BUSINESS COMMUNICATION

December 1st, 2019

 

BUSINESS COMMUNICATION THROUGH SOCIAL MEDIA

Oleh Jawa Pos Radar Malang.

Kurniawan muhammad

Direktur Jawa Pos Radar Malang

                                                                     

BUSINESS COMMUNICATION (komunikasi bisnis) dasarannya adalah komunikasi kalau tanpa komunikasi bagaimana bisa menjalankan sebuah bisnis? Komunikasi verbal dan non verbal itu menjadi aspek penting di kehidupan kita bahkan kita menggunakannya dalam sehari-hari. Selain itu anda harus punya ilmu mendengar, pada saat menjalankan sebuah bisnis komuniasi yang anda gunaakan ini untuk berkoordinasi. Kunci dari komunikasi bisnis adalah harus menggunakan komunikasi verbal (memberi senyuman).Tujuan dari komunikasi bisnis tersebut terdapat 3 hal yang pertama, Informasi  dari awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya tahu menjadi lebih tahu itulah informasi sangat dibutuhkan. persuasif melakukan persuasi kepada pihak lain agar pesan apa yang anda sampaikan dapat memudahkan para klien. Yang terakhir kolaborasi atau kerjasama bisnis antara seorang dengan orang lain. Terdapat 4 jurus penting dalam Komunikasi bisnis seperti mengobrol (perjajakan) jika mengobrol dengan klien anda jangan menceritakan banyak tentang diri anda sendiri jadilah pendengar, pancinglah para klien tersebut untuk bercerita tentang dirinya. Setelah anda melewati perjajakan dengan klien dari mengobrol barulah ngafe/entertain (prospek) buatlah para klien nyaman dengan tempatnya barulah ajak basa basi disitu anda masuk transisi berbicara condong ke arah yang anda inginkan. Setelah transisi ini berjalan baik baru masuk lobi (win- win solution) ini juga penting,  Karena pasti masing-masing pihak punya goals yang ingin dicapai. Nah bagaimana caranya agar mendapatkan sama-sama untung dan tidak ada yang merasa dirugikan. Setelah win-win solution masuk ketahap terahir cash back (viagran) setelah melakukan kesepakatan dari lobi maka anda memikirkan timbal balik kepada klien anda.

Jawa Pos Radar Malang ini sendiri menggunakan media online, dan sudah memiliki 4 platform antara lainnya Facebook, Instagram, Youtube, Twitter. Media online Jawa Pos sendiri membuat karakteristik sosmed masyarakat terdapat kecantikan, Kuliner, Fashion dan lain sebagainya. Jawa Pos ini mengikuti milenial lifestyle. Karena era sekarang adalah era digital.