RSS Feed

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

31 May 2018 by nabil yusril

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio dan video) melalui jaringan berbasis komputer. Uumumnya, jaringan telekomunikasi adalah susunan di mana pengirim mengirimkan pesan ke penerima melalui saluran yang terdidi atas suatu medium. Sistem yang terdiri dari segenap perangkat telekomunikasi yang dapat menghubungkan para penggunanya yang lokasinya berjauhan, sehingga kedua pengguna tersebut dapat saling bertukar informasi. Fungsi dari sistem komunikasi adalah mentransmisikan pesan (messages) yang dihasilkan dari sumber informasi ke tujuan, dengan kecepatan pengiriman yang tinggi dan akurasi yang baik.

Bentuk Telekomunikasi

  1. Komunikasi Satu Arah (Simplex)merupakan pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh: Pager, televisi, dan radio.

  1. Komunikasi Dua Arah (Duplex)merupakan pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh: Telepon, VOIP, Video Call.

  1. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex)merupakan pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.

Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Koneksi telepon yang sederhana

Koneksi sederhana tidak mencukupi bila manusia yang akan berkomunikasi jumlahnya lebih dari satu pasang karena berakibat mendorong lahirnya jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi menyediakan wahana untuk menghubungkan banyak orang secara efisien menggModel Jaringan Telekomunikasi.

Model Jaringan Telekomunikasi

Jaringan telekomunikasi merupakan susunan dimana pengirim mengirimkan pesan ke penerima melalui saluran yang terdiri atas suatu medium.

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan atai mengintegrasikan beberapa komputer, printer dan peralatan komputasi lain yang terhubung melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer dalam satu kesatuan.

Mengapa dibentuk jaringan ?

-Sharing resources (printer, HD dll)

-Komunikasi(email, chatingdll)

-Integrasidata padaaplikasi

-Akses informasi: web browsing

-Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date

-Sebagai sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda serta membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

Kerugian jaringan komputer

-Ancaman keamanan data atau informasi

-Ancamanvirus, Dan lain-lain

Requirement jaringan komputer

-Hardware

-Network Interface Card

-Hub/Switch sebagaiconsentrator& repeater

-Router untukmenyeberangkanpaketdata kejaringanyang berbeda, dll

Software

Protokol sebagai aturan yang digunakan bersama dalam proses transmisi data sehingga transmisi data dapat berjalan dengan semestinya.

Tren Utama dalam Telekomunikasi Bisnis

  1. Tren Industri

Ke arah pemasok, pembawa, aliansi dari jasa jaringan yang lebih kompetitif, dipercepat oleh deregulasi dan pertumbuhan internet dan World Wide Wb.

  1. Tren Teknologi

Ke arah penggunaan yang lebih intensif dari internet, serat optik digital dan tenologi nirkabel untuk menciptakan kerja internet local dan global yang berkecepatan tinggi untuk suara, data, gambar, audio dan video.

  1. Tren Aplikasi Bisnis

Ke arah penyebaran penggunaan internet, intranet perusahaan dan ekstranet antarperusahaan untuk mendukung perdagangan dan bisnis secara elektronik, kerjasama perusahaan dan keuntungan strategis di pasar lokal dan global.

Ada lima komponen dasar dalam jaringan telekomunikasi, antara lain:

  1. a)      Terminal, seperti komputer pribadi berjaringan, komputer jaringan atau peralatan informasi. Setiap alat input/output yang menggunakan jaringan telekomunikasi untuk mengirim atau menerima data adalah terminal, termasuk telepon dan berbagai terminal komputer.
  2. b)      Prosesor telekomunikasi, yang mendukung pengiriman dan penerimaan data antara terminal dan komputer. Peralatan ini, seperti modem, switch dan router, melakukan berbagai fungsi pengendalian dan dukungan dalam jaringan telekomunikasi. Misalnya peralatan tersebut:

1)      Mengubah data dari digital ke analog dan sebaliknya

2)      Mengkodekan dan menghilangkan kode data

3)      Mengendalikan kecepatan, keakuratan dan efisiensi arus komunikasi antara komputer dan terminal di dalam jaringan

  1. c)      Saluran komunikasi, di mana data data dikirim dan diterima. Saluran telekomunikasi dapat menggunakan kombinasi beberapa media, seperti kawat baja, kabel koaksial atau kabel serat optic, atau menggunakan sistem nirkabel seperti gelombang pendek, satelit komunikasi, radio dan sistem selular untuk saling menghubungkan komponen yang lain dari jaringan telekomunikasi.
  2. d)     Komputer dalam semua ukuran dan jenis saling dihubungkan oleh jaringan telekomunikasi agar dapat melakukan tugas pemrosesan informasi, di mana:

1)      Komputer mainframe bertindak sebagai komputer tuan rumah (host)

2)      Komputer skala menengah bertindak sebagai prosesor depan-akhir (front-end)

3)      Mikrokomputer bertindak sebagai server jaringan di jaringan yang kecil

  1. e)      Software pengendalian telekomunikasi, terdiri atas program-program yang mengendalikan aktivitas komunikasi dan mengelola fungsi jaringan telekomunikasi. Contohnya mencakup semua jenis program manajemen jaringan, seperti monitor telekomunikasi untuk komputer tuan rumah mainframe, sistem operasional jaringan untuk server jaringan dan browser Web untuk mikrokomputer.

Jenis-jenis Jaringan Telekomunikasi

1)      Jaringan Area Luas (Wide Area Network/WAN)

Jaringan area luas merupakan jaringan telekomunikasi yang mencakup area geografis yang luas.

2)      Jaringan Area Lokal (Local Area Network/LAN)

Jaringan area local menghubungkan komputer dan alat pemrosesan informasi lainnya pada area fisik yang terbatas, misalnya kantor, ruang kelas, gedung, pabrik manufaktur, atau tempat kerja lainnya.

3)      Jaringan Privat Virtual (Virtual Private Network/VPN)

Jaringan privat virtual adalah jaringan aman yang menggunakan internet sebagai tulang punggungnya, namun mengandalkan firewall, enkripsi dan fitur pengaman lainnya untuk koneksi internet, intranet dan koneksi dengan perusahaan lainnya. Banyak lembaga menggunakan VPN untuk membentuk intranet dan ekstranet yang aman.

4)      Jaringan Klien/Server

Jaringan klien/server telah menjadi aritektur informasi yang dominan dalam komputasi perusahaan. Dalam jaringan tersebut, tempat kerja komputer pemakai akhir adalah klien. Mereka dihubungkan oleh jaringan area local dan berbagai pemrosesan aplikasi dengan server jaringan.

5)      Komputasi Jaringan

Komputasi jaringan atau konsep terpusat-pada-jaringan (network-centric) memandang jaringan sebagai sumber komputasi pusat dari semua lingkungan komputasi.

6)      Jaringan Rekan-ke-Rekan (Peer-to-Peer/P2P)

Munculnya aplikasi teknologi jaringan rekan-ke-rekan untuk internet dianggap sebagai pengambangan yang akan memiliki dampak yang besar terhadap e-business, e-commerce dan internet sendiri. Dalam arsitektur server terpusat, software file-bersama P2P menghubungkan komputer Anda dengan server pusat yang berisi direktori semua pemakai lainnya (rekan) di jaringan.

Media Telekomunikasi

  1. Kabel Berpasangan

Kabel telepon umum yang terdiri dari kabel tembaga yang dipilin berpasangan (kabel berpasangan) adalah media telekomunikasi yang paling banyak digunakan. Kabel berpasangan dibungkus dan dilindungi dalam berbagai bentuk dan digunakan secara meluas dalam sistem telepon rumah dan kantor, serta di banyak LAN dan WAN.

  1.  Kabel Koaksial

Kabel koaksial terdiri dari kabel alumunium atau tembaga yang kuat dan dibungkus dengan pembatas yang berfungsi sebagai insulator dan pelindung. Kabel koaksial memungkinkan pengiriman data berkecepatan tinggi dan lebih banyak digunakan daripada kabel berpasangan di area metropolis, untuk sistem TV kabel dan untuk koneksi komputer jarak pendek serta peralatan periferal.

  1. Kabel Serat Optik

Serat opetik menggunakan kabel yang terdiri dari satu atau beberapa kawat pijar yang setipis rambut dan serat kaca yang dibungkus dengan jaket pelindung. Serat optik dapat menghasilkan pulsa elemen bersinar (photon) yang dihasilkan oleh sinar laser dengan tingkat transmisi hingga triliunan byte per detik (terabyte per second/Tbps). Ini sekitar ratusan kali lebih besar daripada kabel koaksial dan ribuan kali lebih baik dari kabel berpasangan.

  1. Teknologi Nirkabel

Teknologi komunikasi nirkabel mengandalkan gelombang radio, gelombang mikro, inframerah dan pulsa cahaya untuk mengirim komunikasi digital tanpa kabel antarperalatan komunikasi. Teknologi nirkabel termasuk gelombang mkro teristerial, satelit komunikasi, telepon PCS dan selular, serta sistem penyentara, radio data bergerak, LAN nirkabel dan berbagai teknologi internet nirkabel.

  1. Gelombang Mikro Teristerial

Gelombang mikro teristerial melibatkan sistem gelombang mikro yang terikat pada bumi yang mengirim sinyal radio berkecepatan tinggi dalam jalur antarstasiun penerima yan terletak 30 mil.

  1. Satelit Komunikasi

Satelit berfungsi sebagai stasiun penyiar untuk sinyal komunikasi yang dikirim dari stasiun bumi. Stasiun bumi menggunakan antena parabola untuk mengarahkan sinyal gelombang pendek ke satelit yang memperkuat dan mengirim kembali sinyal tersebut ke tempat kerja lainnya di bumi yang berlokasi ribuan mil jauhnya.

  1. Sistem PCS dan Selular

Sistem penyentara, telepon PCS dan selular menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Akan tetapi, semuanya membagi area geografis menjadi beberapa area kecil atau sel (cell), area umumnya dari satu hingga beberapa mil persegi. Setiap sel memiliki transmitter berdaya rendah atau antena siaran radio untuk menyiarkan panggilan dari satu sel ke sel lainnya. Komputer dan prosesor komunikasi lainnya mengkoordinir dan mengendalikan transisi ke dan dari pemakai bergerak, ketika mereka bergerak dari satu area ke area lainnya.

  1. LAN Nirkabel

Penggunaan LAN nirkabel tumbuh dengan cepat seiring dengan implementasi teknologi berkecepatan tinggi baru, contohnya Wi-Fi (Wireless Fidelity). LAN nirkabel Wi-Fi memungkinkan laptop, komputer, PDA dan peralatan lainnya yang memilki modem Wi-Fi untuk dengan mudah berhubungan dengan internet dan jaringan lainnya.

  1. Web Nirkabel

Kesepakatan mengenai standar protocol aplikasi nirkabel (Wireless Application Protocol/WAP) telah mendorong pengembangan banyak layanan dan aplikasi Web nirkabel. Industri telekomunikasi terus mengembangkan teknologi nirkabel generasi ketiga (3G) yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transmisi nirkabel untuk memungkinkan aplikasi multimedia dan video pada peralatan yang bergerak.

Prosesor Telekomunikasi

  1. a)      Modem, yaitu prosesor telekomunikasi yang mengubah sinyal digital dari komputer/terminal transmisi pada salah satu ujung telekomunikasi menjadi frekuensi analog yang dapat dikirim menggunakan saluran telepon biasa.
  2. b)      Multiplekser (Multiplexer), adalah prosesor komunikasi yang memungkinkan saluran komunikasi tunggal untuk melakukan transmisi data secara simultan dari banyak terminal.
  3. c)      Prosesor berbasis internet. Jaringan telekomunikasi yang saling dihubungkan oleh prosesor komunikasi tujuan khusus yang disebut prosesor berbasis internet (internetwork processor), seperti:

Switch: prosesor komunikasi yang menghubungkan antarsirkuit telekomunikasi di dalam jaringan.

Router: prosesor komunikasi cerdas yang saling menghubungkan jaringan berdasarkan berbagai peraturan/protocol, sehingga pesan telekomunikasi dapat dikiim ke tujuannya.