Sebelum membeli domain web, seorang blogger harus mempertimbangkan beberapa hal. Seperti misalnya target pembaca, konten blog, dan sebagainya. Pada langkah pertama yang perlu dilakukan blogger saat merancang sebuah web adalah menentukan nama domain yang akan blogger gunakan.

Nama domain web memberikan kesan pertama. Karena nama menentukan pembaca memilih blog yang akan dilihat. Sebagaian besar, pembaca akan melihat nama domain terlebih dahulu ketika melakukan penelusuran dari berbagai macam sumber di internet.

Memutuskan nama domain diibaratkan seperti halnya dengan memutuskan memilih nama perusahaan yang akan dibangun. Oleh karenanya keyword yang blogger masukkan sebaiknya memiliki hubungan dengan konten dan juga nama domain yang saling terikat satu sama lain.

Dalam menentukan nama domain web, seorang blogger tidak bisa sembarangan. Hal itu karena nama domain web akan menjadi identitas suatu blog di internet. Contohnya seperti, bila seseorang mempunyai bisnis dalam bidang kosmetik, maka idealnya, nama donain yang akan dipakai tidak terlepas dari kata ‘kosmetik’ atau yang berhubungan dengan itu.

Sebisa mungkin, seorang blogger hanya sekali saja membeli domain untuk satu web, berikutnya hanya perlu memperpanjang masa berlaku. Apabila blogger labil, lalu berganti-ganti nama domain, maka rangkin web tidak akan menjadi maksimal. Setiap ganti nama domain, seolah blog baru pertama kali dibuat.

Untuk itu, kami akan berikan sebuah tips cerdas dalam menentukan nama domain. Harapannya, domain yang anda pilih benar-benar sesuai identitas dan tujuan web dibuat. Dan sebisa mungkin, web yang akan anda buat tidak akan pernah ganti-ganti nama domain. Berikut tipsnya!

Cek Ketersediaan Domain

Hal pertama yang perlu anda lakukan saat akan membeli domain, yaitu cek domain nama apakah tersedia atau sudah dimiliki orang lain. Apabila domain tersedia untuk dibeli, maka anda bisa membelinya di penyedia hosting dan domain terbaik Domainesia.

Nama Domain Singkat dan Sesuai Identitas Web

Sebisa mungkin, domain yang anda tentukan terbilang singkat. Mengapa? Tentu saja agar mudah diingat. Selain itu, domain yang singkat meminimalisir pengunjung web salah ketik ketika ingin mengunjungi web kami lagi.

Yang tak kalah penting, pastikan anda menyesuaikan nama domain dengan identitas web yang akan dibuat. Sebagaimana yang kami singgung sebelumnya, misalnya anda ingin membuat web untuk jualan kosmetik, sebisa mungkin nama domain juga berhubungan dengan kosmetik. Jangan sampai jualan kosmetik, tapi nama webnya berkaitan dengan otomotif. Kan gak nyambung?

Hindari Angka dan Tanda Hubung

Perlu diketahui bersama, bahwa adanya angka bisa mengurangi peforma suatu blog. Apalagi angka dan huruf yang memiliki pola yang hampir sama. Misalnya, huruf ‘O’ dengan angka ‘0’. Sebisa mungkin, anda menentukan nama domain hanya memakai huruf saja, kecuali jika produk atau identitas web nya memang menggunakan angka.

Selain itu, sebisa mungkin anda tidak menggunakan tanda baca atau tanda hubung lain. Misalnya kosmetik menjadi kos-metik. Hal ini bisa saja membuat pembaca sulit mengejanya dan berpeluang kehilangan trafik di kemudian hari.

Memilih Eksistensi yang Tepat

Eksistensi domain merupakan huruf paling akhir setelah tanda titik (.). Anda perlu memastikan bahwa eksistensi yang dipilih sesuai dengan tujuan web dibuat. Misalnya, anda ingin membuat web untuk jualan, maka anda bisa memilih eksistensi .com atau .co.id. Bagi anda yang ingin membuat web untuk sebuah lembaga pendidikan, anda bisa memilih eksistensi .sch.id untuk sekolah, dan ac.id untuk kampus.

Selain eksistensi yang populer tersebut, saat ini banyak eksistensi domain baru bermunculan. Sebut saja seperti .xyz .biz .online .web.id dan lain sebagainya. Nah, pastikan anda membeli nama domain dengan eksistensi sesuai kebutuhan masing-masing ya!

Cek Spam Score

Agar anda tidak menyesal membeli domain, maka anda perlu melakukan satu tips yang jarang diperhatikan oleh banyak orang, yakni mengecek spam score. Saya kan mau beli domain baru, kenapa saya harus mengecek Spam score? Tidak ada jaminan bahwa membeli domain baru spam scorenya pasti 0. Hal ini dikarenakan, kita tidak tahu pasti apakah domain yang akan dibeli sebelumnya sudah dipakai oleh orang atau benar-benar fresh domain.

Saya pribadi pernah mengalaminya, waktu itu saya membeli domain yang saya anggap fresh. Ternyata, begitu saya cek spam score, sudah angka 6 saja. Dan usut punya usut, nyatanya domain tersebut sebelumnya sudah pernah dimiliki oleh orang, expirred, lalu saya beli tanpa sepengetahuan.

Nah sobat, demikianlah tips cerdas dalam menentukan dama domain web. Pastikan anda menerapkan semua tips di atas untuk memperoleh domain berkualitas untuk menunjang web anda. Selamat mencoba!