3976842_orig

 

Variable Power Supply ini merupakan tugas besar mata kuliah Teknologi Transduser yang dibimbing oleh Bapak M. Julius St, Ir., MS.

Prinsip Kerja:

Tegangan sumber PLN adalah 220 volt yang kemudian akan diturunkan tegangannya menjadi 12 volt menggunakan transformator. Sesuai dengan persamaan:

Picture

Vp adalah tegangan primer (V)

Vs adalah tegangan sekunder (V)

Np adalah jumlah lilitan primer

Ns adalah jumlah lilitan sekunder

Transformator dihubungkan pada JP5. Tegangan keluaran transformator yang telah diturunkan tetap merupakan tegangan AC sehingga perlu disearahkan menggunakan penyearah gelombang penuh dengan empat buah dioda. Tegangan keluaran penyearah gelombang penuh masih mengandung ripple yang besar sehingga ditambahkan capasitor sebagai filter untuk mengurangi ripple yang terjadi.

Setelah disearahkan dan difilter, maka tegangan akan masuk ke masing-masing regulator (7809, 7806, 7805) dan keluaran masing-masing regulator adalah 9 volt, 6 volt, dan 5 volt. Pada masukan dan keluaran masing-masing regulator dipasang capasitor yang berguna agar jika terjadi drop tegangan maka capasitor dapat menyalurkan energi yang sebelumnya disimpan agar alat yang dirancang tidak kehilangan daya walaupun hanya sebentar.
Kemudian keluaran masing-masing regulator akan masuk ke deep switch yang nantinya deep switch ini yang akan memilih tegangan keluaran untuk dicatu pada beban. Tegangan keluaran besarnya 9 volt, 6 volt, dan 3 volt. Tegangan 3 volt didapat dari pembagi tegangan dengan sumber yang diperoleh dari keluaran tegangan regulator 7805. JP1, JP2, JP3 adalah adalah tempat beban akan dipasang.
Hasil keluaran tegangan perancangan adalah 12 volt (JP2), 9 volt (JP1), 6 volt (JP1), 5volt (JP3), dan 3 volt (JP1).
1020363_orig