browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kanan-Kiri, katanya aku kaya orang kiri (1)

Hai vlad, sedikit cerita tentang aku yang dicurigai (?) condong kearah kiri (?) apasih itu maksudnya yal?

Sebenernya aku juga ga terlalu paham sama istilah kanan-kiri ini wkwk, pertama kali denger dari mas Andre, dari yang aku pahami kanan-kiri ini tentang islam dan kelompok islam yang katanya liberal, jadi kelompok kanan adalah islam tulen, dan kelompok kiri adalah islam yang sudah terpengaruh neoliberal, dan aku entah dengan alasan apa dicurigai condong kearah kiri. LAH KO BISA?

Sebelumnya aku mau nyamain persepsi dulu, dari apa yang aku baca diinternet islam liberal adalah islam yang sangat mengerikan, salah, bebas, dan ga masuk akal wkwk, entah beritanya yang terlalu banyak ngarangnya, entah emang kenyataannya kaya gitu, jadi islam liberal sendiri masih belum bisa aku interpretasikan, soalnya setelah stalking ‘gegeduk’ islam liberal yaitu Ulil Absor yang dapat aku pahami islam dalam konteks liberal ini adalah islam yang merasionalisasikan segala sesuatu (?) masih harus banyak baca sih, dan agak sulit cari referensi yang netral dan ga memihak.

Balik lagi kepada kecurigaan tentang aku yang dianggap condong ke kiri, aku pikir alasan kenapa itu bisa terjadi soalnya aku agak sedikit memperdebatkan berita-berita yang ada di beberapa media islam yang isinya jelas ga masuk akal, penuh kepentingan, menghasut, dan bikin pembodohan public, duh maaf ya kalo aku frontal he he he.  Misal berita-berita yang isinya dipelintir/dibikin salah paham kaya kata-katanya JK, pak mentri agama, dll, sebagai orang yang mencoba berpikir kritis, aku agak risih sama penyajian berita-berita itu, dengan etika jurnalistik yang kacau balau (aku lumayan paham cara menulis berita yang baik dan benar setelah 1 tahun belajar komunikasi), diisi hated speech (penuh kebencian, mendiskreditkan suatu golongan), argumen yang ngawur (subyektif banget, ga ada data, ga ada fakta), dan logikanya berantakan (premis dan konklusinya ga nyambung) fallacy akut pokonya.. oh iya si fallacy ini juga aku pikir berperan besar dalam kecurigaan orang lain sama aku, dan mereka ngejadiin fallacy ini sebagai bahan becandaan, padahal jelas kalo mereka sebenernya ga terlalu paham fallacy itu apa -_- nah karena aku ga menerima segala jenis berita yang seperti itu, mungkin terlihat bahwa aku cenderung mengabaikan Sunnah atau apapun itu kaidah islam yang dibawa sama berita itu, dan mereka menyimpulkan kalo aku melenceng dari apa yang ada, tanpa pernah ngajak aku diskusi, atau mengkonfirmasi maksud aku apa -_- nah jadi aku klarifikasikan ya, aku ga pernah mempersoalkan apapun (gagasan, perintah, larangan) yang dibawa sama Islam, karena aku tahu itu adalah BENAR, dan ga mungkin diperdebatkan, dan ga mungkin salah, pokonya sempurnaa, yang aku permasalahkan adalah substansi beritanya, itu benar atau salah, kan bahaya kalo berita salah malah dibenarkan, dan disebar.. dan kalo emang itu benar kenapa ga disampaikan, atau disajikan dengan cara yang benar juga, secara logika, kaidah jurnalistik, dan jangan pakai kalimat yang isinya penuh kebencian yang bikin sakit hati orang lain? Baiklah kita frontal sajalah, salah satu media islam yang aku jelaskan tadi contohnya pk*piyungan, dan fanpage nya Jonr*. Baca berita yang isinya penuh kebencian itu merusak otak kita bung, jadi berhati-hatilah!

Gara-gara kecurigaan kiri ini aku ngerasa beberapa orang terlihat waspada sama aku -_- kalo aku berpendapat sejenis di abaikan.. atau malah sengaja ganti topic padahal aku pikir itu penting untuk dibahas supaya kalian ga gampang terpengaruh sama berita salah yang bikin rusak otak itu. bahkan beberapa orang terlihat menghindar kalo diajak berlogika, hey ayolah otak kita sama kaya otot, kalo ga sering dipake nanti bakal berkurang kemampuannya, takut berlogika cuman bikin kita ga kritis dan gampang dibodoh-bodohin..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*