“I”

Sky that pours light
I stand under it
Fly as if I’m dreaming
My life is a beauty

A story I’ve heard often somewhere
Ugly duckling and swan, a butterfly before it flies
People don’t know, they don’t see your wings
A new world you’ve met could be cruel

But strong girl, you know you were born to fly
Tears you’ve cried, all of the pain you’ve felt
It’s to prepare you for the day you’ll fly even higher
Butterfly,
Everybody’s gonna see it soon

Forgotten dream, I draw it again in my heart
Collect all of the times I withdrew and swallow it
Small memories wake me up one by one
It opens me up, as if it’ll fill the whole world

Past the long, long night
Want to embark on the road for a trip again
Why not? In this world,
One word that awakens my heart

Yesterday, I was alone
Countless gazes
Falling tears
I withstood another day again
Yesterday, that was a close call
All of the words that poured out
It embraced me, who was shaking, again

Sky that pours light
I stand under it
Fly as if I’m dreaming
My life is a beauty

Flower petals wilt
I had difficult times, but followed a small light
Distant day, let it go far, faraway
I fly splendidly

Sky that pours light
Renewed eyes
Fly high

Beauty that belongs only to me

Moment I close my eyes
Time stops
I rise again

_Taeyeon_

10698481_549966378438943_3876449954575251221_n

IMG_4265

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Rain_Taeyeon

Jalan kosong kelabu terasa terlalu telanjang
Ku buka jendela kemurungan
Hujan jatuh di dua telapak tanganku
Mengisi bersama kesepian yang tertumpah ke dalam hatiku
Malam ini aku merindukanmu untuk beberapa alasan
Air mata yang mengalir
Mengenangmu di hatiku

Kenangan turun saat hujan, menyebarkan rasa sakit
Melihatmu kebasahan
Yang jelas di saat itu,
basah dengan kenangan
Ku memikirkanmu saat kau indah di tengah hujan

Bahkan musim cerah yang panjang bersama salju
Memudar dalam album foto

Malam ini tumbuh lebih dalam
Janji tak bisa melupakan
Pelukan hangatmu, selamat tinggal

Kau sinar cahayaku
dalam dunia hitam dan putih
Hujan datang padaku
dan bersinar jiwaku

Bisikan tenang di bawah payung
Itu menyesebar di sudut hatiku, aku bisa mendengarmu
Air hujan yang menghibur
jika mereka bertanya tentang hariku
Kenangan yang memudar dalam hujan adalah dirimu

… Bermimpi dalam hujan

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Sometimes I need someone..

Sometimes I need someone..

Bukankah menyenangkan memiliki seseorang disisimu.. bisa bersandar saat terlalu berat menghadapi kehidupan.. berbagi bahagia, berbagi kesedihan, berbagi air mata.. selalu ada tempat untuk kembali saat merasa tersesat.. menjadi tempat yang dituju untuk pulang.. menjadi tempat untuk terus memiliki harapan.. bukankah membahagiakan memiliki seseorang disampingmu.. ada saat dibutuhkan, ada saat ingin berbagi cerita.. aku akan selalu disisimu dan kamu harus selalu disisiku.. bukankah melegakan memiliki seseorang disisimu.. karena semua orang selalu menahannya.. walau sakit tetap tersenyum.. walau menangis tetap tersenyum.. tertawa terlalu keras karena beban terlau berat.. sangat menyenangkan memiliki seseorang disisimu.. kenapa kamu hidup dengan duniamu sendiri.. sangat menyenangkan memiliki seseorang disisimu..
#oetoriya

IMG_4326

Categories: Uncategorized | Leave a comment

This Love_Davichi

Siganeul doedollimyeon gieokdo jiwojilkka haebol sudo eopsneun maldeureul naebaetneun geol ara
Neol himdeulge haessgo nunmullo salge haessdeo nmianhan maeume geureon geoya
Hajiman nan marya neoui bakkeseon sal su eopseo
Naegen neo hanaro muldeun  siganmani heulleogal ppuniya
Saranghaeyo…
Gomawoyo ttatteushage nareul anajwo i sarang ttaemae naneun sal su isseo
Sarangeun geureongabwa museun mareul haebwado chaewojiji anheun geot gateun maeumi deunabwa
Nae yoksimirago dasi saenggageul haebwado geu maeum swipge sarajiji anha
Aljanha nan marya neoui bakkeseon sal su eopseo
Naegen neo hanaro muldeun siganmani heulleogal ppuniya
Saranghaeyo gomawoyo ttatteushage nareul anajwo i sarang ttaemae naneun sal su isseo
Doragado dasi gyeondil su isseulkka neomu himdeuldeon sigandeul
Heundeulliji anheun neoreul bol ttaemyeon tteollineun nae ipsuri
Aljanha nan marya neoui bakkeseon sal su eopseo
Naegen neo hanaro muldeun siganmani heulleogal ppuniya
Saranghaeyo gomawoyo ttatteushage nareul anajwo i sarang ttaemae naneun sal su isseosarang ttaemae naneun sal su isseo
If I turn back time, will the memories get erased too? I know I’m saying things, that I can’t even do
I’m just saying this out of guilt, for making things hard for you, for making you live in tears
But for me I can’t live outside of you
For me, only times that are colored by you. Are passing by
I love you, I thank you, for holding me so warmly, I can live because of this love
I guess love is like that. No matter what you say. It doesn’t feel like it’s filling up
Even if I think it’s just my greed, these feelings won’t go away easily
You know, for me. I can’t live outside of you
For me, only times that are colored by you. Are passing by
I love you, I thank you, for holding me so warmly, I can live because of this love
If I go back, will I be able to endure it? All those hard times?
When I see you, who isn’t shaking. My lips tremble
You know, for me. I can’t live outside of you
For me, only times that are colored by you. Are passing by
I love you, I thank you, for holding me so warmly, I can live because of this love. I can live because of This LOVE… cats

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Tanya ku ??

Ibu, apa kau sedang menangis malam ini?? Ibu, aku sedang menangis sekarang. Apa yang sedang kau pikirkan di malam yang dingin seperti ini?? Apa kau gelisah?? Apa kau merasakan perasaan ini?? Aku harus seperti apa?? Aku harus bagaimana?? Ibu, kapan aku menjadi manusia kejam seperti sekarang ini?? Sejak kapan aku menjadi manusia yang penakut seperti ini?? Sejak kapan aku menyiksa diriku seperti ini?? Ibu, apa kau merasa tersiksa juga?? Apa kau juga merasa sesakit ini?? Apa kau merasa sesesak ini?? Aku tidak tau, aku harus bagaimana lagi?? Ibu, aku ingin melepaskannya, membuangnya, menjauhinya, tak merasakannya. Perasaan ini sungguh membuatku sakit. Ibu, aku harus bagaimana??

Aku sudah menghabiskan begitu banyak waktu. Aku sudah terlalu lama menunggu. Aku sudah banyak membuang kesempatan itu. Aku sudah tak tahan lagi. Aku sudah tak sanggup lagi. Aku tak bisa melewatinya. Aku tak bisa menembusnya. Aku harus bagaimana?? Ibu, aku harus bagaimana?? Semakin aku merasaknnya semakin aku merasa gila. Aku tidak seperti ini sebelumnya. Aku bukan orang seperti ini. Aku bukan orang yang takut sesuatu tanpa alasan. Aku bukan orang yang sulit memahami sesuatu yang aku lihat atau dengar atau amati. Kenapa sekarang?? Ibu aku harus bagaimana?? Merasakan juga memikirkan semua yang selalu membuatku lebih takut dan takut lagi. Membuatku lebih gila dari sebelumnya dan sebelumnya. Kemana aku harus pergi?? Kemana aku harus mencari semua jawaban dari pertanyaan ini?? Ibu, apa Tuhan masih mau mendengarkanku?? Ibu, apa Tuhan masih mau memaafkanku?? Ibu, apa Tuhan masih mau untuk menyayangiku seperti sebelumnya?? Ibu, apa Tuhan yang melakukan semua ini padaku?? Ibu, apa Tuhan yang sedang lakukan padaku??

Yaa, Tuhan pasti mendengarku. Tuhan pasti masih mau untuk menyayangiku. Karena doamu, Ibu. Ibu, aku bukan anak yang cukup baik buatmu. Tapi kau tetap menyayangiku, selalu mendoakanku. Ibu, kau yang selalu mengelus kepalaku, mendekap tubuhku, tersenyum kepadaku, dan selalu menjagaku. Ibu, apa yang telah kulakukan untukmu?? Apa yang telah kulakukan yang membuatmu bahagia lebih dari apapun?? Ibu, bisakah kau menungguku?? Bisakah kau tetap tersenyum kepadaku?? Bisakah kau tetap menjagaku?? Biskah kau memaafkanku??

Terima kasih untuk semua yang telah kau berikan selama ini. Terima kasih untuk semua yang telah kau lakukan selama ini. Terima kasih untuk semua yang telah kau tanggung selama ini. Terima kasih untuk semua yang telah kau rasakan selama ini. Terima kasih untuk semua yang telah kau tangisi selama ini. Terima kasih untuk semua kasih sayang, cinta, senyuman,  air mata, pengorbanan, keringat dan semua daya yang telah dengan tulus kau sampaikan padaku. Aku akan membalasnya suatu saat nanti. Setiap air mata, keringat, dan kesakitan yang kau rasakan saat ini. Terselip selalu engkau dalam doaku ibu. Karena mu aku terus bertahan, karena mu aku mencoba terus bertahan dan karena mu aku akan tetap bertahan.

Suatu hari nanti, entah aku bisa memberikan yang terbaik atau tidak. Yang pasti hanya yang terbaik yang akan aku usahakan untuk mu. Yang terbaik yang akan aku berikan untuk mu. Karena kau Ibu. Ibu ku. Wanita terkuat yang paling aku sayangi. Wanita terhebat yang aku punyai. Wanita paling cantik yang akan selalu aku puji. Wanita terbaik yang telah menjadi ibu ku. Ibu. Seandainya ada kehidupan yang lain lagi aku akan berdoa untuk mu untuk melahirkan ku, menjadikanku sebagai putri mu, seperti sekarang dan selamanya. Terima kasih Tuhan, telah memberikanku dia sebagai Ibu ku. Ibu.

Categories: Uncategorized | 1 Comment

SAFARI KOTA MALANG

Kota perantauan yang memiliki banyak tempat indah dan penuh kenangan. Selama kurang lebih 5 tahun tinggal di kota ini, masih terasa kurang untuk berwisata. Tentunya karena jadwal kuliah yang puadeeeet. Tapi lumayan lah beberapa tempat sudah sempat di intip dan dinikmati. Sebagian melancong dan sebagian mencari ilmu.
Cek result… :)

  • Pantai Gua Cina
    Pantai Gua China terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan.
    DSCN1838DSCN0061
  • Pantai Bajul Mati
    Pantai ini berada di Desa GajahrejoKecamatan GedanganKabupaten Malang.
    DSCN1698DSCN1731
  • Pantai Sendiki
    Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
    IMG_4421IMG_4265
  • Pantai Modangan
    Pantai ini berada di daerah Dusun Kalitekuk,Desa SumberotoKecamatan Donomulyo, yang merupakan pantai paling ujung selatan barat Kabupaten Malang.
    DSC04132DSC01035
  • Ngijo
    Ngijo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Karangploso , Kabupaten Malang.
    IMG01100-20121031-0700IMG01110-20121031-0707
  • Coban Pelangi
    Terletak  di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Berada dibawah kaki gunung Semeru.
    cpel
  • Coban Rondo
    Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon,Kabupaten Malang. Airnya berasal dari sumber di Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi.
    crcr22
  • Coban Rais
    Terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu. Coban ini ada di lereng gunung Panderman.
    unduhancra
  • Coban Pitu (Sumber Pitu)
    Terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang.
    DSC02346DSC02331
  • Bedengan Dau
    Terletak di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Wanawisata Bedengan adalah bumi perkemahan yang terdapat aliran sungai yang berasal dari air terjun Coban Brues.
    _MG_0677DSC02232
  • Desa Binaan Poncokusumo
    Dawuhan adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo,Kabupaten Malang. Desa ini merupakan desa binaan organisasi Fakultas Pertanian.
    DSC01622IMG_0974
  • Jatim Park
    Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat diKota Batu.
    jp2jp1
  • Secret Zoo
    Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu.
    szsz
  • Balai Kota Malang
    bk537332_405749122833707_1584242391_n
  • Paralayang
    pppSelalu sehat biar bisa terus jalan2.. :) Go, go,go…
Categories: Uncategorized | Leave a comment

MY PARTNER

Teman, seseorang yang sekedar tau namanya atau lebih dari itu.
“Bukan keluarga, bukan saudara, bukan kekasih. Tidak terlahir dari rahim yang sama, juga tidak memiliki ikatan darah yang sama.”
Cekidot.. Hey you..
nAku mengenalnya sekitar 8 tahun yang lalu. Anisa namanya, tapi akrab dengan panggilan Nges. Entah aku juga tidak mengerti asal mula sebutan tersebut tapi cukup nyaman dengan memanggilnya seperti itu. Dia tidak pendiam, tidak banyak bicara juga. Mungkin karena itu kita bisa begitu dekat dan saling bertukar cerita. Sampai saat ini, dia orang yang tau hidupku lebih baik dari siapa pun teman yang aku miliki. Ngesss, tunggu kisahku selanjutnya dan kan kutunggu kisahmu selanjutnya.. I will always beside you :)

pPuput, sifatnya yang keibuan menurutku juga pembawaannya yang kalem. Yaa ku menyukainya dengan sifatnya itu. 7 tahun yang lalu dia adalah teman sebangku saat kita masih SMA. Dia bukan hanya orang yang 1 tahun duduk disampingku saat di kelas, tapi juga sebagai guru yang mengajariku saat banyak hal yang aku tidak ketahui dan yang selalu mengingatkanku membuat PR. hmm, aku sayang dia juga lebih dari temanku yang lain. Dia adalah tempat curhat yang akan memberikan nasehat bijak yang tepat saat dibutuhkan. Stay with me mbk Uput..

kom 7

Teman tidur, yah berbagi ranjang selama hampir 5 tahun selama kuliah. Namanya Eka, orangnya asik, suka maen dan mudah deket sama sapa aja. Perkenalan kami dimulai saat SMA tapi dulu kami belum terlalu dekat sampai kami kuliah di kampus yang sama. Suka duka seorang mahasiswa udah terlewatkan bersama. Makan bersama, ke kampus bersama, maen bersama, sedih bersama, seneng bersama, nangis bersama, semuanya. I pray for your success.

Camera 360

Kami tinggal di atap yang sama sekitar 4 tahun, yaa tepatnya tempat kos yang sama di Mlang. Panggilannya Elma, seorang ahli gizi. Dia teman yang baik untuk diskusi, dalam hal apa saja tentunya. Tau berbagai tempat recommended dalam hal makanan. Bener sekali, tidak akan ada habisnya wisata kuliner sama teman yang satu ini. Aku menganggapnya lebih dewasa dariku, dari setiap apa yang diucapkan kebanyakan bener dan mungkin berdasar pengalaman mungkin. Just go, go and be success Elma..

IMG00617-20120606-1908

Teman yang paling bikin rame n hidup suasana, terlebih lagi bukan tipe pendiam. Namanya Fretty, teman kampus awalnya. Kami bertemu dan kenal saat dapet kelas yang sama, tapi kemudian takdir mempertemukan lagi jadi kami tinggal di kos yang sama ceritanya. Saling berbagi  tugas, cerita, dan keramaian bersama tentunya. Baru 4 tahun berjalan kami berteman, tapi cerita hidup masing-masing sudah menjadi cerita bersama. Always be yourself n happy sist..

Next time.. Teman-teman lain dari pertemuan dan perkenalan yang lain pula.

Categories: Uncategorized | 1 Comment

Bumi Ku

DSC00900Kadang- kadang langit bisa kelihatan seperti lembar kosong. Padahal sebenarnya tidak. Bintang kamu tetap disana. Bumi hanya sedang berputar. (Dee)

Categories: Uncategorized | Leave a comment

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

1557703_685453781475484_1915394495_n

Categories: Uncategorized | Leave a comment

TUGAS STELA2013 MINGGU 5

KELAS K

Muhammad Naufal                             115040201111049
Muchamad Arif Yahfi                        115040201111050
Mukhih Batul Husna                           115040213111032
Muhammad Robitul H                       115040200111135
Muhammad Wildan                            115040201111088

1. Metode survei tanah menggunakan dua pendekatan utama, yaitu pendekatan sintetik dan analitik.

  • Jelaskan persamaan dan perbedaan kedua pendekatan tersebut?
  • Berikan contoh kedua pendekatan tersebut?

Perbedaan metode analitik dan sintetik

  • Pendekatan analitik adalah Membagi ‘kontinum’ atas satuan-satuan berdasarkan pada pengamatan perubahan dalam sifat-sifat tanah ‘eksternal’ ( sifat bentang alam), melalui interpretasi foto udara yang diteruskan dengan melakukan pengamatan dan pengklasifikasian tanah untuk masing-masing satuan yang di buat tersebut. kegiatan ini biasanya meliputi aktivitas dalam hal membedakan,menguji, menggolongkan, menyusun, menguraikan, membandingkan,membuat deduksi, dan memriksa.

Contohnya adalah melakukan delineasi terlebih dahulu pada foto udara yang ada berdasarkan landform yang ada. Setelah itu baru ditentukan titik pengamatan pada tiap landform sesuai yang diinginkan, biasanya minimal 3-5 titik per landform sesuai luasan dan kebutuhannya. Penentuan letak titik dilakukan secara bebas pada tiap titik tetapi sesuai keadaan landform yang ingin diamati. Biasanya pendekatan ini memakai metode fisiografi ataupun grid bebas.

Contoh Pendekatan Analitik

CONTOH PENDEKATAN ANALITIK

  • Sementara pendekatan sintetik adalah Mengamati, mendeskripsi dan mengklasifikasikan profil-profil tanah (pedon) oada beberapa lokasi di daerah survei. Kemudian membuat (mendelineasi) batas disekitar daerah yang mempunyai profil tanah yang serupa (memiliki taksa tanah yang sama),sesuai dengan kriteria klaisfikasi yang digunakan. kegiatan ini meliputi merancang, menggabungkan, menambah, membangun, mengembangkan, mengolah dan membuat hipotesis.

Contohnya adalah proses penentuan titik pengamatan pada suatu luas bentangan lahan dilakukan dengan membuat titik-titik yang berjarak seragam baik kesamping maupun kebawah yang meliputi pada suatu luasan daerah. Sehingga proses pengamatan yang ada menjadi lebih banyak. Setelah kegiatan pengamatan di lapang dilakukan baru setelah itu dilakukan delineasi. Biasanya pendekatan ini memakai metode grid kaku.

Contoh Pendekatan Sintetik

CONTOH PENDEKATAN SINTETIK

Persamaan metode analitik dan sintetik: kedua pendekatan ini sama sama dipandang dan bertujuan sebagai pendekatan danmetode pembelajaran.

2. Dalam menyiapkan survei tanah dengan menggunakan pendekatan analitik, apa saja yang harus dilakukan?

Pendekatan analitik dilakukan di daerah survei tersebut dengan cara:

  • Pertama melakukan interpretasi foto udara yakni dengan mendelineasikan landform yang diperkirakan akan memiliki komponen-komponen yang berbeda.
  • Selanjutnya dilakukan penentuan titik/satuan pengamatan pada landform yang ingin diamati yang bertujuan untuk mendeskripsikan tiap titik yang ada, apakah sesuai dengan hasil delineasi landform sebelumnya.
  • Selanjutnya diteruskan dengan melakukan pengamatan, pengambilan sample dan pengklasifikasian tanah untuk masing-masing satuan yang di buat tersebut.
  • Kemudian membagi lansekap ke dalam komponen-komponen sedemikian rupa yang memiliki kondisi tanah yang hampir sama sesuai dengan hasil pengamatan yang ada pada tiap titik.
  • Membuat suatu peta tanah yang telah memiliki hasil delineasi atas pengamatan analitik.

 

3. Lihat pada peta landform Pujon dan sekitanya di bawah. Gambaran relief wilayah tersebut disajikan pada peta di bawahnya (peta relief)

  1. Diskusikan apakah pendekatan yang akan dipakai, jelaskan alasannya
  2. Jika akan melakukan survei tanah pada skala 1:25.000 plot pengamatan Saudara jika:
  • menggunakan grid kaku
  • menggunakan grid bebas
  • menggunakan pendekatan fisiografis dengan menggunakan key area dan transek.

Peta Landform (bentuklahan Pujon dan sekitarnya)

Peta Landform (bentuklahan Pujon dan sekitarnya)

Relief Pujon dan sekitarnya.

  • Menggunakan Grid Kaku

Metode grid kaku merupakan metode yang menggunakan prinsip pendekatan sintetik. Skema pengambilan contoh tanah secara sistematik dirancang dengan mempertimbangkan kisaran spasial autokorelasi yang diharapkan. Jarak pengamatan dibuat secara teratur pada jarak tertentu untuk menghasilkan jalur segi empat (rectangular grid) di seluruh daerah survei. Pengamatan dilakukan dengan pola teratur (interval titik pengamatan berjarak sama pada arah vertical dan horizontal). Jarak pengamatan tergantung dari skala peta. Metode ini sangat cocok untuk survei intensif dengan skala besar, dimana penggunaan interpretasi foto udara sangat terbatas dan intensif pengamatan yang rapat memerlukan ketepatan penempatan titik pengamatan di lapangan dan pada peta. Survei grid juga cocok dilakukan pada daerah yang mempunyai pola tanah yang kompleks di mana pola detail hanya dapat dipetakan pada skala besar yang kurang praktis. Survei ini sangat cocok diterapkan pada daerah yang posisi pemetaannya sukar ditentukan dengan pasti. Selain itu survei ini sangat dianjurkan pada survei intensif (detail-sangat detail) dan penggunaan hasil interpretasi foto udara sangat terbatas (misalnya pada daerah dengan konfigurasi permukaan kurang beragam/daerah yang relatif datar) atau di daerah yang belum ada foto udaranya.

Cara ini dirasa kurang pas untuk dilakukannya pengamatan pada skala yang ada yakni 1:25.000 karena peta tersebut dirasa lebih baik dengan metode fisiografi, karena landform yang ada sudha dapat terlihat cukup baik.

 

  • Menggunakan Grid Bebas

Metode grid bebas merupakan perpaduan metode grid kaku dan metode fisiografi. Metode ini diterapkan pada survei detail hingga semi-detail, foto udara berkemampuan terbatas dan di tempat-tempat yang orientasi di lapangan cukup sulit dilakukan. Pengamatan lapangan dilakukan seperti paa grid-kaku, tetapi jarak pengamtan tidak perlu sama dalam dua arah, tergantung fisiografi daerah survei. Jika terjadi perubahan fisiografi yang menyolok dalam jarak dekat, sehingga perlu pengamatan lebih rapat, sedangkan jika landform relatif seragam maka jarak pengamatan dapat dilakukan bberjauhan. Dengan demikian, kerapatan pengamatan disesuaikan menurut kebutuhan skala survei yang dilaksanakan serta tingkat kerumitan pola tanah di lapangan. Dalam metode survei bebas, pemeta ‘bebas’ memilih lokasi titik pengamatan dalam mengkonfirmasikan secara sistematis model mental hubungan tanah-lansekap, menarik batas dan menentukan komposisi satuan peta. Di daerah dengan pola tanah yang dapat diprediksi dengan mudah (sesuai dengan model mental), pangamatan dapat dilakukan lebih sedikit, sedangkan daerah lainnya (terutama daerah yang bermasalah) perlu dilakukan pengamatan lebih banyak (lebih mendetail). Dengan jumlah sampling yang sama, dapat dihasilkan peta yang baik, dengan berkonsentrasi pada tanah bermasalah.

Cukup baik jika dilakukan pada skala peta yang ada 1:25.000, karena delineasi pada foto udara terhadap landscpe yang ada dapat dilakukan. Perbedaan cukup terlihat jelas. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah penentuan letak dan jumlah titik yang pada akhirnya mampu membutuktikan hasil delineasi yang dilakukan sebelumnya.

  • Menggunakan pendekatan fisiografis dengan menggunakan key area dan transek

Pengamatan pada daerah kunci (key area) merupakan daerah terpilih dalam suatu daerah survei yang di dalamnya secara berdekatan, terdapat sebanyak mungkin satuan peta yang ada di seluruh daerah survei tersebut. Beberapa persyaratan untuk daerah kunci adalah :

a) Harus dapat mewakili sebanyak mungkin satuan peta yang ada di daerah survei

b)Harus dibuat pada daerah di mana hubungan antara tanah dengan kenampakan bentang-alam atau landform  dapat dipelajari dengan mudah.

c)Daerah kunci tidak boleh terlalu kecil. (untuk survei tanah skala semi detail, sekitar 10-30 % dan skala tinjau kurang lebih 5-20 % dari luas total)

d) Harus mudah diakses atau tidak sulit dikunjungi

Sedangkan untuk Transek merupakan daerah kunci sederhana dalam bentuk jalur atau rintisan yang mencakup sebanyak mungkin satuan peta atau satuan wujud-lahan. Transek tidak boleh sejajar dengan batas wujud-lahan. Dalam setiap survei tanah, umumnya selalu diperlukan bantuan daerah kunci, kecuali :

a)Daerah survei relatif sempit

b) Jika bentang-alamnya telah diketahui dengan baik

c) Jika seluruh daerah harus didatangi secara intensif (misalnya untuk survei irigasi)

d) Pada survei skala kecil, dimana delineasi wujud-lahannya sangat mudah

Gambar 1.1: Peta Landform (bentuklahan Pujon dan sekitarnya)

Peta Landform (bentuklahan Pujon dan sekitarnya)

Gambar 1.2:  Relief Pujon dan sekitarnya

Menurut kelompok kami pendeketan yang sesuai untuk landform gambar 1.1 dan gambar 1.2 adalah pendekatan analitik, karena pendekatan analitik menggunakan metode fisiografi atau interpretasi foto udara yang diteruskan dengan melakukan pengamatan dan pengklasifikasian tanah untuk masing-masing satuan yang di buat tersebut. Selain itu pemakaian metode analitik ini kami pilih karena dalam peta yang ada sudah dapat terlihat, sehingga delineasi akan landformpun dapat dilakukan dengan mudah.

Hal yang pertama kali bisa kita lakukanadalah membagi lansekap ke dalam batas- batas (mendelineasi) atau komponen-komponen hingga sedemikian rupa yang diperkirakan akan memiliki tanah yang sama pada tiap poligon yang telah terdelineasi. Setelah itu kita menentukan satuan tanah yang akan diamati pada tiap poligon sehingga pada akhirnya mampu menunjukkan karakteristik pada hasil delineasi yang kita maksud sebelumnya. Penentuan banyak dan sedikitnya titik/satuan pengamatan yang ingin diamati baik jumlah dan letaknya pasa tiap poligon didasarkan atas kemungkinan adanya perbedaan karakteristik tanah. Selain itu pada kondisi landscape yang bergelombang, jika perlu ditetapkan titik-titik pada bagian yang dalam/jurang dan pada bagian diatasnya. Hal ini dilakukan karena kemungkinan dapat terjadi perbedaan karakteristik tanah pada kedua tempat tersebut.Kemudian dilakukan pengamatan pada tiap titik yang sudah ditentukan melalui karakterisasi satuan-satuan dengan pengamatan dan pengambilan contoh tanah di lapangan. Setelah hal itu dilakukan dan kita mendapatkan hasilnya sebagai karakteristik pada tiap satuan, maka dilakukan kembali delineasi sesuai hasil yang ada setelah pengamatan lapang.

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment