• Taman Tugu Kota Malang

    Date: 2010.10.31 | Category: Uncategorized | Tags:

    Taman Tugu

    Kota Malang sejak masa kolonial sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan dan tujuan wisata bangsa Eropa terutama dari Negeri Belanda. Iklim tropis pegunungan yang sejuk dan kaya pemandangan indah serta lingkungan yang alami dikelilingi oleh perkebunan, pegunungan, sungai dan taman menjadikan Kota Malang dikenal sebagai Paris Van East Java dan Switzerland of Indonesia. Namun sekarang ini, kondisi Kota Malang mulai berubah. Malang tidak lagi sesejuk masa itu, hal ini dikarenakan semakin padatnya jumlah penduduk yang menetap di Kota Malang. Perbandingan antara Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan luas bangunan yang ada di Kota Malang sudah jauh dari kata sesuai. Saat ini RTH di Kota Malang semakin sulit dijumpai, dan sebaliknya fasilitas umum berupa pusat perbelanjaan (Mall), pertokoan dan pemukiman semakin merebak di seluruh penjuru kota. Padahal sebenarnya, semakin meningkatnya jumlah penduduk, justru kebutuhan akan RTH dalam sebuah kota semakin tinggi yaitu untuk tetap menjaga keseimbangan lingkungan. Hal ini lah yang menjadikan taman kota sebagai bagian penting bagi penduduk perkotaan. Namun sayangnya, peranan RTH dalam sebuah kota seringkali tidak dianggap dan kurang diperhatikan oleh Pemerintah Kota.

    Salah satu RTH yang berada di Kota Malang dan memiliki nilai estetik cukup tinggi adalah Taman Tugu. Taman Tugu merupakan sebuah taman yang terletak di jantung kota dan sekaligus menjadi identitas Kota Malang, yakni berada di Jl. Tugu depan Balai Kota Malang. Sebutan lain untuk Taman Tugu adalah Alun-alun bunder. Taman Tugu ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, awal mula disebut taman tugu karena di dalam taman tersebut terdapat sebuah monumen tugu peninggalan pemerintah Kolonial Belanda ketika mereka menjajah Indonesia. Monumen Tugu tersebut adalah bekas dari Taman Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.P. Zoen Coen. Monumen Tugu ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953. Adapun bentuk dan arti Monumen Tugu Kota Malang adalah :

    1. Tugu monumen yang berbentuk bambu tajam berarti bahwa senjata inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia ketika merekamenghadapi Kolonialisme Belanda dan berusaha merebut kemerdekaannya.
    2. Rantai yang mengambarkan kesatuan Indonesia dalam perjuangan yang tidak mungkin akan bisa dipisahkan.
    3. Tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut menggambarkan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.
    4. Bintang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi, berarti 17 Agustus. Menggambarkan tanggal dan bulan Kemerdekaan Indonesia.
    5. Monumen ini terletak di tengah-tengah kolam yang di dalamnya terdapat Bunga Teratai yang berwarna putih dan merah.Melambangkan keberanian dan kesucian rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

    misi narsiz dikit yaaaak hahaaayyyy

    Desain Taman Tugu

    Taman tugu termasuk kedalam kategori taman buatan atau artificial yaitu sebuah taman yang elemen-elemennya lebih banyak didominasi dengan elemen buatan manusia. Taman Tugu dirancang untuk menyeimbangkan kondisi kota dan taman kota, antara lain bermanfaat untuk mengendalikan suhu, panas sinar matahari, pengendali angin, memperbaiki kualitas udara, untuk sarana bermain, rekreasi, memberikan kesenangan, kegembiraan, kenyamanan, sebagai pembatas fisik, pengontrol pandangan, dan lain sebagainya.

    Taman Tugu merupakan sebuah taman dengan konsep interaktif. Yakni selain bisa menikmati keindahan taman dari jarak jauh, warga juga bisa masuk lalu merasakan langsung pesona keindahan taman. Dengan luas taman sebesar 11.923 m2, taman Tugu dipercantik dengan adanya berbagai macam bunga-bungaan, rumput hijau yang terbentang seperti karpet, tanaman perdu, semak dan pohon yang terdapat di pinggir taman yang berfungsi sebagai naungan pengunjung serta menambah resapan air tanah. Point of interst dari taman Tugu yaitu terletak pada monumen tugu yang berada ditengah kolam dan di pusat taman ditambah dengana adanya bunga teratai putih di dalam kolam semakin memperindah taman. Taman Tugu juga dilengkapi dengan elemen buatan manusia seperti tempat duduk di sekeliling kolam, lampu taman, pedestrian (tempat jalan kaki) namun sayangnya pedestrian di taman Tugu kurang luas. Selain itu taman tugu juga dilengkapi dengan fasilitas tempat pembuangan sampah yang dibedakan menjadi 2 yaitu untuk sampah organik dan anorganik yang mengitari kolam ditengah taman disamping pedestrian, ini dimaksudkan agar pengunjung dapat membuang sampah dengan mudah (tidak disembarang tempat). Namun sayangnya, tempat sampah kurang terwat dan banyak coretan dimana-mana. Tidak seperti alun-alun Kota, di alun-alun bunder ini tidak terdapat pedagang kaki lima, jadi untuk masalah kebersihan dan keindahan, menurut saya taman Tugu terlihat lebih bersih, indah dan rapi. Agar keindahan taman tetap terjaga, pemerintah kota telah menyiapkan 12 orang anggota pasukan hijau yang ditugaskan khusus untuk merawat taman Tugu. Untuk tahun ini, taman Tugu mampu mengungguli Taman Kota lainnya bahkan karena keindahannya, taman Tugu berhasil mendapat predikat Taman Kota terbaik tingkat Nasional


    Lingkungan sekitar Taman Tugu

    Taman Tugu terletak di pusat Kota Malang, taman ini dikelilingi oleh fasilitasi publik seperti gedung dewan, balai kota, hotel Splendid, Sekolah HBS/AMS (sekarang SMA 1 dan SMA 4 Negeri Malang), rumah tinggal panglima militer. Taman Tugu memiliki lima sudut pandang, yait dari Jalan Kertanegara, Jalan Gajahmada, Jalan Majapahit, Jalan Kahuripan dan Jalan Untung Suropati. Secara keselruhan, seluruh bangunan di sekitar taman Tugu mengarah ke taman sebagai pusatnya.

    Aktivitas Pengunjung

    terimakasih pasukan hijau telah merawat taman kita bersama ^^

    ayo kerja yang semangat pak...!! jangan duduk2 aja...

    Taman Tugu tidak pernah sepi pengunjung, walaupun tidak terlalu ramai namun  pengunjung selalu datang silih berganti untuk menikmati keindahan taman Tugu. Pada pagi hari, biasanya taman Tugu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga, jogging mengitari taman, atau hanya sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar pagi hari serta melihat pemandangan taman kota dan tentunya sambil foto-foto, Heheheeee :-). Sekitar pukul 9 pagi, para petugas pasukan hijau mulai datang membersihkan, merapikan dan dan merawat taman.

    taman Tugu bagus ya mister,,,, hheeeee 😀

    Pada siang sampai sore hari, pengunjung taman Tugu tidak terlalu ramai. Namun, kebetulan waktu saya datang kesana sedang ada turis asing yang sedang mengabadikan moment-momenya di kota Malang, alias foto-toto di taman Tugu ikon Kota Malang. Heheheeee ^,^. Menjelang sore hari ada sepasang sejoli yang sedang duduk santai sambil berbincang-bincang di kursi taman di pinggir kolam, heheeeee menikmati suasana sore hari di taman Tugu hanya berdua…. :-p

    Taman Tugu Sore Hari,...

    Taman Tugu Malam Hari.... banyak lampu warna-warni,,, 😀

    Saat malam hari, lampu-lampu taman pun mulai dinyalakan. Lampu kolam di tengah taman yang berwarna-warni ditambah pancuran air mancur membuat monumen Tugu terlihat lebih estetik. Suasana taman yang indah, nyaman dan bersih ditambah dengan lampu yang berwarna-warni membuat suasana menjadi sangat romantis. Suasana malam hari di taman Tugu banyak dimanfaatkan oleh para muda-mudi (sejoli) untuk sekedar jalan-jalan atau duduk-duduk ngobrol sambil menikmati sejuknya udara di sekitar taman dan indahnya pancaran gemerlap lampu taman. Selain itu biasanya taman tugu juga dimanfaatkan untuk rekreasi keluarga, walaupun hanya sekedar berjalan-jalan, bermain dan berlarian diatas rumput hijau yang seperti karpet, dan bercengkrama antar anggota keluarga.

    Ssssstttt ada orang pacaran,,, hihihiiiiiii 😀

    elemen taman menyatu dan melengkapi keindahan Taman Tugu

    Dari berbagai sisi positif keindahan taman Tugu Kota Malang, namun masih ada sedikit koreksi dari saya pribadi tentang taman Tugu. Yaitu tentang pemeliharaan dan penambahan fasilitas umum untuk para pengunjung, supaya pengunjung merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama di taman Tugu. Contoh fasilitas yang perlu  dipelihara yaitu kebersihan tempat sampah, tempat duduk di pinggir kolam, dan pedstrian yang berlubang dan bergelombang (kurang rata). Untuk fasilitas yang perlu ditambahkan antara lain, toilet umum dan tempat parkir. Semoga sedikit saran dan ulasan dari saya pribadi tentang taman Tugu bisa bermanfaat bagi kita semua….. Amien…..

    Terimakasih ^,^

    Posted by

    Navita Maharani

    0810440249

    Pengantar Arsitektur Lanskap

    Kelas C

    Source: http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH0116/df2fe2e0.dir/doc.pdf