Ujian Tengah Semester

Posted: 22nd April 2010 by Muhammad Syaifudin Arasyid in Tugas UTS E-Commerce
Comments Off on Ujian Tengah Semester

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?

Hubungan E-Commerce terhadap Supply Chain Management. Di dalam konsep bisnis terpadu sebuah perusahaan berusaha melakukan integrasi ke arah dua sisi: supply dan demand. Integrasi ke arah hulu atau yang kerap dikenal dengan istilah upstream integration bertujuan untuk meningkatkan kinerja proses yang berhubungan dengan pasokan bahan-bahan mentah ataupun setengah jadi (atau sumber daya-sumber daya lain yang dibutuhkan dalam produksi), terutama di dalam hal efisiensi dan optimisasi. Sementara di sisi lain, perusahaan berusaha untuk menjalin hubungan langsung dengan konsumennya melalui pengintegrasian proses ke arah hilir atau yang biasa dikenal dengan downstream integration agar tercipta suatu relasi dengan target final kepuasan pada pihak konsumen. Kedua arah pengintegrasian inilah yang melahirkan dua konsep manajemen modern yang kerap dikenal dengan istilah Supply Chain Management dan Customer Relationship Management. Kerja sama yang dijalin antar perusahaan tersebut (dalam mekanisme transaksi jual beli) di dalam dunia maya sering digolongkan sebagai jenis perdagangan elektronik (e-commerce) bertipe Business-to-Business atau B2B.

Dengan adanya E-commerce ini perusahaan memperoleh manfaat salah satunya adalah peningkatan dalam rantai pasokan. Sebelum adanya E-commerce, supply chain dilakukan secara sederhana atau tradisional, dan terakhir Retailer , yaitu dari Supplier adalah Konsumen. Namun dengan adanya E-commerce rantai tersebut dapat dihilangkan oleh E-commerce, dengna begitu, penyampaian barang pada konsumen bisa lebih cepat. Manfaat dari e commerce bagi supply chain antara lain:

– Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,
– Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.
– Mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih cepat.
– Mengurangi biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.

Dalam e- supply-chain menegement ada 3 prinsip dasar yang harus diperhatikan yaitu:memperlakukan informasi sama persis dengan menejemen inventory, Perhatian terhadap aspek online dan real time, Menjaga kepercayaan dan sikap profesionalisme untuk tetap menjaga hubungan dengan para mitra bisnis.

2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan?

Mengurangi siklus waktu

Dari sisi pebisnis:

  • Electronic commerce mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa

Dari sisi konsumen :

  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  • Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.

Meningkatkan kinerja karyawan

  • Electronic commerce mendukung upaya-upaya business process reengineering. Dengan mengubah prosesnya, maka produktivitas sales-people, pegawai yang berpengetahuan, dan administrator bisa meningkat 100% atau lebih.

Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan

  • Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan. Mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  • Electronic commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan pembandingan dengan cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya produk-produk yang digitized , electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
  • Electronic commerce member tempat bagi para pelanggan untuk merinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman.
  • Konsumen dapat melakukan transaksi di dalam rumah saja tanpa harus pergi keluar dan mencari produk yang diinginkan.

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing?

Perbedaan antara marketplace dan marketspace adalah:

Marketplaces adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain secara nyata. Marketspace dalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Kelebihan marketplaces
-pembeli dan penjual bisa bertransaksi secara langsung, -transaksi lebih jelas dan kecurangan dalam bisnis kemungkinannya kecil

Kelemahan marketplaces
– tidak efisien waktu dan tempat, – pembeli dan penjual tidak bisa melakukannnya dalam jarak jauh, mereka harus bertemu langsung.

Kelebihan marketspaces
– penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja dan kapan saja, – efiseien biaya dan waktu, – barang yang dijual lebih variatif

Kelemahan marketspaces
– pembeli terkadang lama dalam menerima barang hasil transakasi, – seringnya terjadi kejahatan internet, – Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.

Marketplace Marketspace
Mass marketing and advertisement Target, one to one interactive marketing and advertisement
Mass production Mass customization
Monologue Dialogue
Paper catalog Electronic dialogue
One to many communication model Many to many communication model
Supply side thinking Demand side thinking
Customer as target Customer as partner
Segmentation Communities
Physical products and services Digital product and services
Branding megabrand Communication diversity
Intermediation Disintermediation reintermediation

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?


Perbandingan harga digital camera Sony Cyber-shot 10 MP :

Shopping.com $153 – $256
Mysimon.com $192,75
Bottomdollar.com $204,99
Bizrate.com $186
Pricecan.com $195,00

Informasi yang terbaik mengenai sony digital camera dapat didapatkan di shopping.com. tetapi saya lebih memilih bottomdollar.com, karena dalam situs ini, harga ditampilakan sangat jelas, jadi calon pembeli bisa mengetahui produk yang sesuai dengan kemampuan pembeliannya. Juga dalam bottomdollar.com, ada perbandingan antara harga produk yang sama daam bermcam situs yang berbeda, jelas ini sangat membantu konsumen dalam memilih barang.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce?

Loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen merupakan suatu keadaan dimana konsumen terus berada di suatu vendor atau merk dan melakukan pengulangan pembelian. Dalam electronic commerce biasanya disebut e-loyalty yaitu konsumen yang loyal terhadap suatu e-tailer.

Kepuasan konsumen

Kepuasan konsumen dalam electronic commerce merupakan reaksi yang paling penting dalam B2C di lingkungan online. Statistik menunjukkan bahwa 80% konsumen yang puas akan melakukan pembelian lagi di dalam 2 bulan mendatang, 90% akan merekomendasikan e-tailer tersebut ke orang lain, namun 87% konsumen jika tidak puas akan meninggalkan e-tailer tersebut tanpa memberikan komplain.

Kepercayaan konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan situasi psikologi dari pihak-pihak yang berkemampuan untuk membantu dalam meraih tujuan yang direncanakan. Dalam electronic commerce untuk cara-cara untuk meningkatkan trust adalah diperlukannya kepercayaan antara pembeli dan penjual, menggunakan brand yang sudah dikenal, adanya mekanisme keamanan yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce?

Untuk pemasaran produk melalui internet variabel segementasi utamanya adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku dan manfaat.

Segmentasi Geografi. Segmentasi geografi merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan. Contohnya Kraft Foods memasarkan permen karet di Perancis, memasarkan es krim di Brazil, dan memasarkan pasta di Italia. Coca-cola (www.cocacola.com) memasarkan produk minuman dengan merk tertentu yang hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha (non-karbonat, gingseng, dan teh), Lactia (milk fermentasi), Aquarius (minuman untuk para atlit9, Georgia (minuman kopi berkualitas), dan Qoo (minuman juice).

Segmentasi Demografi. Segmentasi demografi merupakan pembagian di mana pasar dikelompokkan berdasarkan variable-variable pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Contohnya Swatch (www.swatch.com) membidik segmen remaja global dengan usia 12 sampai 24 tahun yang berorientasi pada mode. Swatch menggunakan strategi kreatif dengan desain produk sesuai dengan selera remaja. Untuk jam tangan tersedia lebih dari 300 model.

Segmentasi Psikografis. Segmentasi psikografis mengkelompokkan pasar dalam variabel gaya hidup, nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang yang menonjol pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh sebab itu barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut adalah untuk menunjukkan gaya hidupnya. Contohnya Chevrolets (www.chevrolet.com) memiliki pembeli dengan ciri kepribadian yang konservatif, hemat, memperhatikan harga diri, kurang maskulin, dan berusaha untuk tidak menjadi ekstrim

Segmentasi Perilaku dan Manfaat. Segmentasi perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap. Pasar dapat dikelompokkan menjadi bukan pemakai, bekas pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali, dan pemakai tetap dari suatu produk. Contohnya Campbell Soup Company (www.campbellsoup.com) memilih target Cina karena Cina mempunyai konsumsi soup paling tinggi di dunia.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut ?

Amazon.com
Salah satu bentuk web e-commerce yang terkenal. Pada situs ini, barang-barang yang ditawarkan lebih bervariasi, tidak hanya produk yang mahal dan mewah saja tetapi juga produk yang relatif murah. Produk yang ditawarkan pada situs ini merupakan produk kebutuhan sehari-hari, produk perkantoran, dan produk olahraga dan produk-produk lain yang biasanya sering dicari oleh pihak konsumen.. Situs ini mempunyai fitur dan servis seperti Selling on Amazon, Amazon Exclusive, Partner Service, For Businesses, For Developers, For Advertiser.

Keuntungan
• Keuntungan yang utama ketika kita berbelanja di Amazon adalah dalam hal kenyamanan. Karena cukup browsing di komputer untuk mencari produk yang kita inginkan di Amazon.
• Amazon memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang-orang yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.
• Di Amazon tersedia berbagai macam barang dan produk, dari peralatan rumah tangga, barang electronik, buku, majalah, dvd, software, peralatan olah raga,

Kekurangan
• Ketika produk tersebut sampai ke tangan kita, bisa saja produk tersebut tidak sesuai dengan harapan kita, walaupun barang tersebut memang produk yang kita pesan, karena kita tidak bias melihat barangnya secara langsung.
• Adanay ongkos kirim yang cukup mahal.
• Kurang menyediakan informasi yang cukup detail dan akurat mengenai produk yang mereka jual.

Saran
• Memberikan lebih banyak lagi informasi mengenai produk yang di jual untuk menjelaskan pada calon pembeli.

Mizan. Com
Situs Mizan.com merupakan sebuah situs publishing yang menawarkan produk tentang buku-buku dan majalah yang penjualannya bestseller atau masih baru terbit. Situs ini memiliki tampilan yang menarik dan sederhana, sehingga sangat memudahkan bagi para penggunanya.

Keuntungan
• Memudahkan dalam pembelian buku secara on line.
• Barang-barang yang dijual selalu update

Kekurangan
• Kekurangan situs ini adalah kita tidak bisa melakukan transaksi langsung untuk membeli buku yang kita inginkan.

Saran
• agar situs ini menawarkan kemudahan juga dalam bertransaksi lewat internet.

Barnesandnoble.com
Yang membedakan pada situs ini yaitu cara transaksinya di mana dalam situs ini merupakan tempat lelang yang secara on-line. Produk yang ditawarkan pada situs ini juga bervariasi yang meliputi Gift Certificates, Music, Musical Instruments, Baby, DVDs & Movies, Sports, Cards, Video Games, Toys & Hobbies. Situs ini juga menawarkan berbagai produk mulai dari buku-buku yang terbaru serta bestseller, dan majalah. Situs ini memiliki tampilan yang menarik dengan menampilkan buku, dan majalah, yang baru saja dirilis.

Keuntungan
• Kemudahan transaksinya di mana dalam situs ini merupakan tempat lelang yang secara on-line.
• Memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga , sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.
• Situs ini memiliki tampilan yang menarik dengan menampilkan buku, dan majalah, yang baru saja dirilis

Kekurangan
• Tidak bisa secara langsung melihat produk yang akan kita beli.
• Ongkos kirim mahal.

Saran
• Lebih menvariasikan produk yang ditawarkan.
• Memudahkankan pelanggan dengna mengurangi ongkos kirim atau kalalu bisa ongkos kirim bisa ditanggungkan pada barnesandnoble.com