Dalam blog saya kali ini, saya memilih Indosat IM3 sebagai obyek penelitian. Dilihat dari segmentasi Indosat IM3 yang selalu berusaha memahamikebutuha  anak muda yang sellau up to date, groovy, dan fun di segala suasana. Target market  IM3 ditujukan kepada generasi muda yang trendi dengan usia 13-25 tahun. Provider ini memang diperuntukkan bagi mereka yang aktif namun belum mandiri secara financial. Indosat IM3 selalu menghadirkan fitur-fitur inovatif yang selalu mengikuti trend, gaya dan kebutuhan  kalangan muda dengan adanya fitur yang disediakan, akan dapat dimanfaatkan oleh kawula muda untuk mendukung berbagai aktifitas positif mereka termasuk mengakses internet.

Pada versi online kali ini, indosat IM3 memilih Saykoji sebagai endorser nya. Indosat menggunakan Saykoji untuk mengkomunikasikan produk Indosat IM3 ke Publik mengingat karakter Saykoji saat ini sedang digemari oleh remaja, pemilihan endorser Saykoji ini dilakukan agar pesan iklannya leih mudah diterima oleh target konsumen. Salah satu media yang digunakan untuk mempromosikan IM3 adalah media televise. Televisi saat ini merupakan media yang memiliki kelebihan karena bersifat audio visual sehingga dapat berpengaruh terhadap pola piker masyarakat.

 

Jika kebanyakan produk elektronik menggunakan jasa selebritis wanita cantik untuk menjadi brand ambassador produk mereka. Hal berbeda justru dialami presenter Olga Syahputra. Presenter kocak itu dipercaya menjadi brand ambassador handphone Venera.dari point di atas, maka penulis menganalisis, dengan penggunaan Olga Syahputra sebagai endorser utama produknya, tidak cukyup kuat mendongkrak penjualan HP Venera. Pasalnya HP yang dbandrol dengan harga 600 ribua an ini, tidak sesuai kelas dengan Olga Syahputra. Olga Syahputra merupakan selebritis yang penghasilannya melebihi angka jutaan rupiah. Jika dikaitkan dengan bandrolan harga HP dengan sisi pribadi Olga Syahputra, tidak mungkin rasanya selebritis tersebut menggunakan HP bandrolan murah dengan ftur minimalis. Seorang konsumen  maupun penggemar Olga pun akan berpikir rasional seperti itu. Alangkah lebih baiknya jika iklan HP Venera yang terbilang produknya baru di apasaran tersebut membuat iklan dengan endorser yang sederhana namun dikemas sedemikian rupa, sehingga kemunculannya pun dapat menarik perhatian konsumennya.

 

Dalam membuat iklan perlu memahami dengan baik tujuan langsung beriklan adalah menciptakan efek komunikasi sebab beriklan merupakan proses komunikasi yang pada giliranya akan membantu terjadinya penjualan. Iklan adalah pesan suatu brand, produk, atau perusahaan yang disampaikan kepada audiens melalui media (Sihombing, 2010). Ikalan yang efektif tidak hanya menyampaikan informasi saja, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan yang akan menimbulkan citra positif bagi konsumen.

Munculnya selebriti sebagai endorser dalam sebuah iklan, tentu memiliki daya tarik tersendiri, karena mereka sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat luas, sehingga ketika tampil sebagai endorser dalam sebuah iklan, masyarakat akan lebih cepat menerima isi pesan yang disampaikan. Apalagi jika mereka menjadikan selebriti tersebut sebagai tokoh idolanya, maka mereka akan berusaha untuk mengidentifikasikan dirinya dengan idola tersebut sehingga apapun yang disampaikan akan diikuti dengan tujuan supaya bisa menyamakan dirinya dengan selebriti tersebut. (Ratu Beladina Harteni A.K:2010)\

Penggunaan endorser (selebriti) sebagai penyampaian pesan iklan, seperti yang disampaikan Heebert Kelman (Kussudyarsana 2004) yang menyatakan bahwa selebriti dapat digunakan oleh pemasar dalam tiga kategori, yaitu : kredibilitas, daya tarik dan power. Kredibilitas endorser dapat berpengaruh terhadap proses decoding suatu pesan. Apabila selebriti dapat dipercaya oleh audien maka pesan sangat memungkinkan untuk dipercaya (Kusudyarsana, 2004). Endorser yang kredibel akan dapat meningkatkan penerimaan pesan, sebaliknya selebriti yang tidak kredibel akan menurunkan tingkat penerimaan pesan (Kusudyarsana, 2004).

 

SUMBER :

Ratu Beladina Harteni A.K:2010 Hubungan efektivitas endorser saykoji pada iklan Indosat Im3 versi online di televisi dengan tingkat kesadaran merek. Digilib UPN

http://beritain.com/venera-ego-808-harga-spesifikasi.html

Hafiedz Elyasa. 2011. Analisis Pengaruh Kemenarikan Pesan Iklan dan Kredibilitas Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness untuk Meningkatkan Brand Attitude Pasta Gigi Merek Pepsodent. Digilib Undip