leadership

11 September 2017

Proses kepimpinan

Kepemimpinan adalah fondasi terpenting pada sebuah organisasi. Kepemimpinan berbicara tentang bagaimana seseorang dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang lain. Bagaiama seseorang bisa membuat orang lain mau belajar dan bekerja ekstra dengan ikhlas. Banyak orang mengatakan, kemampuan pemimpin berhubungan dengan bakat tetapi yang pasti, kepemimpinan adalah keterampilan yang perlu dilatih bukan hanya dipelajari ilmu dan teorinya.

Seorang pemimpin berbeda dengan manajer meskipun keduanya sama-sama memahami bisnis organisasinya dengan baik. Seorang pemimpin bertanggung jawab dalam menetapkan visi organisasi, konsep bisnis, rencana, serta program untuk mencapai target organisasi. Sementara manajer bertanggung jawab dalam penerapan dan pencapaiannya.

Kepemimpinan bersifat kreatif, atraktif, dan berhubungan dengan ketangkasan. Kepemimpinan melihat jauh kedepan dan dari luar organisasi, bukan hanya dipermukaan dan didalam organisasi.

Lima peranan penting seorang pemimpin dalam organisasi, yakni:

  1. Menciptakan visi
  2. Membangun tim
  3. Memberikan penugasan
  4. Mengembangkan orang
  5. Mengevaluasi bawahan/anggota

Saya akan menceritakan pengalaman saya saat pertama kali mempelajari kepemimpinan ini saat duduk di bangku SMP yaitu saat saya beergabung dalam organisasi kepramukaan, yang menjadikan saya sebagai dewan galang. Disitu saya mempelajari bagaimana caranya saya dan anggota penggalang yang lain memiliki jiwa kebersamaan. Mengajari saya kemampuan untuk bekerja sama dalam masyarakat sehingga menimbulkan rasa gotong royong, saya juga dituntut untuk memotivasi pada semua anggota agar menimbulkan rasa perencanaan dengan matang sehingga mewujudkan kegiatan yang mendekati sempurna. Selain itu saya juga harus mengembangkan hubungan yang baik antara masyarakat atau anggota yang lainnya.

Tidak hanya dibangku SMP saja di perumahan, saya juga mengikuti organisasi muda-mudi yang ada dikomplex saya. Saya sadar bahwa dalam memiliki jiwa kepimpinan maka kita bisa membantu sebuah kelompok atau organisasi yang kita ikuti untuk mencapai tujuannya. Dan bisa menasehati, mendorong, mengarahkan, membimbing, mengatur, mengajak anggota dalam kelompok atau organisasi kelompok atau organisasi untuk lebih bersemangat dan berusaha untuk mencapai tujuan organisasinya.

Tidak hanya berhenti disitu, kedepannya saya akan mempelajari kepemimpinan ini ketika saya sudah bekerja. Karna kepemimpinan dilingkungan kerja ini akan sangat berinovatif. Ketika akan menemui banyak perbedaan pada seseorang, baik dalam segi usia, pemikiran, tempat asal, dan lainnya. Dan maka dari itu kita harus mampu mengatur dengan baik dan tetap sopan santun walau pun banyak perbedaan pada setiap orangnya.

 

Hello world!

11 September 2017

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!