2014
04.27

Apakah anda mengalami kesulitan dalam belajar bahasa inggris ?, apakah anda mengatakan kepada diri anda sendiri “seandainya saja saya bisa belajar bahasa inggris dengan cara yang lebih baik.” ? Jika anda menjawab ya terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya yakin anda bertanya-tanya bagaimana anda dapat melakukannya. Dalam artikel kali ini saya ingin menjelaskan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pelajar bahasa inggris dan cara-cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda yang sederhana dan menyenangkan pada saat yang bersamaan seperti yang dilakukan di kampung inggris pare. Berikut ini adalah beberapa permasalahan dan cara meningkatkan ketrampilan dalam belajar bahasa inggris:

Kurangnya Perbendaharaan Kata atau Vocabulary.

Vocabulary merupakan hal yang penting dalam belajar bahasa inggris. Bahasa apapun didunia ini termasuk bahasa inggris memiliki beribu-ribu kata. Dalam banyak hal bahkan para pembicara asli banyak yang tidak mengetahui seluruh kata tersebut karena terlalu banyak yang harus dipelajari. Bahkan menurut banyak sumber yang telah saya dapati kurang lebih ada 800 an kata yang anda harus ketahui untuk dipakai dalam percakapan bahasa inggris. Daftar kosakata tersebut terlalu panjang untuk disebut dalam artikel ini namun cara awal yang baik adalah dengan membaca daftar kosakata tersebut dan melihat berapa jumlah kata yang anda sudah ketahui. Anda mungkin akan terkejut sendiri ketika mengetahui jumlah kata yang anda sudah ketahui atau telah terbiasa menggunakannya, daftar kata tersebut bisa anda lihat di world english club. Permasalahan lain yang dihadapi dalam belajar kosakata bahasa inggris adalah bahwa mereka mempelajari sebuah kosakata baru namun mereka cenderung melupakan apa yang mereka telah pelajari setelah mempelajarinya, jadi apa yang bisa anda lakukan ?

Bagaimana Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anda ?

Ada banyak permainan dan cara untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris anda. Cara terbaik yang sederhana yang ingin saya sarankan adalah membuatlah daftar. Saat ini ada cara yang lebih baik daripada hanya sekedar membuat daftar kata yaitu tetaplah membacanya. Seminggu sekali buatlah dua puluh lima daftar kata yang ada di daftar kosakata world english club atau mungkin memilih kosakata yang populer dari website-website lainnya. Selagi anda membuat daftarnya pastikan juga untuk menulis definisinya jika anda masih belum yakin pada saat itu. Lakukanlah yang terbaik untuk mempelajari kosakata baru tersebut. Lalu pisahkan daftar yang anda telah buat tersebut menjadi lima kata per harinya. Pada hari pertama pelajarilah lima kata pertama lalu pada hari kedua pelajarilah lima kata berikutnya. Setelah hari kedua cobalah untuk menulis kosakata hari sebelumnya atau hari pertama. Pada hari ketiga pelajarilah kosakata hari ke tiga lalu cobalah untuk mengingat dan menulis kembali kosakata hari kedua. Saya harap sejauh ini anda sudah melihat polanya, lakukanlah hal ini selama lima hari dan pada hari ke enam belajar kosakata lakukanlah dengan seksama. Jika anda telah usai tinjaulah kembali dan lihatlah apa yang bisa anda ingat. Jika anda menggunakan cara tersebut bisa dipastikan anda akan banyak ingat banyak kosakata baru dan tidak lupa dengan yang telah anda ingat.

Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Yang Lemah.

Salah satu keluhan terbesar yang sering terdengar ketika seseorang sedang belajar bahasa inggris adalah ketidakmampuannya dalam berkomunikasi secara lancar. Apakah hal tersebut merupakan permasalahan dalam mengurangi aksennya atau tidak tahu kosakata maupun tata bahasa untuk menciptakan sebuah percakapan yang layak, banyak orang yang berusaha untuk memperbaiki lemahnya kemampuan dalam berbicara. Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar tata bahasa di kelas atau belajar kosakata akan membantunya untuk lancar berbicara bahasa inggris. Namun faktor-faktor tersebut hanya akan menghasilkan pengetahuan berbahasa inggris dan tidak dapat menterjemahkannya ke dalam kemampuan berbicara inggris secara nyata. Apakah anda memiliki permasalahan dalam kemampuan berbicara bahasa inggris ?, berikut ini adalah cara-cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Anda ?

Apakah anda pernah menonton film yang berbahasa inggris ?, saya yakin anda sudah pernah. Menonton film berbahasa inggris adalah salah satu hal yang sangat mudah dilakukan ketika belajar bahasa inggris. Namun apa yang membuatnya sangat cocok dilakukan untuk belajar bahasa inggris ?, yaitu mendengarkan kosakata yang diucapkan secara jelas. Jadi hal tersebut merupakan sesuatu yang jarang dipikirkan oleh banyak orang tentang efeknya yang sangat bagus untuk belajar bahasa inggris karena akan menumbuhkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris secara lebih signifikan. Kemudian membaca buku, sebetulnya tidak harus berupa buku, tetapi harus dalam berbahasa inggris. Yang harus dilakukan berkaitan dengan membaca bahasa inggris adalah dengan membacanya SECARA LANTANG. Memang benar sesederhana itu cara yang harus dilakukan ketika membaca dan itu dilakukan oleh teman-teman kita yang belajar di kampung inggris pare kediri. Membaca dalam bahasa inggris dengan suara lantang akan membuat anda mendengar bahasa inggris anda sendiri, dan membantu anda untuk mendapatkan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Hal ini tidak harus dilakukan dalam waktu yang sangat lama tetapi anda harus membaca dengan suara lantang setidaknya setiap lima menit atau lebih dalam sehari. Jangan pernah menyerah dalam menjalankan ini, cara belajar ini sangatlah penting dan tidak banyak orang yang menjalankan metode ini seperti kebanyakan metode ini dilakukan di kampung inggris pare kediri. Pastikan anda mengucapkannya dengan benar, dan jika diperlukan untuk membacanya secara perlahan hal tersebut tidak menjadi masalah. Intinya adalah anda membaca atau mengeluarkan suara dengan lantang dan melatih kemampuan berbicara bahasa inggris anda. Cara ini juga merupakan salah satu cara yang terbaik untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda sebab banyak para pelajar bahasa inggris tidak memiliki kesempatan untuk berhubungan langsung dengan pembicara bahasa inggris asli. Hal ini akan membawa anda ke permasalahan terakhir dalam belajar bahasa inggris.

Kurangnya Berinteraksi Dengan Pembicara Bahasa Inggris Asli.

Tidak adanya kesempatan untuk berinteraksi dengan pembicara bahasa inggris asli atau native speaker bisa menjadikan sebuah hambatan atau kendala yang cukup berarti bagi seseorang yang belajar bahasa inggris. Namun ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan interaksi anda dengan pembicara bahasa inggris asli atau native speaker atau setidaknya untuk memacu merasakan pengalaman ini. Yang mana diakui atau tidak bahwa berinteraksi dengan pembicara bahasa inggris asli mungkin bagian yang terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Menonton film merupakan cara yang bagus jika anda menyadari hal itu. Anda bisa mempelajari kata-kata yang populer dan jika anda tertarik untuk belajar bicara seperti orang amerika ada banyak bahasa sehari-hari dan istilah-istilah yang umum sering dipakai oleh orang amerika yang cukup sulit dipelajari dengan hanya membaca. Untuk belajar bahasa inggris yang sering diucapkan atau dipakai sehari-hari anda harus mendengarkan kata-kata atau frase-frase dalam sebuah kalimat. Jadi dengan menonton film berbahasa inggris sangat kecil kemungkinan bagi anda sebagai orang yang sedang belajar bahasa inggris untuk salah mengartikan maksud dari kata-kata atau frase yang digunakan.
  • Salah satu cara terbaik yang oleh banyak pelajar bahasa inggris sadari adalah mencari seorang pembicara asli bahasa inggris atau seorang native speaker dalam ruang-ruang chatting atau melalui internet. Disana cukup banyak orang yang bersedia membantu anda untuk menjadi teman belajar baik itu melalui telephone atau internet chat. Bisa jadi anda juga dapat menawarkan barter belajar bahasa indonesia kepada mereka dan dengan cara tersebut masing-masing bisa saling mendapatkan pengalaman bertukar bahasa.
  • Jika anda cukup beruntung bisa menemui seorang pembicara asli bahasa inggris atau seorang native speaker yang mana anda merasa nyaman untuk bisa diajak berbicara maka cobalah untuk menemuinya di tempat yang nyaman dimana anda bisa saling mendengar kemudian luangkanlah waktu sekitar satu jam berbicara dengannya perihal topik apapun yang sedang terlintas di benak anda. Anda mungkin juga bisa merencanakan topik pembicaraan yang akan digunakan jadi anda tidak akan membuang-buang waktu untuk berpikir dahulu apa yang harus dikatakan ketika bertemu. Bisa juga anda menulis pertanyaan-pertanyaan yang ingin anda tanyakan.

Sebetulnya ada banyak permasalahan dalam belajar bahasa inggris namun tiga permasalahan diatas merupakan alasan-alasan utama yang menimbulkan permasalahan dalam belajar bahasa inggris. Jika anda menyadari masalah-masalah tersebut dan mengetahui cara membenahinya maka setiap aspek dari belajar bahasa inggris anda akan meningkat cukup signifikan. Dan saya harap anda berhasil belajar bahasa inggris seperti sorang native speaker, selamat belajar dan salam sukses untuk anda.

No Comment.

Add Your Comment

Comments are closed.