McDonald’s

MCDONALD

Dimulai tahun 1940, sebuah restoran McDonald’s Bar-B-Que dibuka oleh Dick dan Mac McDonald di Fourtheenth and E streets, San Bernandino, California, Amerika Serikat. Tahun 1948, Dick dan Mac McDonald menutup restoran mereka selama 3 bulan. Kemudian dibuka kembali bulan Desember menjadi restoran dengan konsep self-service drive-in. Menu makanan dikurangi menjadi hanya 9 macam: hamburger, cheeseburger, soft drinks, milk, coffee, potato chips, dan a slice of pie. Namun pada 1949, potato chips digantikan oleh French Fries dan menu ditambah dengan adanya Tri Milkshake

 

 

 

 

Dic dan Mac McDonald’s memperkenalkan “Speedee Service System” tahun 1948 yang menjadi dasar bagi pelayanan restoran cepat saji (fast food restaurant) moderen. Maskot asli restoran McDonald’d adalah Speedee, seorang laki-laki dengan topi koki di atas kepala yang berbentuk hamburger. Speedee kemudian digantikan oleh Ronald McDonald, seorang badut yang memakai kostum dan sepatu bergelembung, tahun 1967, didaftarkan pertama kali menjadi merek dagang Amerika Serikat. Tahun 1954, seorang penjual (salesman) Multimixer yaitu Ray Kroc datang ke McDonald’s untuk menjual barang Multimixernya. Disana, Ray kagum dengan operasional restoran McDonald’s. Ray mengetahui bahwa kedua bersaudara McDonald membutuhkan agen waralaba (franchising agent). Kemudian Ray Kroc berkeyakinan dalam dirinya bahwa masa depannya ada pada hamburgers.

Restoran McDonald’s milik Kroc pertama kali dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada 15 April 1955. Restoran tersebut bernuansa warna merah dan putih yang sangat menarik perhatian. Gedung tersebut juga dihiasi dengan dua Lengkungan Emas (Golden Arches) yang didesain oleh seorang arsitek Stanley Meston di tahun 1953. Penjualan hari pertama mencapai $316.12. Dalam kurun waktu sepuluh tahun jumlah gerai restoran McDonald’s bertambah menjadi lebih dari 700 gerai tersebar di seluruh Amerika Serikat. Fred Turner dipekerjakan sebagai Counter Man restoran McDonald’s di Des Plaines tahun 1956. Fred nantinya menjadi Chairman McDonald’s. Fred dengan cepat menjadi kepala operasional McDonald’s yang mendefinisikan kualitas, pelayanan, dan kebersihan yang terus berlanjut sampai sekarang.

Di tahun 1961 juga McDonald’s mengganti logo Speedee menjadi M Slashed ”M” Logo sebagai logo perusahaan. Di tahun ini juga Ray Kroc membeli McDonald’s bersama hak atas nama McDonald’s sebesar $2,7 juta. McDonald’s pertama kali didaftarkan menjadi merek dagang Amerika Serikat pada 4 Mei 1961, dideskripsikan sebagai “DrivMcD Logoe-In Restaurant Serices”. Kemudian pada 13 September di tahun yang sama, perusahaan mendaftarkan logonya, yaitu lambang dengan dua lengkungan me mbentuk huruf “M” (Double Arched “M” Symbol). Lambang dua lengkungan “M” moderen yang terus digunakan sampai saat ini baru muncul mulai 18 November 1968, saat perusahaan mendaftarkan merek dagang logo tersebut dan menjadi logo terkenal yang terus digunakan sampai akhir tahun 2009.

Mc Donald’s di bawah kendali Ray Kroc mulai berkembang dan berinovasi. Salah satunya ditunjukkan dengan adanya tempat duduk di dalam restoran McDonald’s yang pertama kali diadakan di restoran yang berlokasi di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Di bawah Ray Kroc juga, restoran McDonald’s ke-500 dibuka di Toledo, Ohio, amerika Serikat tahun 1963. Di tahun 1965 juga pertama kalinya Filet-O-Fish ditambahkan sebagai menu nasional. Menu ini diciptakan oleh Lou Groen dari McDonald’s Cincinnati untuk meningkatkan penjualan terhadap komunitas Katolik Roma dimana komunitas tersebut banyak terdapat di sekitar restoran. Tahun 1965 merupakan perayaan sepuluh tahun berdirinya McDonald’s ditandai dengan Ronald McDonald.

Ronald tampil dengan ”flying hamburger”-(hamburger terbang)nya di saluran televisi NBC dan jaringan CBS tahun 1966 dan munculnya Ronald kembali pada Parade Thanksgiving Macy. Ronald menjadi populer. McDonald’s terus melakukan pengembangan dengan membuka restoran internasional pertamanya di Kanada dan Puerto Rico tahun 1967. Hingga kini restoran McDonald’s sudah tersebar ke 118 negara di seluruh dunia. Memasuki tahun 1968, McDonald’s memperkenalkan The Big Mac yang dikembangkan oleh Pemilik/Pengelola restoran McDonald’s di Pittsburgh Jim Delligatti dan menu baru ini ditambahkan ke menu nasional McDonald’s. Setelah itu juga diperkenalkan menu Hot Apple Pie yang dikembangkan oleh pengelola restoran McDonald’s Knoxville, Litton Cochran, dan kemudian dimasukan ke dalam menu nasional juga. Di tahun ini juga McDonald’s mulai mendukung gerakan olimpiade dengan mengirimkan hamburgers kepada atlet Olimpiade Amerika Serikat di Grenoble, Perancis yang homesick. Di tahun ini juga restoran McDonald’s yang ke-1000 dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat.Desain gedung baru McDonald’s juga diperkenalkan di tahun ini. Desain baru ini bernama The new McDonald’s mansard roof untuk menggantikan desain The red and white. Tidak hanya gedung, tahun 1969 logo McDonald’s juga diperbaharui menjadi Golden Arches.

Tahun 1971 Ronald McDonald’s mendapat ‘teman’ baru, yaitu Hamburglar, Grimace, Mayor McCheese, Captain Crook, dan si Big Mac, mereka semua bergabung dengan Ronald di McDonaldland. Kemudian diperkenalkan juga theme iklan “You eserve a Break Today”. Theme ini pertama kali muncul pada iklan terkenal “Clean” atau “Bucket and Mop” yang menampilkan kru McDonald’s membersihkan restorannya.

 

LINGKUNGAN INTERNAL (SUMBERDAYA, KAPABILITAS, DAN KOMPETENSI INTI)

Bisnis waralaba makanan cepat saji adalah kreasi dari generasi entrepreneur yang telah membentuk tradisi pemasaran Amerika. Para pelopornya kebanyakan tidak pernah mengecap bangku kuliahan. Sejak remaja mereka menunjukkan diri sebagai pekerja keras. Pendirian teguh juga menjadi ciri mereka. Buat mereka, kerja keras adalah sesuatu yang utama dan mereka sangat bangga karenanya. Dari pengalaman puluhan tahun yang mereka miliki sebagai salesman jalanan mereka membangun usaha mereka.

Ketika McDonald’s baru saja berubah menjadi perusahaan waralaba, mengiklankan diri secara nasional masih terlalu mahal. Namun Ray Kroc, pendiri jaringan waralaba tersebut menemukan cara beriklan gratis. Perusahaan tersebut melibatkan diri ke dalam acara-acara amal yang ditujukan kepada anak-anak. Tujuannya adalah membuat McDonald’s menjadi tempat keluarga dan anak-anak.

Hiburan anak-anak lantas dapat dikatakan sebagai alat pemasaran yang diciptakan industri makanan cepat saji. Anak-anak kelas menengah di Jakarta tentu sudah mengenal Nickeledeon, The Simpsons, atau acara-acara televisi kabel seperti Fox Kids Network. Di AS, acara-acara hiburan anak-anak tersebut sudah demikian identik dengan makanan cepat saji sehingga budaya pop anak-anak tidak dapat lagi dibedakan dengan budaya makanan cepat saji. Pada tahun 1996, McDonald’s dan Disney menandatangani perjanjian pemasaran 10 tahun untuk memasarkan mainan-mainan yang populer dari film-film Disney dijual sebagai bagian dari paket penjualan di restoran-restoran McDonald’s. Lebih hebat lagi, skenario film-film Disney juga dipengaruhi oleh kepentingan McDonald’s. Film George the Jungle ditulis ulang ketika dananya disuntik hingga dua kali lipat oleh McDonald’s. Yang ditambahkan adalah adegan tokoh utama film tersebut melahap setangkup BigMac, di bawah pengawasan seorang perwakilan McDonald’s yang datang khusus untuk memastikan BigMac tersebut terlihat dengan jelas. Dengan didukung elemen promosi seperti TV-ad, iklan radio, dan print-ad, langkah Mc Donald tersebut bertahan sampai sekarang. McDonald’s sudah menjalin perjanjian promosi bersama dengan National Basketball Association (NBA), Tricon Global Restaurants (pemilik KFC, Pizza Hut, dan Taco Bell) dengan National Collegiate Athletic Association (NCAA, yang mengadakan pertandingan liga basket antar kampus), dan Denny’s dengan Major League Baseball.

Mc Donald masuk ke Indonesia pertama kali sebagai perusahaan burger dan kentang, belum melakukan pengembangan atau differensiasi produk. Sedangkan pada saat itu, pesaing yang ada yang telah lebih dahulu menguasai pasar seperti Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas Fried Chicken (Texas), dan California Fried Chicken (CFC), sudah memiliki konsumen royal masing-masing dan seperti sulit ditembus oleh pemain baru seperti Mc Donald.

Mc Donald pertama-tama masih mengandalkan burger dan kentang sebagai menu utama yang menjadi ciri khasnya sebagai restoran siap saji. Dapat dikatakan bahwa konsumen Mc Donald pada saat itu hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Dalam artian kalangan tersebut adalah mereka yang menyukai / terbiasa menyantap burger dan kentang sebagai makanan sehari-hari. Menyadari bahwa segmen pasarnya terbatas, Mc Donald akhirnya memutuskan untuk melakukan inovasi atas produk yang sesuai dengan need customernya.

Inovasi produknya yaitu berupa tersedianya ayam goreng (fried chicken) sebagai salah satu menu utama di restoran tersebut, kemudian diikuti dengan kehadiran nasi. Keduanya dipilih dengan alasan bahwa orang Indonesia menyukai ayam goreng tepung sebagai salah satu makanan yang cukup lama dikenal oleh masyarakat selama bertahun-tahun. Sedangkan nasi dipilih karena merupakan makanan pokok orang Indonesia. Dengan langkah tersebut, Mc Donald justru meraih pasar yang selama ini dikuasai pesaingnya, karena ketepatannya membaca situasi pasar dan mengetahui apa yang menjadi keinginan paling utama dari customernya. Tindakan Mc Donald ini bisa dikategorikan sebagai Prospect Valuation disertai dengan Marketplace Measurement.

Dilihat dari sisi sumber dayanya gaji dan kondisi pekerja di bidang biasanya buruk. Mereka berkerja berganti-ganti pada malam hari dan pada akhir minggu di tempat pekerjaan yang bau dan ramai. Gajinya rendah dan kesempatan untuk naik pangkat jarang. McDonald’s termasuk dalam daftar perusahaan-perusahaan yang anti serikat buruh. Puluhan tahun McDonald’s di AS berhasil menghentikan upaya-upaya pembentukkan serikat buruh di restoran-restoran mereka dengan membentuk tim gerak cepat untuk mendatangi restoran yang tercium aktivitas serikat buruh sampai penginterogasian pekerja restoran dengan polygraph, alat pendeteksi kebohongan. Jika pembentukkan serikat buruh gagal dihentikan, dengan mudah McDonald’s menutup restoran tersebut, memecat semua pekerjanya, dan membuka restoran baru tak jauh dari tempat tersebut.

Saat ini McDonald’s adalah pembeli terbesar daging sapi dan kentang. Ia juga menjadi pembeli kedua terbesar produk-produk peternakan ayam. Bahkan jenis ayam yang benar-benar baru dikembangkan agar dapat diproduksi menjadi McNugget. Dengan posisi yang demikian, agroindustri AS menjadi sangat tergantung pada industri makanan cepat saji. Lebih jauh lagi, pengambilan keputusan pembelian yang tersentral pada jaringan restoran besar dan tuntutan mereka agar produk-produk agroindustri distandarisasikan menyebabkan hilangnya kesempatan petani dan peternak kecil.

YouTube Preview Image

Reference :

http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2012/02/sejarah-mcdonalds.html

http://haxims.blogspot.com/2009/11/sejarah-mcdonalds.html

http://arioadityo.multiply.com/journal/item/13?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

http://www.youtube.com/watch?v=kZCbvpJ4O6c&feature=plcp

MESIN PENANAM JAGUNG (Zea mays)

 

Jagung (zea mays) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan diAmerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir ), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Menanam merupakan proses pertama dalam membudidyakan tanaman dan penanaman merupakan usaha penempatan benih atau biji didalam tanah padakedalaman tertentu atau menyebarkan benih diatas permukaan tanah atau menanam tanah didalam tanah dan dalam penanaman benih dapat dilakukan dengan menggunakan tangan saja, dengan bantuan alat-alat sederhana atau dengan bantuan mesin-mesin pertanian

Dalam melakukan budidaya tanaman jagung, anda telah mempunyai keterampilan dan pengetahuan  tentang Persiapan Budidaya Tanaman Jagung (SKT-1). Pada SKT-2 ini anda akan melakukan kegiatan menanam tanaman jagung itu. Untuk menanam tanaman jagung anda memerlukan pengetahuan dan keterampilan, tentang:

  1. Persiapan benih
  2. Penentuan jarak tanam
  3. Pola Tanam
  4. Pola Hubungan tanaman
  5. Pemupukan
  6. Alat tanam, dan
  7. Penanaman.

Dalam penanaman diperlukan alat bantu tanam. Untuk penanaman konvesional sebagai alat bantu adalah tugal, dan tali jarak tanam, serta ajir. Untuk alat tanam yang modern menggunakan mesin tanam. Namun telah ada alat tanam yang semi mekanis yaitu berupa ”seed-drill”. Penanaman dengan alat konvensional waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama dan efektif dilakukan pada lahan-lahan yang sempit dan berteras.

 

Mesin Penanam dan Pemupukan Jagung

Mesin ini di desain untuk mampu dipakai di hasil pengolahan tanah yang bergelombang (tidak rata) (lihat gambar 1), karena dilengkapi dengan pegas horisontal maupun vertikal. Dengan ditarik traktor Roda 4 berkecepatan maju 2–2,5 km/jam, diperoleh kapasitas kerja 0,5–0,6 ha/jam atau 4-5 ha/hari. Cocok digunakan di usaha perkebunan (plantation) terutama seperti pada tanaman jagung.

  1. Termasuk kategori High Technology (jika penarik traktor roda 4 secara mounted / tiga titik penggandengan), atau kategori Implement (jika ditarik dengan traktor roda dua).
  2. Jenis implement ini dapat menggantikan jenis impor, dengan harga yang relatif murah menggunakan bahan lokal.

Spesifikasi Teknis:

  • Model : GS – JP-FL/01
  • Penarik : Traktor roda 2 Traktor roda 4 , 30 /40/ 50 HP
  • Bijian yang sesuai : Jagung dan Kedele
  • Kap. Hopper : 5 kg per unit
  • Kecepatan penanaman : 1,5- 2,0 km/jam
  • Jarak tanam dalam alur : 30 – 40 cm
  • Jarak tanam antara alur : Dapat diatur ( 30 – 80) cm
  • Kedalaman penanaman : 5 – 7 cm
  • Berat ( 1 unit penanam) : 20 kg.
  • Penakar benih : Tipe priringan datar menyudut
  • Pembuka alur : Piringan ganda
  • Penyesuaian kedalaman tanam : Sistem 4 batang kait Dimensi ( 1 unit/ 1 baris)

Keunggulan:

  1.  Jumlah Alur tanaman dapat diatur : 4 alur untuk jagung, 6 alur untuk kedele, dan 10 alur untuk padi.
  2. Didesain untuk mampu dipakai di hasil pengolahan tanah yang bergelombang (tidak rata), karena dilengkapi dengan pegas horisontal maupun vertikal.
  3. Dengan ditarik traktor Roda Empat berkecepatan maju 2–2,5 km/jam, diperoleh kapasitas kerja 0,5–0,6 ha/jam atau 4-5 hektar/hari, sedangkan bila ditarik dengan traktor roda dua kapasitas kerjanya menjadi seperempat sampai sepertiganya.
             Berikut ini akan ditampilkan beberapa video saat penanaman jagung :
YouTube Preview Image YouTube Preview Image

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!