Review Register Blogger dengan Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. 
 
Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.
 
ah berikut cara membuat akun google analytic 
 
 
2. Sign up/ buat akun gratis untuk membuat akun google analytic menggunakan akun google 
3. Isi data nama, pilih web untuk opsi apa yang akan anda ukur
 
 
4. isi data blog, alamat blog, dan kategori blog dan zona waktu lalu klik buat
5. Lalu akan muncul pop up dan centang setuju
 
 
6. Setelah selesai kita akan mendapatkan tracking kode dank ode javascript yang bisa dihubungkan ke blog. Untuk blogspot kita hanya memerlukan tracking kodenya misal UA-123456
 
 

Cara memasang google analytic di blog

1. Masuk ke dashboard blog
2. Pilih setting-other
3. Scroll hingga menemukan option google analytic
 
 
4. Pada kotak isian analytic property masukkan tracking kode kita tadi lalu save
5. Biasanya tunggu dulu sekitar 24 jam untuk melihat apakah kode tracking kita berhasil
6. Namun jika belum muncul juga coba edit html template kita. Lalu cari apakah kode analytic sudah muncul di template, namun jika belum teman-teman bisa menyalin script analytic di template blog diantara tag <head> dan </head> 
Jika Telah terhubung dengan Google Analytics maka Overview pengunjung blog akan muncul dengan sendirinya, berikut ini merupakan gambaran dari pageview blog saya dalam seminggu ini 
 
Melihat pageview satu minggu terakhir
 
karena blog yang dibuat masih genap seminggu maka traffic pengunjung pun masih belum terlihat. Hal ini perlu terus dikaji bagaimana cara dalam mengajak pengunjung untuk berkunjung pada blog kita

Review Register Blogger dengan Google Adsense

Kini Blogger menjadi tempat ataupun sarana dalam menyalurkan informasi yang bermanfaat. melihat perkembangan blogger yang kian naik maka Google ingin mengoptimalkan fungsi dari blogger dengan menambahkan fitur Penghasilan atau Income agar content creator blogger semakin bersemangat dalam menyajikan informasi dengan baik.

berikut ini ialah step dalam mendaftarkan blog dengan Google Adsense

1. Buka blogger dan login ke dashoard blogpost dan lihat di bilah sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan ‘Penghasilan’. Maka tampilannya akan seperti gambar berikut.

 
2. Setelah itu kita akan diarahkan pada website Google Adsense, Sign Up untuk mendaftarkan akun google beserta email blogspot. setelah itu klik yes untuk mendapatkan bantuan kustomisasi adsense. Setelah itu pilih Indonesia sebagai negara dan yang terakhir klik yes untuk menyetujui syarat dan ketentuan dari Google Adsense
 
 
3. Langkah selanjutnya akan diarahkan pada laman google adsense yang telah didaftarkan sebelumnya. Pada tahap ini pemilik blog diharapkan untuk mengisi seluruh informasi berkenaan dengan blog yang akan ditautkan pada Google Adsense nantinya, pastikan data yang diinput telah benar.
 
 
 
4. Setelah mengisi data informasi berkenaan dengan blog, pengguna diarahkan pada tab seperti dibawah ini. Klik redirect untuk menghubungkan Google Adsense dengan Blog.
 
 
 
5. Proses penyetujuan adsense oleh Google sendiri memili rentang waktu yang berbeda-beda pada masing-masing penggunanya, 1 hari bahkan sampai berminggu-minggu. 
 
Berikut ini merupakan tampilan dari laman beranda google adsense pada blog saya. Pendaftaran Google Adsense sendiri telah dilakukan sejak seminggu yang lalu namun belum mendapatkan email persetujuan dari pihak Google Adsense. 

Jika blog kita sudah mendapatkan persetujuan dari Google Adsense maka terdapat email yang masuk beserta notifikasi seperti pada gambar berikut.
 
 
itulah review dalam mendaftarkan blogspot pada google Adsense, terlihat cukup rumit karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menunggu persetujuan dari Google Adsense namun benefit yang dihasilkan setelahnya dinilai mampu dalam mengoptimalkan fungsi blogspot. 

10 Rekomendasi Tempat Belanja Online

        Seiring meningkatnya perubahan teknologi, trend belanja di masyarakat pun turut serta berubahSaat ini, banyak sekali marketplace Indonesia yang bisa pebisnis manfaatkan untuk semakin meningkatkan penjualan mereka lewat toko online. Selain mudah dalam pendaftaran akun di sebuah marketplace, konsumen juga dimanjakan dengan berbagai fitur unggulan yang terdapat pada masing-masing e-commerce. 

       
         Marketplace dapat diibaratkan sebagai pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli pada satu lokasi. Di mana, saat ini kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produk maupun melakukan pembelian dari produk-produk yang dijual di platform tersebut. Seiring meningkatnya perubahan teknologi, trend belanja di masyarakat pun turut serta berubah
 
        Berikut ini merupakan rekomendasi tempat belanja online yang dapat digunakan oleh konsumen,
 
1. Shopee
Shopee Indonesia | Jual Beli di Ponsel dan Online
 

    Shopee adalah top e-commerce di Indonesia 2020 dengan jumlah kunjungan mencapai 97,7 juta. Sejak mencatatkan kasus positif pertama Covid-19 di Indonesia pada Maret, jumlah kunjungan ke situs Shopee mengalami peningkatan dari 76,5 juta meningkat menjadi 97,7 juta pada Juni 2020.

      Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk. Tersedia pula berbagai jasa ekspedisi untuk mengirim paket kepada konsumen. Namun akhir-akhir ini penjual justru mengeluh dikarenakan biaya admin yang mahal sehingga menambah biaya operasional dari produk, tidak hanya penjual yang mengeluh namun juga konsumen yang kini tidak mendapatkan kemudahan voucher gratis ongkir seperti dahulu. Terlepas dari itu, Shopee tetap mengupayakan yang terbaik untuk para konsumennya melalui parade diskon dengan potongan harga yang lumayan tinggi.

2. Tokopedia
https://www.tokopedia.com/

Tokopedia Putuskan Tarik Penjualan Rokok dan Tembakau di Android - Bisnis  Tempo.co

        Marketplace online ini bisa dibilang menjadi favorit masyarakat Indonesia yang terkenal dengan kehandalan dan kenyamanannya. Dalam hal kenyamanan dalam menggunakan Tokopedia, ini termasuk yang terbaik dalam pengoptimalan situs webnya dan pemuatan data dengan cepat. Situs ini juga membantu dalam hal menunjukkan harga produk terutama karena dapat menunjukkan harga grosir. Selain itu, dengan sistem keamanan verifikasi OTP dan aplikasinya yang nyaman, berbelanja online pasti bebas repot.

           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk yang tersedia. Keunggulan yang ditawarkan yakni display web dan aplikasi yang menarik sehingga menimbulkan kesan yang positif bagi konsumen yang berkunjung. Marketplace ini didukung oleh berbagai metode pembayaran sehingga dapat mempermudah transaksi. Saya beranggapan bahwa tokopedia lebih menekankan pada produk elektronik seperti hanphone, laptop dan perabotan rumah tangga. 

3. Bukalapak
bukalapak.com

Simak Manfaat Produk Baru Bukalapak - Teknologi Bisnis.com

        Pasar online ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia dan sudah menjadi unicorn dalam bisnis ini. Ini mendapat dorongan besar kembali pada tahun 2010 ketika pembelian sepeda lipat berada di puncaknya. Bukalapak juga bekerja sama dengan UKM dan mitra mom-and-pop lokal Indonesia yang disebut warung. Selain itu, perseroan menerima beberapa penghargaan selama bertahun-tahun di antaranya Achmad Bakrie Award 2018, YouTube Pulse 2018 Best Ads, dan bahkan medali kehormatan Indonesia, Satyalancana Wira Karya.

           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk. platform ini juga menyediakan berbagai jasa ekspedisi untuk memudahkan pengiriman paket sampai pada tujuan. Saya pribadi belum pernah menggunakan marketplace ini namun dari segi tampilan web dan penawaran diskon yang banyak cukup membuat saya tertarik untuk bertransaksi lewat Bukalapak

4. Lazada
https://www.lazada.co.id/

COD Bayar Di Tempat Galek Banyuwangi 1kg | Lazada Indonesia

        Dengan 50 juta pembeli setiap tahun, Lazada dengan mudah duduk di antara operator eCommerce teratas di Asia Tenggara. Pertumbuhannya juga tidak diragukan lagi terkait dengan saham pengendali Alibaba untuk mendukung ekspansi internasionalnya untuk layanannya. Dari pengalamannya selama bertahun-tahun, ia telah menyempurnakan pengalaman pengguna di situsnya dan memiliki layanan pengiriman yang cepat. Untuk pengalaman yang lebih baik, gunakan aplikasinya yang tersedia di App Store serta Play Store

       Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk mulai dari produk lokal sampai pada produk impor. Marketplace ini juga menawarkan berbagai penawaran diskon yang menarik perhatian konsumen. Namun yang perlu disayangkan adalah sistem tracking paket yang kurang aktual, hal ini sering terjadi dan menimbulkan kebingungan di konsumen terkait dengan paket yang ditujukan kepada mereka.

5. Blibli
Blibli.com

Online Mall Blibli.com, Sensasi Belanja Online Shop ala Mall

        Dengan logo dan palet warna biru dan putih yang berbeda dan ramah, Blibli.com memvisualisasikan kegunaan dan kenyamanannya. Ini lebih jauh dibuktikan dari aplikasi selulernya yang terkenal dan layanan pelanggan 24/7 yang siap membuat pengalamanmu lebih mudah. Website online marketplace Indonesia ini menawarkan kemudahan pembayaran dengan 26 pilihan metode pembayaran mereka. Untuk pengalaman yang lebih lancar dengan layanan Blibli.com, gunakan aplikasi seluler mereka, tersedia di App Store dan PlayStore.

        Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk. Tersedia berbagai metode pembayaran dan terdapat metode kredit untuk mempermudah transaksi konsumen. Saya pribadi belum pernah memakasi aplikai ini namun melihat jaminan keamanan berbelanja mulai dari Master Card Secure Code dan Verified by visa cukup membuat saya tertarik untuk bertransaksi di Blibli

6. Jd.id
jd.id

Disebut Paling Sering Dikeluhkan, Ini Jawaban JD.ID - Bisnis Tempo.co

        Orang Indonesia telah mengenal aplikasi ini cukup lama dengan tampilan merah dan putihnya di web. JD.id adalah online marketplace di Indonesia yang merupakan bagian dari raksasa eCommerce China JD.com dan telah beroperasi sejak 2015. Sebagai bagian dari komitmennya terhadap eCommerce Indonesia, situs ini memberikan berbagai opsi pembayaran untuk digunakan pelanggan untuk transaksi mereka. Mereka juga memiliki fitur Concierge yang dapat mengambil barang untuk mengembalikan smartphone, laptop, tablet, dan perangkat pintar

           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk. Tampilan aplikasi pun simple dan mudah untuk digunakan. Keunggulan dari marketplace ini ialah terdapat berbagai produk official store / gerai resmi yang dapat menjanjikan orisinalitas dari produk yang dibeli. Saya pribadi belum pernah memakai aplikasi ini namun melihat keunggulan yang ditawarkan cukup menarik perhatian saya untuk bertransaksi di Jd.id

7. Traveloka
https://www.traveloka.com/id-id/

4 Promo Traveloka untuk Libur Akhir Tahun, dari Diskon Hotel Hingga KA  Halaman all - Kompas.com

        Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Traveloka yang merupakan salah satu perusahaan rintisan (startup) berstatus Unicorn asal Indonesia ini mengembangkan layanannya pada pemesanan tiket kereta api, bus, penyewaan mobil, hingga aktivitas wisata. Sejak tahun 2015, Traveloka mulai berekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filiphina dan lainnya.

           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk yang dikhususkan pada travel dan perjalanan. Traveloka menawarkan jenis tiket akomodasi perjalanan dari berbagai maskapai dan rute sehingga memudahkan konsumen untuk bertransaksi. Traveloka juga menawarkan berbagai penawaran diskon untuk konsumennya. 

8. Olx
olx.co.id/

OLX Indonesia Menggandeng Situs BeliMobilGue, Ini Tujuannya - Otomotif  Tempo.co

        OLX di Indonesia merupakan bagian dari grup OLX yang berkantor pusat di Amsterdam. Online marketplace Indonesia yang satu ini Olx.co.id bernama Tokobagus sebelum tahun 2014, dan merupakan pasar untuk menjual berbagai macam barang, lama dan baru. OLX saat ini merupakan hasil penggabungan dengan perusahaan lain dalam bisnis ini, Berniaga.com. Untuk pengalaman yang lebih baik, unduh dan gunakan aplikasi mereka yang tersedia untuk iOS dan Android. Pendaftaran ke OLX juga mudah dengan opsi untuk menggunakan Facebook untuk mengisi kredensial Anda atau Google+

           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk yang dikhusukan pada properti dan kendaraan pribadi. Olx memudahkan pengguna untuk bertransaksi properti dengan didukung keamanan dan seleksi oleh tim Olx agar tidak terjadi ketidaksesuaian produk antara penawaran di aplikasi dan di real time nya.

9. Amazon
https://www.amazon.com/

File:Amazon logo.svg - Wikipedia

        Amazon dikenal karena gangguannya terhadap industri yang mapan melalui inovasi teknologi dan skala massa. Perusahaan ini menjadi pasar e-commerce terbesar di dunia, asisten penyedia AI, dan platform cloud computing yang diukur dengan pendapatan dan kapitalisasi pasar. Amazon adalah perusahaan internet dengan pendapatan terbesar di dunia. Ini adalah perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat dan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Amazon adalah perusahaan teknologi terbesar kedua berdasarkan pendapatan
           Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk yang tersedia. Amazon yang berpusat di Amerika Serikat memungkinkan produk impornya untuk sampai pada negara tujuan konsumen. Tidak perlu khawatir karena produk yang beredar pada marketplace ini sudah diajamin keamanannya. Yang disayangkan adalah metode pembayaran yang terbatas dan membutuhkan dana yang lebih untuk biaya pajak dan adminnya.

10. Aliexpress
id.aliexpress.com

AliExpress Invests in Livestreaming and Empowers its Livestreaming  Ambassadors in Cross-Market Shoppertainment Workshop

        Sebagai bagian lain dari bisnis Alibaba di eCommerce, keahliannya menyediakan fitur luar biasa bagi pelanggan yang menggunakan situs web mereka. Fitur-fiturnya termasuk memiliki jaminan bagi pembeli dengan menahan pembayaran dari penjual, layanan pengiriman seluruh dunia, dan banyak opsi pengiriman. Website online marketplace ini juga cukup dioptimalkan dibandingkan dengan pesaingnya dan sangat ramah pengguna bahkan untuk pembeli online pertama kali. Dan pastikan untuk memiliki akun situs web AliExpress karena mereka akan memberikan harga yang lebih baik

         Sejauh ini menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan terdapat beraneka ragam jenis produk yang tersedia. Marketplace ini memungkinkan produk impornya untuk sampai pada negara tujuan konsumen. Aliexpress pun kini mulai beredar di Indonesia sehingga mempermudah transaksi untuk konsumen.