Stream adalah socket komunikasi full-duplex berbasis aliran (stream) data. Pada model komunikasi Socket Stream, koneksi dua aplikasi harus dalam kondisi tersambung dengan benar untuk dapat bertukar data. Ini dapat dianalogikan seperti komunikasi telepon. Jika sambungan telepon di salah satu titik putus, maka komunikasi tidak dapat terjadi. Koneksi model seperti ini akan menjamin data dapat dipertukarkan dengan baik, namun memiliki kelemahan dalam hal penggunaan jalur data yang relatif besar dan tidak boleh terputus.
• Socket Datagram : Socket Datagram berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Socket ini tidak membutuhkan koneksi yang tersambung dengan benar untuk mengirimkan dan menerima data. Model koneksi semacam ini tidak dapat menjamin data dapat dipertukarkan dengan baik, namun memiliki keunggulan dalam hal penggunaan jalur data yang minimal. Socket Datagram dapat dianalogikan dengan komunikasi yang terjadi pada kelas, misalnya pada saat guru melakukan broadcasting materi pelajaran untuk diterima oleh setiap murid. Tidak ada yang dapat menjamin materi pelajaran dapat diterima oleh semua murid dengan baik, kecuali diterapkan metoda rechecking. Rechecking ini dapat dilakukan baik oleh guru maupun murid. Guru bertanya untuk memastikan jawaban dari murid benar, atau murid bertanya untuk memastikan kebenaran materi yang diterimanya. Socket Datagram pun menggunakan metoda ini untuk menjamin pengiriman data dapat dilakukan dengan baik.

5. TCP Header
Ukuran dari header TCP adalah bervariasi, yang terdiri atas beberapa field yang ditunjukkan dalam gambar berikut. Ukuran TCP header paling kecil (ketika tidak ada tambahan opsi TCP) adalah 20 byte.

6. HANDSHAKE
Handshaking adalah proses yang mengatur dan mengendalikan aliran data antar 2 peranti. Hansdhaking diperlukan untuk mengakomodasi ketepatan waktu pengiriman data antara komputer dan terminal, atau periferal. Beberapa handshaking secara umum diperlukan karena komputer dan terminal mungkin beroperasi pada kecepatan yang berbeda. Jalur handshake biasanya ditambahkan untuk mengendalikan waktu yang tepat untuk pengiriman data.
Handshaking adalah proses negosiasi otomatis yang secara dinamis menentukan parameter dalam pembentukan kanal komunikasi antara dua entitas normal sebelum komunikasi melalui kanal dimulai. Ia mengikuti pembentukan fisik saluran precedes normal dan mentransfer informasi. Contohnya : ketika sebuah komputer berkomunikasi dengan perangkat lain seperti modem atau printer yang perlu melakukan handshake untuk membuat sambungan.
Proses negosiasi handshake, melibatkan pertukaran cryptographic keys, certificate dan informasi lain, random data digunakan untuk membuat enkripsi satu waktu, dan valuenya digunakan untuk mengidentifikasi handshake. Handshake memiliki tiga tujuan :
• Untuk membolehkan client dan server setuju mengenai algoritma yang akan mereka gunakan.
• Untuk melibatkan kumpulan dari crypto keys untuk digunakan oleh algoritma tersebut.
• Untuk mengautentikasi klien.
Catatan penting bahwa Handshake memerlukan perhitungan yang sangat kompleks dan perlu komputer dengan processor yang tangguh. Pada akhir cryptographic key dibuat dan dipertukarkan antara client dan server, enkripsi berikutnya dibuat cukup mudah sejauh prosesor dari komputer terfokus, namun hal itu tetap menjadikan perlunya performa tinggi dari server. Terutama ketika handshake dengan jumlah besar terjadi dalam waktu
bersamaan. Bagaimanapun juga, pekerjaan ini dapat dilakukan oleh processor khusus/spesial
yang didesain khusus untuk memproses perhitungan matematis yang melibatkan handshake.

Network Standardization & Metric Units (Chapter 1.6 & 1.7 “Computer Networks” by Andrew S. Tanenbaum)

NETWORK STANDARDIZATION (STANDARISASI JARINGAN)
perlunya standart dari penggunaan jaringan yang global sangat diperlukan agar memperluas komunikasi antar komputer. Tidak hanya standar yang memungkinkan komputer yang berbeda untuk berkomunikasi, tetapi mereka juga meningkatkan pasar untuk produk mengikuti standar. Sebuah pasar yang lebih besar mengarah ke produksi massal, skala ekonomi di bidang manufaktur, implementasi VLSI, dan manfaat lain yang menurunkan harga dan meningkatkan penerimaan lebih lanjut.

METRIC UNIT (SATUAN STANDART)
ntuk menghindari kebingungan, satuan metrik yang digunakan sebagai pengganti satuan tradisional Inggris tercantum pada Gambar. 1-39. Awalan biasanya disingkat dengan huruf pertama mereka, dengan unit yang lebih besar dari 1 dikapitalisasi (KB, MB, dll). Satu pengecualian (untuk alasan sejarah) adalah kbps untuk kilobit / detik. Dengan demikian, jalur komunikasi 1-Mbps mentransmisikan 106 bit / detik dan psec 100 (atau 100 ps) jam kutu setiap 10-10 detik. Sejak mili dan mikro baik dimulai dengan huruf”m,”pilihan harus dibuat. Biasanya,”m”adalah untuk mili dan””μ (dalam huruf Yunani mu) adalah untuk mikro.

CONTOH JARINGAN (Chapter 1.5 “Computer Networks” by Andrew S. Tanenbaum)

1. INTERNET

2. Connection-Oriented Networks: X.25, Frame Relay, and ATM

3. Ethernet

4. Wireless LANs: 802.11

REFERENCES MODEL NETWORK (Chapter 1.4 “Computer Networks” by Andrew S. Tanenbaum)

Dalam dua bagian selanjutnya kita akan membahas dua arsitektur jaringan penting, acuan OSI model dan TCP / IP model referensi.
1. OSI Reference Model
Model OSI Ditunjukkan pada Gambar. 1-20. Model ini didasarkan pada proposal yang dikembangkan oleh International Standar Organization (ISO) sebagai langkah pertama menuju standarisasi protokol internasional yang digunakan dalam berbagai lapisan (Hari dan Zimmermann, 1983). Saat itu direvisi pada tahun 1995 (Day, 1995). Model ini disebut ISO OSI (Open System Interconnection) Reference Model karena berhubungan dengan menghubungkan sistem terbuka-yaitu, sistem yang terbuka untuk berkomunikasi dengan sistem lain.

2.TCP / IP Reference Model
etika satelit dan jaringan radio ditambahkan kemudian, protokol yang ada mengalami kesulitan interworking dengan mereka, sehingga arsitektur referensi baru dibutuhkan. Dengan demikian, kemampuan untuk terhubung jaringan ganda dalam cara mudah adalah salah satu tujuan utama dari desain awal. Arsitektur ini kemudian dikenal sebagai TCP /, IP Reference.