• Computer Programs

Program komputer adalah instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melakukan tugas tertentu. Beberapa bahasa yang dikenal untuk menuliskan program ke dalam komputer yaitu bahasa C/C++ ataupun Fortran 90.

Program komputer ini sangat diperlukan untuk membantu para engineering menentukan model yang tepat untuk peristiwa matematis dari bentuk fisik yang ada. Keluaran yang dapat diberikan oleh program komputer ini dapat berupa angka, persamaan, ataupun grafik.

 

  • Structured Programming

Struktur program adalah aturan-aturan yang disusun secara berurutan untuk programer. Struktur program ini bertujuan untuk mengatur alur pikir sehingga didapatkan keluaran yang diinginkan. Alur pikir (algoritma) ini harus dilakukan secara berurutan. Algoritma yang sering dijumpai dalam dunia teknik elektro biasanya direpresentasikan dalam bentuk flow chart.

1

2

 

  • Program Examples
    • C/C++

Program di bawah ini merupakan program password:

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

char nama[255];

int password;

int main ()

{

    printf(“Masukkan Nama Anda\t\t:”);

    scanf (“%s”,& nama);

    printf(“Masukkan Password Anda\t\t:”);

    scanf (“%d”,& password);

    if (password==30071992)

    {

    printf(“Password Anda BENAR!!!\n”);

    }

    else

    {

    printf(“Password Anda SALAH!!!\n”);

    }

getch ();

return 0;

}

Hasil keluaran dari program di atas ada 2 yaitu: Password Anda BENAR!!! Atau Password Anda SALAH!!!. Komputer dapat mengenali password benar atau salah melalui fungsi if else. Jika Password yang dimasukan adalah 30071992, maka password adalah benar selain itu password adalah salah.

3

Saat Password salah

4

Saat Password benar

    • Assembly

Program dibawah ini adalah program perkalian menggunkan simulator mikroposesor 8085

start: MVI B, 0FH

MVI C, 0FH

MOV A,B

loop: DCR C

JNZ tambah

JZ isi

tambah: ADD B

JMP loop

isi: MOV B,A

Penjelasan dari program di atas adalah

Masukkan nilai 0F heksa ke dalam register B, masukkan nilai 0F heksa ke dalam register C. Copy nilai yang ada di register B ke Accumulator. Kurangi nilai yang ada di register C dengan 1. Jika nilai register C tidak 0, maka loncat ke subfungsi tambah, tetapi jika 0, maka loncat ke subfungsi isi.

Pada subfungsi tambah terdapat ADD B yang artinya tambah nilai Accumulator dengan nilai yang ada di register B, kemudian loncat ke subfungsi loop.

Pada subfungsi isi terdapat MOV B,A yang artinya copy nilai yang ada di Accumulator ke register B dan hasilnya akan ditampilkan di Accumulator.

5

Secara sederhana, program tersebut adalah program perkalian dengan cara pertambahan berulang kali. Pada contoh di atas 0F x 0F = E1, yang prosesnya adalah 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F + 0F = E1.

    • MATLAB

Contoh untuk mengambarkan bentuk grafik pada MATLAB:

6

Penjelasan:

t = (0:0.0001:20)

artinya waktu atau time yang digunakan adalah dari 0 sampai 20. Sedangkan 0.0001 adalah resolusi dari waktu yang sehingga grafik dapat lebih halus. Semakin kecil resolusi maka semakin halus grafik yang dibentuk.

I menunjukkan fungsi yang akan diplot grafiknya.

Plot artinya program tersebut digunakan untuk memplot fungsi I

grid on untuk menampilkan grid saat memplot grafik

xlabel dan ylabel untuk memberikan label pada sumbu x dan y dan juga dapat mengatur besar kecilnya tulisan yang akan digunakan.

Dan grafiknya adalah:

7