nulis kabar setelah 1500 tahun

Hai vlad! Udah 1500 tahun gak nulis hehe, saatnya comeback kupikir hehe. Ah aku menyerah dengan ide mengisi blog ini dengan tulisan serius, kembali ke gaya yang lama aja deh, jadi pengingat sebagai saksi sejarah catatan kehidupan tidak teladan, dan keluh kesah, dan curhatan baper ku /heh

Jadi apa aja yang ku lewatkan (untuk diceritakan) selama aku berhenti nulis? Pertama adalah review tahun lalu, yap biasanya kalo mau masuk tahun baru aku suka bikin review apa aja yang udah terjadi ditahun sebelumnya

2016

2016, tahun dimana aku ngerasa mengalami kelahiran sosial, yaitu aku mulai senang bersosialisasi, punya banyak temen baru, kenal sama orang asing dan kelahiran intelektual dalam artian aku merasa merdeka dalam pemikiran ku. Tahun yang menyenangkan, lumayan buat bikin pembuktian, kalo aku bisa melakukan apapun (kalo mau) ah aku juga bikin sejarah, dan sudah sadar dengan “my own bullshit”. Aku juga ikut beberapa lomba dan menang, dan ngerasa jadi orang penting setelah join di lab. Hidup jadi semakin menyenangkan! Tapi gak berarti ga ada problem sih, karena aku masih baru jadi manusia (kelahiran sosial) aku masih socialy awkward dan agak menyebalkan buat orang lain, aku sangat mengacau di kelompok stuper maafkaaan, gak akan ku ulangi, dan terlalu dominan karena aku dipengaruhi motivation bias (ini kosakata keren yang kudapat yang dapat ngejelasin perilaku sok superior ku selama ini)

Misi

Aku juga suka bikin misi buat 1 tahun, misi ku yang sekarang adalah jadi lebih baik, dengan mencari cara untuk engga jadi procrastinator, dan gak terlalu mendominasi dengan membantu orang lain supaya bisa pandai bersama. Aku ingin punya lebih banyak temen juga, dan hidup penuh kejutan!

Semester 5

Aku juga suka bikin review 1 semester kemarin. Dan semester 5 adalah semester yang paling seru dari materi, dan yang paling ekstrim karena aku bener-bener parah dalam menunda tugas (ada banyak tugas yg dikerjakan sangat mepet, dan bahkan ada yang gak ku kerjakan yang bikin aku menyesal banget karena aku ngeremehin tugas itu gara-gara tugasnya gampang banget, dan karena itu aku gagal dapet 4.00) aku ngerasa super duper beruntung dari nilai ._. dan merasa bersalah karena itu ._. aku ngerasa ga berhak dapet nilai sebagus itu huhu. aku bener-bener gak terlalu serius soalnya :( untuk membayar perasaan bersalah ini maka aku akan bikin misi pintar bersama orang lain disemester 6. Do’akan ya vlad!

Ulang tahun

Oh iya kemarin aku resmi 21, umur orang dewasa ._. ah dan si doi lagi-lagi ga ngucapin (ea masih ngarep) sudah saatnya bertindak seperti orang dewasa beneran dengan sadar akan tanggung jawab, dan mulai merapikan penampilan wkwkwk, pingin bisa lipstikan dan dandan cantik biar ga kumal :( LOL tapi ini seriusaaaan

Perasaan

Beda sama tahun-tahun sebelumnya dimana aku ngerasa perasaan ku selalu ketinggalan di bandung, tahun ini aku ngerasa perasaan ku ada di Malang, itu tandanya aku udah beneran move on hahahaha, dadah ITB, dan UIN. Ga akan baper lagi dah

Nah itu dulu deh, tar aku nulis lagi ya vlad

Categories: eaaa | Leave a comment

Yang ngerasa gak cantik masuk!!

hidup ini ga adil, dan aku sudah tau itu sejak 1000 tahun yang lalu, salah satu bentuk ketidak adilan hidup adalah fisik, wajah, cantik atau gak cantik kalo terlahir cantik, maka hidup akan lebih mudah, percayalah. orang cantik cenderung diperlakukan lebih baik, dimanapun itu, di angkot, disekolah, di jalan, termasuk di pergaulan sehari-hari. yang cantik lebih gampang punya teman, sementara yang gak cantik biasanya diabaikan, bahkan jadi bahan bully-an.

dan aku benci itu, aku menuntut kesetaraan hahaha

aku tahu itu karena aku adalah korban bully-an karena aku gak cantik. ah itu rasanya sudah lama sekali, kelas 9, dan aku masih ingat betul gerombolan lelaki berandalan dikelas yang ngasih-ngasih julukan ke orang yang gak cantik dan gak populer, they making fun of me padahal aku gak salah apa-apa (orang gak cantik menurut meraka kayaknya eksistensinya aja salah hahaha), sementara mereka memuja geng cantik yang kupikir hidup mereka penuh sama drama, dan gara-gara ini aku sejenis mengalami trauma, aku takut lihat lelaki bergerombol, dan sampe sekarang sering ngerasa inferior karena aku gak cantik (ketahuilah ini mental destructive, dan berpengaruh besar pada kepercayaan diri, cara bersosialisasi, dan achievment yang gak bisa ku dapat karena selau ngerasa inferior)

tapi aku juga ga bisa ujug-ujug jadi cantik sih haha. jadi kuputuskan kalo aku harus punya cara lain untuk membuat aku dinilai dan diperlakukan lebih baik, aku harus pandai! biar ga diremehkan, biar ga di bully, dan biar bisa dapet kesetaraan hahaha.

dan itu kupikir berhasil, ternyata sesuatu yang diusahakan (belajar biar pandai, baik hati dan suka menolong orang, suka menyenangkan orang lain dll) bisa juga mengalahkan sesuatu yang given (wajah cantik, banyak uang, dll), dan aku jadi mikir lagi kalo hidup ternyata adil kalo dilihat dari segi modal “will, dan akal” yang semua orang punya, karena fisik suatu saat akan musnah, tapi kekerenan yang dipancarkan oleh orang baik, orang pandai, dan orang yang menyenangkan akan selalu ada, keinginan untuk berubah dan menjadi lebih baik adalah kecantikan yang sesungguhnya, secara gak langsung aku bilang kalo aku udah mencapai ‘jadi cantik’ ketika aku memutuskan untuk berubah dan belajar biar pandai ha ha ha

jadi, jangan ngerasa inferior lagi ya! jadi gak cantik engga berarti ga lebih baik dari yang cantik, malahan yang ga cantik harusnya bersyukur, soalnya jika ada yang mau sama kita, bisa kita pastikan kalo itu perasaan yang tulus hahaha.

btw aku nulis ini juga karena aku ikut melakukan ketidak adilan dalam hidup, misal kalo ada orang ganteng yang nanya biasanya langsung aku jawab dengan ramah, kalo yang gak ganteng yang nanya aku jawab juga sih, tapi jawabnya seadanya ha ha ha. emang sadar atau ga sadar, manusia emang suka kaya gitu, itu naluriah kupikir, iya ga?

Categories: cerita | Leave a comment

How facebook change the world

kamu tau di Amerika sedang rame apa? jangankan kejadian di Amerika, dibelahan dunia lain yang engga terkenal sampe kejadian di luar angkasa aja aku bisa tau lho! (dari NASA) sakti kan?? iya internet memang sakti, bisa menghubungkan seluruh dunia dengan koneksi nya, kejadian apapun di dunia ini selama dia masuk internet semua orang bisa tahu, apalagi jika sudah viral di sosial media.

dan berkat internet juga aku jadi tahu kalo Arab Spring itu berawal dari kekecewaan orang karena protesnya tidak didengar kemudian memutuskan bakar diri karena frustasi.. tapi media bungkam, dan yang peduli akhirnya turun ke jalan menyuarakan keadilan, pemerintah takut massa semakin banyak jadi harus secepatnya untuk diredam, pukuli saja, tembak sekalian biar mereka takut dan tidak kembali lagi kejalan, beruntung kejadian itu bisa direkam dan disebarkan di sosial media, media mungkin bisa dibungkam tapi sosial media tidak, menyebar berita itu kemana-mana, hingga akhirnya mereka semua ikut turun ke jalan melihat dengan mata mereka bahwa apa yang tersebar adalah nyata, bukan rekayasa. siapa sangka aksi itu berujung penggulingan rezim otoriter korup yang selama ini berkuasa, dan efeknya bukan hanya di tunisia, keberhasilan kudeta menginspirasi banyak negara untuk melakukan hal yang sama, Mesir, Yaman, Syria adalah salah satunya.

The power of Social Media (dan middle class yang mengerti cara menggunakannya) ternyata bisa merubah dunia! kok bisa?

Internet (khususnya sosial media) membuat kita melihat lebih banyak, tanpa sosial media kita tidak pernah tau ke-tidak-beresan yang terjadi di dunia ini “Just because you didn’t see it, that doesn’t mean it never happened” , kekerasan, perang, kemiskinan, ketidaksetaraan, dan masalah-masalah lain muncul akibat kita lebih banyak tahu, karena ketika kita tidak tahu kita mungkin tidak akan pernah peduli karena merasa semuanya baik-baik saja, semuanya berjalan semestinya. dan kepedulian ini lah yang kita butuhkan untuk membangunkan kembali rasa kemanusiaan yang sudah mulai tumpul.

Categories: serius | Leave a comment

Pencerahan

sebelumnya aku juga sempat meremehkan FES ini, ngerasa ini cuma orang2 cari sensasi.. Tapi aku jadi belajar ulang.. Sombong itu dosa besar karena menjauhkan kita dari kebenaran. Dan yang dimaksud sombong, itu sesuai dengan ajaran Raslullah, “orang yang menolak kebenaran, dan meremehkan orang lain.” Menganggap orang lain lebih bodoh, makanya percaya hal yang kita anggap bodoh, cuma jadi bukti kesombongan dan sempitnya pandangan kita.

-Roy (waktu ngomongin bumi itu datar atau bulat)

Categories: cerita | Leave a comment

Keju taaan!

hai!

vlad emang bener, yang namanya manusia itu cuman pandai berencana, tapi yang berhak nentuin cuman Allah SWT. tau gak, kemarin aku alay banget! sok-sok-an ngegalau di kereta karena gak dapet konsentrasi ISP (International Security and Peace) dan malah dapet GT (Global Transformation) padahal aku udah ngerencanain ingin magang di PINDAD, dan skripsian tentang senjata-senjata gitu, habis itu lulus dengan cantik dan lanjut ngambil Peace Studies di Melbourne University, wenak. tapi ternyata sejak awal aku gak bisa masuk ISP karena nilai matkul Keamanan Internasional ku dapet B (aku baru tau kalo mau masuk ISP, minimal harus B+) ah kampret kan! gara-gara siapa ini? aku yang sebelumnya pasti bakal nyalahin pak m**e yang gak jelas penilaiannya gimana, kalo aku masuk kelas bu D**i aku yakin aku pasti dapet A! kenyataannya itu semua cuman alasan sampah! bukan salah dosennya, emang aku nya aja yang gak menuhin ekspektasi dosen untuk dapet A, mau alasan apapun (aku bilang kalo aku ngerti materinya, aku bilang kalo orang lain yang minta diajarin sama aku dapet A, dll) kenyataannya nilai B itu gak akan berubah jadi terima ajalah

jadi sekarang setelah rencananya gagal, mau bikin rencana apalagi?

ah gak usah lah bikin rencana-rencana lagi, biarkan semuanya jadi kejutan! mari menjalani hidup yang penuh kejutan, biar seru :))

ayo mulai dengan buat misi jadi pemberontak, ayo keluar dari zona nyaman! ayo mulai mengerjakan hal-hal yang dulu aku benci untuk kulakukan, bersosialisasi misalnya, baca buku, berhenti mendramatisir dan banyak mengeluh, mengerjakan sesuatu yang dulu gak kekerjakan karena kebanyakan di tunda, ah pokoknya aku ingin maksain melakukan hal-hal yang aku benci biar nanti aku jadi terbiasa dan gak ngerasain kepayahan dan rasa sakit yang bikin aku gak maju-maju

mari kita rubah cara pandang kita, dan lihat bagaimana perubahan itu akan merubah dunia kita juga! mari hidup didunia baru yang penuh kejutan, YEAAAAH

Categories: pentingg | Leave a comment

Huh

gak ada jaminan karena dia “kaka tingkat”, “kuliah nya udah lebih lama” maka dia bisa lebih diandalkan dalam mengerjakan tugas, kenyataannya malah banyak dari mereka yang lebih merepotkan dari temen sendiri! ketika keliru waktu diminta ngerjain beberapa bagian malah gak suka dikoreksi, ga mau ngerevisi tulisan yang keliru dan gagal paham itu, ah jadinya harus “adik tingkat” ini lagi yang taking responsibility (biasanya karena sungkan kalo maksa-maksa minta diperbaiki)
kuliah emang bukan perkara sudah menempuh semester berapa, tapi tentang seberapa seriusnya kamu disemester yang sedang kamu jalani
balada bersama kaka tingkat ngulang, bukan cuman dialami olehku‪ #‎SuaraRakyat‬ ‪#‎ButuhPiknik‬ ‪#‎ButuhLiburan‬ ‪#‎NugasMulu‬

Categories: cerita | Leave a comment

To my future love

I hope you’re not waiting for me to complete you.
I hope you go to the movies with yourself, cook yourself dinner, and buy yourself flowers.
I hope you don’t get lonely at night when the bed feels far too big and the pillow next to you is empty.
I hope you make silly faces at children and smile at strangers instead of looking at the ground.
I hope you show yourself patience and affection instead of seeking those things from others.
I hope you dance around your kitchen and get so lost in your joy that you burn the food.
I hope you learn to forgive yourself for your flaws and past mistakes.
I hope you love yourself, darling.
And I hope you know I can’t wait to love you ten times more than you possibly could.

 

ps: ini nemu di tumblr

Categories: eaaa | Leave a comment

Note to myself

Sayang sekali ketika telat menyadari pentingnya achievement untuk diri sendiri. Ternyata ada beberapa dampak signifikan terkait self-achievement. Pertama, tidak sibuk dengan urusan orang lain. Kedua, tidak terus diinjak-injak dan lebih dihargai. Ketiga, kepuasan dan pembuktian diri. Ternyata pengaruh lingkungan juga penting. Semoga masih ada kesempatan dua tiga kali lagi (Asido, 2016

Categories: cerita, pentingg | Leave a comment